Ujung Pena

0
177
Spread the love

Oleh Tia Nurhalisa
(Siswi SMKN 1 Cikalongkulon)

Sebenarnya ingin aku tulis dengan pena. Kalian semua tahu bahwa ujung pena adalah tinta. Benar kata penyair, dengan menulis kita dapat mengungkapkan segalanya. Dari banyaknya kisah hidup masa smk adalah salah satu bagian yang terindah dan seru. Banyak hal yang kulalui. Terpampang jelas Dalam ingatan remaja seusiaku ini. Kalian tahu apa yang paling unik dalam masa smk, yaitu cinta, patah hati,bahagia dan lika liku pertemanan remaja salah satu kisahnya.  Aku, tia nurhalisa. Usiaku 17  tahun. Rasanya begitu singkat 3tahun berlalu Seperti baru kemarin aku merasakan keseruan masa masa smk bersama teman temanku. Tinggal menghitung bulan/hari, yahh walau bisa dibilang kisah sekolah ku tak seindah kakak kakak kelas ku yang sekolah pada waktu indonesia belum ada corona. Kalian tau lah gimana sistem pendidikan semenjak virus mengerikan  itu melanda, bisa dibilang 1 semester saja aku merasakan sekolah tatap muka dan canda tawa kumpul bersama teman baru. Selebihnya online, hanya terkadang saja sekolah mengadakan belajar tatap muka.

Tapi terlepas dari itu, tetap saja masa smk adalah masa dimana remaja baru mengenal hal hal yang mendekati dewasa. Tetap seru bagiku, aku juga mendapatkan teman yang seru, konyol lucu dan baik baik. Yahh walau ada beberapa yang tidak aku suka. Kalau dilihat dari angkatan angkatan yang jauh sebelum aku, mungkin angkatan dan jamanku sedikit lebih canggih, karena kami dituntut  mengerti teknology untuk membantu proses pembelajaran, seperti kuliah rasanya hehe.  Pada masa smk pula aku mengerti arti persahabatan yang tak pandang bulu, hitam, putih, kaya dan miskin kami berteman, tulus dan tidak munafik. Aku belajar sedikit kenakalan remaja pun dari masa smk, tapi alhamdulillah lebih banyak positifnya. Tinggal bagaimana kita membawa diri karena masa smk dan masa remaja adalah masa masa yang sangat rawan. Bertindak tanpa berfikir panjang kedepan, ego yang sangat tinggi, rasa penasaran yang berlebih salah satu contoh nya.

Oh iyaa, hampir saja lupa. Aku mengambil jurusan OTKP (OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN). Salah satu kesan lebih bersekolah di smk adalah sewaktu aku pkl, kebetulan aku pkl dipusat kota tempat tinggal ku dan lumayan jauh dari rumah, akupun harus ngekost demi kelancaran proses pkl ku. Sewaktu pkl banyak sekali pembelajaran dan seru seruan lain yang aku rasakan. Teman baru, berasa sudah bekerja dan punya atasan, disiplin waktu  melatih diri untuk persiapan kelak kalau lulus sekolah langsung bekerja. Seperti merantau rasanya, masak sendiri, jauh dari orang tua, yang paling pasti, kangen masakan mama:). Karena sewaktu dirumah aku sering merasa, “ah mama terlalu mengekangku” ternyata aku sadar hal itu demi kebaikan diriku sendiri. Untung saja aku bisa membawa diri. Karena kalau tidak, dari pandanganku tentang dunia luar dan jauh dari pengawasan orang tua itu cukup bahaya untuk remaja seusiaku ini, bisa bisa aku terjerumus ke hal yang tidak tidak. Alhamdulillah  berkat wejangan dan doa mama yang selalu menyertaiku, aku baik baik saja dan pandai menjaga diri sampai aku selesai menjalankan masa pkl ku. Disipilin waktu, latihan kerja dan merasakan seperti apa dunia kerja, itu point utama nya. Dalam hati kecilku berbisik,”aku masih ingin masa ini” Aku masih ingin seru seruan bersama teman temanku, bersama guru guruku yang sangat baik dan juga beberapa yang cukup galak pastinya. Tapi aku harus melalui ini, karena bagaimana pun juga ini proses pendidikan dan proses hidupku untuk lebih jauh dan maju kedepan. banyak pembelajaran yang aku dapat terutama dari bapak dan ibu guru. Pesan dan kesan singkat dariku yang tak pandai merangkai kata ini : teman teman, bapak ibu guru dan kalian semua yang mengisi masa smk dan masa remajaku, terimakasih, kisah ini indah sekali.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here