Spread the love

Oleh Away Irfansyah
Siswa SMKN 1 Cikalongkulon Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Dan hortikultura.

Green House/Rumah Kaca (disebut juga rumah hijau dan rumah tanaman) adalah sebuah bangunan di mana tanaman dibudidayakan. Sebuah rumah kaca terbuat dari gelas atau plastik; Dia menjadi panas karena radiasi elektromagnetik yang datang dari matahari memanaskan tumbuhan, tanah, dan barang lainnya di dalam bangunan ini.

Keuntungan yang didapatkan dari Green House:

  1. Tanaman dapat tumbuh dan produksi sepanjang tahun secara kesinambungan tanpa banyak dipengaruhi oleh musim
  2. Kualitas hasil tanam yang lebih terjamin
  3. Penggunaan pupuk dan pengairan yang lebih efisien
  4. Resiko serangan hama dan ancaman penyakit tanaman yang lebih rendah.

Istilah Green House menurut Widyastuti (1993) berasal dari kata “green” yang berarti hijau dan “house” yang berarti rumah. Green House didefinisikan sebagai suatu bangunan yang memiliki struktur atap atau dinding yang bersifat tembus cahaya, memungkinkan cahaya yang dibutuhkan tanaman bisa masuk ke dalam bangunan akan tetapi tanaman tetap dapat terhindar dari kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan seperti curah hujan yang deras, tiupan angin yang kencang atau keadaan suhu yang terlalu tinggi yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman (Nelson, 1981).

Menurut Slamet Soeseno (1985), istilah Green House digunakan untuk menyatakan bangunan tempat menumbuhkan tanaman yang akan hijau terus, dan tidak tergantung keadaan lingkungan di luar bangunan. Fungsi Green House di daerah tropis seperti Indonesia lebih ditekankan sebagai sarana pelindung tanaman terhadap iklim ekstrim, terutama mengurangi intensitas cahaya matahari, terpaan curah hujan, dan mengurangi intensitas serangga hama penyakit (Widyastuti, 1993).

Sebagai SMK pusat keunggulan atau SMK PK SMKN Cikalongkulon tentunya memiliki Green House atau (GH). Selain lahan yang luas untuk produksi jurusan pertanian terutama jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura. Pastinya SMK PK SMKN 1 Cikalongkulon juga membutuhkan adanya Green House untuk keperluan produksi lainnya.

Menindaklanjuti hal tersebut pastinya SMK PK SMKN 1 Cikalongkulon membutuhkan para pekerja atau seseorang yang ahli dan pandai dalam mengurus Green House. Namun hal tersebut cukup tidak memastikan untuk diadakan melihat dari beberapa aspek keadaan sekokah saat itu.

Maka pada saat itu ketua kompetensi keahlian agribisnis tanaman pangan dan hortikultura ibu Lia Gemiliani SP. Memberikan solusi kepada guru guru produktif ATPH untuk mencari dan merekrut tim pengurus Green House generasi pertama yang mana tim tersebut diisi oleh siswa siswi SMK PK SMKN 1 Cikalongkulon kelas 12 jurusan ATPH dan tim pengurus Green House generasi pertama adalah:

  1. Away Irfansyah
  2. Muhammad Ridwan
  3. Buldan Maulana Fikri
  4. Siti Ai Rohmah
  5. Desi Sri Rahayu
  6. Lutfiah Nabila

Yani Pebrianti

Adapun tugas dari tim Green House tersebut adalah menjaga merawat serta melakukan produksi di Green House tersebut. Masa jabatan mereka hanya bertahan kurang dari 1 tahun melihat keadaan mereka sebagai kelas 12 yang sebentar lagi akan menjalani kegiatan uji kompetensi dan ujian ujian lainnya. Dan tim pengurus Green House ini akan berlanjut dan bertahap hingga generasi generasi selanjutnya.

Sumber:

  1. (Sumber id.m.wikipedia.org)
  2. (Sumber asabi.co.id)
  3. Sumber www.dictio.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here