TIPS PRODUKTIF MENULIS WALAU DI TENGAH PANDEMI

0
36
Spread the love

Oleh Lisa Marshella Adriani
Siswi XI OTKP 1 SMKN 1 CIKALONGKULON

Mengutip dari kompas.com, virus covid-19 mulai melanda China pada bulan Agustus 2019. Pada awal bulan Maret 2020 mulai masuk dan menyebar di Indonesia. Hingga tak terasa, sudah hampir satu tahun lebih pandemi ini melanda di bumi Nusantara.

Adanya pandemi ini turut merubah kebiasaan sehari-hari kita. Seperti berbagai aktivitas yang dibatasi, menjaga jarak satu sama lain, mengenakan masker, dan lain sebagainya. Mengenai berbagai aktivitas yang dibatasi, tentunya kita kini lebih sering melakukan aktivitas di dalam rumah.

Adanya pandemi ini tidak boleh menyurutkan semangat kita dalam menulis. Tetap produktif dan tentunya stay safe and healthy selalu teman-teman. Jujur, aku sendiri masih agak kesulitan untuk menjaga komitmen dalam menulis, tapi yuk sama-sama belajar dan menerapkan beberapa tipsnya. Nah, di bawah ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk tetap menjaga keproduktifan menulis kita dalam menulis. Yuk check it.

  1. Jangan Malas

Ini nih, masalah utama yang suka bikin semuanya berantakan. Rasa malas itu adalah hal yang lumrah, tapi kita harus bisa mengontrolnya. Ketika merasa malas buat nulis, kalian harus ingat-ingat lagi strong why kalian buat nulis itu apa. Untuk pengertian strong why sudah dibahas ditulisan sebelumnya ya friend!

Kalau merasa lagi gak mood alias writer block, mungkin kalian perlu berehat sejenak. Ya … Sekadar menghabiskan waktu santai dengan minum teh di halaman rumah, menghabiskan me time, siramin tanaman dan bunga-bunga, sekalian cari inspirasi juga ide-ide yang fresh. Atau bisa juga nih, nulis sambil dengerin lagu favorit kamu biar enggak jenuh. Atau bisa juga baca-baca kalimat motivasi yang bisa bangkitin semangat menulis kamu.

2. Menulis setiap hari

Agar bisa produktif, alangkah baiknya kita selalu menulis setiap hari. Karena seperti yang sering kita dengar kalimat “bisa karena biasa”. Minimalnya sehari nulis 100 kata deh, apapun itu, mau puisi, pantun, ataupun cerita-cerita kegiatan kamu dihari itu. Yang penting, menulis.

3. Membuat planning

Buat rencana atau jadwal, misalnya setiap hari harus bisa menghasilkan satu karya, atau kalau untuk novel, satu hari bisa menulis satu part atau chapter. Nah, kalau dicicil sedikit demi sedikit suka gak kerasa, tau-tau kita udah menghasilkan banyak tulisan aja. Yuk dicoba friend.

4. Membuat Target

Misal ketika kita menulis sebuah novel, kita memulainya dari hari ini, dan harus selesai pada tanggal 11 Juli 2021. Usahakan untuk menulis dan menyelesaikannya tepat waktu. Tim yang suka mepet deadline, mana suaranya? Hihi. Saran aku, jangan terlalu sering menyelesaikan sesuatu yang mepet banget sama deadline,  dear. Walaupun itu menguji adrenalin dan challenging banget, tapi aku pribadi suka gak ke kejar. Udah tau kalau ngerjain mepet deadline itu bakalan kacau, tapi masih aja dilakuin. Dasar, aku.

Tanamkan pada diri kamu sendiri, seperti “aku harus nulis cerpen setiap hari selama satu bulan, supaya bisa buat buku kumpulan cerpen sendiri.”

Atau bisa juga “Dari hari ini aku harus bisa nulis puisi tiap harinya, biar bisa punya buku kumpulan puisi karya sendiri.” Siapa tau dengan berkomitmen pada diri kamu sendiri, itu bisa membuat aku on target.

5. Perbanyak membaca karya orang lain

Banyak-banyak membaca karya atau tulisan orang lain. Selain untuk bisa menambah pengetahuan hal itu juga bisa untuk menambah jaringan koneksi kamu. Semakin banyak teman semakin baik bukan? Jadi jalinlah komunikasi yang baik dengan penulis yang lain.

6. Bergabung di komunitas kepenulisan

Ini juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang menambah keproduktifan kamu loh. Banyak teman yang memiliki hobi sama juga bisa membuat semangat menulis kamu semakin meningkat. Akhir-akhir ini banyak banget komunitas kepenulisan secara online, contohnya seperti Star Writers Academy, Literacy Antariksa Community, Komunitas Bisa Nulis Indonesia, dan masih banyak lagi.

7. Mengikuti seminar, event atau lomba menulis

Sering mengikuti kegiatan kepenulisan seperti seminar, event ataupun lomba kepenulisan bisa menambah keproduktifan kamu juga lho. Selain itu banyak juga benefit yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti seminar atau lomba menulis. Seperti pengetahuan dan ilmu baru, e-sertifikat, notulensi, tentunya juga relasi. Nah, dengan mengikuti event atau lomba juga bisa menjadi ajang pembuktian diri, dan menguji kemampuan kita dalam bersaing.

Nah itu dia friend, tips yang bisa diterapkan agar bisa terus produktif meulis walau di tengah pendemi yang melanda, semoga bermanfaat dan semoga aku, kamu dan kita semua bisa terus menulis, menghasilkan karya-karya yang keren-keren. Sampai bertemu di lain kesempatan, see you.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here