Yuk Kita Sukseskan 5 Sukses Di Bulan Ramadhan

0
181
Spread the love

Oleh Dian Ika Susanti, SP., M.MPd
( Guru Produktif ATPH SMKN 1 Cikalongkulon )

Marhaban ya Ramadhan… Marhaban ya Ramadhan. Bulan suci Ramadhan telah tiba selamat datang bulan yang penuh Rahmat berkah dan pengampunan. Puasa didalam bulan Ramadhan adalah suatu kewajiban bagi seorang muslim, perintah melaksanakan kewajiban Puasa bagi seorang muslim sudah tersurat dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya adalah “wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.  Kita bersyukur masih diberi umur panjang barokah sehingga dapat kembali bertemu dengan bulan yang penuh dengan Rahmat serta penuh dengan pengampunan. Banyak saudara-saudara kita yang tidak bisa bertemu dengan bulan suci Ramadhan, yang sudah mendahului kita atau karena suatu cobaan sehingga tidak bisa melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Dalam kehidupan dunia kita ingin pastinya sukses, entah itu sukses dalam bisnis, sukses sekolahnya, sukses dalam berinvestasi dan lain sebaginya. Setiap kita berdoa pasti tersisipkan doa ingin sukses dunia akhirat, itu sudah pasti. Bukan hanya dunia saja kita sukses namun akhirat pun harus lebih sukses, karena itu adalah rumah abadi kita. Mumpung masih di bulan suci Ramadhan yuk kita sukseskan lima sukses Ramadhan untuk bekal kita kembali ke rumah abadi. Adapun 5 sukses Ramadhan adalah 1. Sukses puasanya, yaitu menjalankan puasa dengan niat karena Allah ingin mendapatkan Rahmat dan pengampunan dengan menghindari kegiatan-kegiatan atau pekerjaan yang bisa menyebabkan hilangnya pahala puasa kita. Seperti berbohong, ghibah, marah-marah, atau makan, minum disiang hari tanpa ada udzur atau sakit sehingga membatalkan puasa kita. Anggap saja bahwa puasa kita ini adalah puasa terakhir kita. Kita tidak tahu bahwa tahun depan kita bertemu kembali atau tidak dengan Ramadhan. 2. Sukses sholat tarawih. Kenapa harus sukses sholat tarawih? Karena sholat tarawih adalah pengganti sholat malam atau tahajud yang mungkin tidak kita kerjakan setiap malam di luar bulan Ramadhan. Dimana didalamnya penuh dengan pahala yang dilipat gandakan.  Karena gandengannya puasa adalah sholat tarawih. 3. Sukses membaca Alquran, yaitu memanfaatkan waktu luang kita sambil menunggu berbuka puasa sore hari kita manfaatkan untuk banyak membaca Alquran. Yang sudah lancar diusahan khatam selama bulan Ramadhan. Yang belum lancar diusahakan juga dengan terus belajar. Pahalanya adalah dilipat gandakan juga. Setiap kebaikan yang kita kerjakan akan mendapatkan pahala berlipat lipat. 4. Sukses mendapatkan malam Qodar. Kapan malam Qodar itu? Yaitu sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan tepatnya mulai malam dua puluh satu sampai malam ke tiga puluh. Dimana malam Qodar tersebut itu lebih baik daripada seribu bulan. Malam Qodar adalah malam diturunkannya Al-Qur’an, malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan. Malam Qodar ini ada dalam Al-Qur’an surat AlQodr. 5. Sukses zakat fitrah. Kenapa juga harus sukses zakat fitrah?. Zakat fitrah adalah penyempurnaan dari puasa yang sudah kita laksanakan selama bulan Ramadhan. Bekal kita menuju rumah akhirat.

Semoga kita semua dalam melaksanakan puasa Ramadhan ini mendapatkan Rahmat serta ampunan dari dosa-dosa yang telah kita perbuat baik disengaja maupun tidak disengaja. Dan semoga kita semua diberi umur panjang barokah sehingga dapat kembali bertemu dengan bulan suci Ramadhan dan bisa melaksanakannya sehingg kita dapat sukses di bulan suci Ramadhan di tahun-tahun berikutnya. Aamiin

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1443 H


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here