Spread the love

Oleh Indrarti Purbawiyatni, S.Pd
(Staf Pengajar SMKN 1 Cikalongkulon)

Market Day atau bisa kita artikan sebagai Hari Pasar, adalah suatu istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kegiatan berkumpulnya para pedagang yang menjajakan dagangannya dalam satu lokasi, tetapi bukan pasar. Kegiatan Market Day ini bila dilaksanakan di berbagai tempat, tergantung siapa atau instansi apa yang menyelenggarakannya.

Pada tanggal 25 Januari 2022, tim SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha) SMKN 1 Cikalongkulon menggelar Market Day yang dilaksanakan oleh tim SPW SMKN 1 Cikalongkulon dibantu  oleh guru-guru PKK / KWU dan melibatkan siswa siswi. Kegiatan ini didukung oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Cikalongkulon Bapak Drs. Jajat Sudrajat, beliau dengan antusias ikut memantau kegiatan ini secara langsung.

Sebelum Pandemi  kegiatan serupa sering dilaksanakan di SMKN 1 Cikalongkulon, dimana setiap kelas mendapatkan giliran untuk berdagang dan menjualnya di lokasi sekolah, dan pembelinya adalah siswa yang lainnya serta guru-guru yang hadir pada saat itu. Dulu kegiatan ini disebut dengan Entrepreneur Day, beda nama tapi pengertiannya tetap sama, dimana setiap siswa diberikan kesempatan untuk berusaha menjual produk yang mereka miliki.

Perubahan nama dari Entrepreneur Day menjadi Market Day oleh tim SPW SMKN 1 Cikalongkulon bukan hal yang terlalu penting, karena pengertiannya hampir sama yaitu adanya kegiatan jual beli antara pedagang dan pembeli di lokasi sekolah, hanya penggunaan Market Day lebih mudah untuk diucapkan dan diingat.

Market Day pertama setelah adanya Pandemi ini dicetuskan oleh Bapak Drs. Jajat Sudrajat selaku Kepala Sekolah di SMKN 1 Cikalongkulon, hal ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali gairah berwirausaha siswa yang sempat tenggelam oleh adanya Pandemi selama 2 tahun terakhir. Kegiatan ini dilaksanakan selama jam pelajaran siswa di sekolah kurang lebih sekitar 6 jam, dan tiap kelas yang mendapat bagian untuk mengisi stand dibimbing oleh masing-masing guru PKK dan KWU. Pada Market Day pertama ini diikuti oleh 3 stand dari kelas XII, stand TEFA, stand SPW, dan stand OSIS SMKN 1 Cikalongkulon. Sebelum hari H pelaksanaan kegiatan, tiap stand yang diwakili oleh siswa melakukan persiapan dengan membuat flyer yang menarik, dimana bermacam menu makanan yang akan dijual dipromosikan melalui flyer tersebut.

Pada hari H kegiatan Market Day ini seluruh siswa dipersilahkan untuk membeli produk yang dijual teman-teman mereka selama jam istirahat, dan setelah pulang sekolah. Pada hari ini pedagang yang biasanya berdagang di kantin tidak diperbolehkan menjual dagangan mereka, tapi mereka bisa menitipkan dagangannya di stand SPW.

Interaksi antara siswa dalam melakukan transaksi jual beli di Market Day ini bisa meningkatkan gairah siswa dalam berwirausaha, karena mereka diberikan kebebasan dalam mengelola keuangan, produk yang dijual dan keuntungan yang bisa mereka peroleh., dan mereka melakukan semua aktivitas itu dengan gembira. Banyak hal positif dengan terselenggaranya kegiatan ini, diantaranya mereka diajarkan bagaimana bertanggung jawab, mandiri, dan bekerjasama bersama tim mereka. Diharapkan kegiatan ini terus bisa dilaksanakan secara rutin untuk pembelajaran siswa dalam berbagai hal positif yang ditimbulkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here