SMKN 1 CIKALONGKULON MEMBERIKAN PENGHARGAAN KEPADA
DELAPAN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERPRESTASI DI HARI GURU
NASIONAL (HGN) DAN HUT KE-76 PGRI

0
178
Spread the love

Oleh Ai Ratnasari, M.Pd.
Guru SMKN 1 Cikalongkulon

Bulan November merupakan bulan yang special di sana terdapat beberapa hari bersejarah sebagai warga Negara yang menghargai bangsanya tentunya peringatan-peringatan besar/momentum bersejarah itu akan menjadi tolok ukur bagi kelangsungan suatu bangsa untuk mengenang sejarah itu sendiri dan memupuk rasa nasionalisme serta menjadikan sejarah itu sebagai sebuah ciri suatu bangsa yang besar dan kaya akan falsafah hidup bangsa Indonesia.peringatan-peringatn besar itu di antaranya hari Pahlawan diperingati tanggal 10 November, Hari Guru diperingati tanggal 25 November 2021 bertepatan deng HUT ke 76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Semarak memperingati hari guru nasional (HGN) dan HUT ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada hari Senin tanggal 29 November 2021 SMKN 1 Cikalongkulon melaksanakan upacara yang berbeda yaitu yang menjadi petugas upacara adalah guru-guru SMKN 1 Cikalongkulon. Pagi itu upacara dimulai pukul 07.00 WIB yang dipimpin langsung oleh kepala sekolah Bapak Undang Iman Santosa, STP., M. M.Pd. sebagai Pembina upacara. Rasa semangat, persatuan dan haru pun berbaur tatkala disela-sela upacara pengatur upacara/MC memberikan pengunguman kepada peserta upacara sebagai pengghargaan satya lencana kepada guru-guru dan tenaga pendidikan (tendik) yang berprestasi. Sesuai tema yang diusung tahun ini yaitu Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.

Penghargaan itu diberikan sekolah kepada beberapa guru dan tenaga kependidikan sebagai bentuk apresiasi atas loyalitas dan pengabdiannya selama ini menjadi guru dan tenaga kependidikan yang bekerja dengan sepenuh hati. Tanpa mempersamakan tema yang diusung tahun ini ke delapan guru dan tenaga kependidikan yang terpilih adalah mereka yang memiliki kinerja yang unggul dibidangnya bekerja tanpa mengharap sebuah penghargaan apapun karena sebuah dedikasi kerja mengalir tanpa disetir tanpa mengharap bentuk penghargaan apapun. Sekalipun pujian dari siapa pun karena bekerja dengan hati dan berdedikasi tinggi adalah sebuah kemestian dimiliki oleh seorang pekerja sebagai bentuk loyalitas kerja atas kewajiban dan tanggung jawabnya terhadap pekerjaan.

Berikut guru-guru dan tenaga kependidikan (Tendik) yang mendapat penghargaan sebagai guru berprestasi di SMKN 1 Cikalongkulon tahun 2021.

  1. E. Rian Martia, S. Pd. Sebagai Tendik Berprestasi
  2. Yani Irawati, S. PdI. Sebagai Tendik Berprestasi
  3. Yati Nurhayati, sebagai Tendik Berprestasi
  4. Etik Sukmawati, S. Pd., M.M. sebagai Guru Inspiratif
  5. Lani Ardiani, S. Tp., Gr. sebagai Guru Inovatif/Digital
  6. Ai Ratnasari, M. Pd. Sebagai,Guru Aktif Menulis
  7. Parida, S.P. sebagai Guru beprestasi dalam Pendidikan
  8. H. Dadang, S.Pd. sebagai Guru Berdedikasi

Nama-nama di atas terpilih oleh sekolah bukan tanpa alasan, kinerja yang mereka torehkan adalah bentuk pengabdian yang sebenarnya meskipun guru-guru dan tenaga kependidikan yang lain banyak yang memiliki dedikasi yang tinggi dalam mencurahkan kinerjanya dalam bekerja hanya saja ke delapan guru tersebut memiliki kesempatan tahun ini dalam mempersembahkan kinerjanya dengan sebaik-baiknya. Semoga lebih memacu semangat guru-guru dan tenaga kependidikan (tendik) yang tahun ini dinobatkan sebagai guru-guru dan Tendik berprestasi agar ke depan kinerjanya lebih tinggi lagi dan memotivasi serta menginspirasi guru-guru dan tenaga kependidikan yang lainnya untuk senantiasa terpacu untuk mencurahkan kinerja terbaiknya agar membaktikan segala darmabaktinya dengan amanah dan ketulusan hati dan mengharap keridaan dari yang Maha Kuasa. Aamiin.

Suatu kehormatan, kebahagiaan, dan kebanggaan tatkala kami di hari guru mendapatkan surprise dari siswa-siswi SMKN 1 Cikalongkulon yang dipelopori OSIS SMKN 1 Cikalongkulon dengan memberikan kami guru-guru sebuah pembacaan puisi, kue-kue bertuliskan Happy Teacher Day, dan balon-balon udara yang diterbangkan bersama foto-foto guru-guru dan tendik SMKN 1 Cikalongkulon. Diakhir seluruh siswa dan guru saling bersalaman tentunya dengan prokes yang diberlakukan untuk menghindari pandemic yang masih menyisakan rasa was-was yang harus diwaspadai.

Momentum hari guru semoga menjadi ajang perbaikan terutama pendidikan saat ini yang sempat tertidur dininabobokan pandemi. Saatnya di hari guru nasional (HGN) para guru mulai menata diri dalam mengelola pembelajaran agar pembelajaran yang kita berikan bisa sampai ke hati anak didik kita sehingga dapat mengantarkan mereka menjadi generasi yang memiliki akhlak yang baik berperilaku sesuai tuntunan dan berakhlakul karimah.

Apapun filosofi sebuah penganugerahan sejatinya adalah sebuah ganjaran atas nama kerja keras, kerja ikhlas dan segenap pengabdian. Semoga kami yang terpilih menjadi guru berprestasi oleh sekolah bukanlah karena kami lebih baik dari yang lainnya namun, kami hanya mencoba apa yang kami bisa dan apa yang kami rasa benar. Semua elemen sekolah tentunya sudah bekerja dan memberikan dedikasinya untuk sebaik-baiknya hanya saja kesempatan diberikan kepada kami dan bukan hal yang mustahil tahun depan akan menjadi milik mereka yang memiliki kinerja yang lebih baik lagi. SMKN 1 Cikalongkulon adalah sekolah pusat keunggulan semoga dapat menjadi roll model bagi sekolah-sekolah yang lain yang segala aktivitasnya menjadi rujukan senantiasa menebar hal-hal positif dan menginspiratif. Terimakasih sekolahku tercinta. Semoga kemajuan dan kesuksesan bersama kita semua Selamat Hari Guru (HGN) dan selamat HUT ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Barakallah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here