SMKN 1 CIKALONGKULON (CHICALO) MELAKSANAKAN PTS GANJIL SECARA LURING TERBATAS

0
67
Spread the love

OLEH SISKA NENGLIS FATMAWATI, SP
GURU SMKN 1 CIKALONGKULON

SMKN 1 Cikalongkulon atau biasa disebut dengan Brand Chicalo telah melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) yang dilakukan secara luring terbatas. PTS tersebut  merupakan suatu kegiatan rutin yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi Siswa setelah melaksanakan pertengahan semester kegiatan pembelajaran. Cakupan PTS meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.

Dalam masa Pandemi Covid-19 pelaksanaan PTS di  Chicalo dilaksanakan dari mulai tanggal 04 Oktober 2021 – 08 Oktober 2021 dengan Sistem Pertemuan Tatap Muka Terbatas. Untuk teknis pelaksanaannya, kelas XI masuk pada pagi hari dari pukul 07.30 – 10.00 wib dan kelas XII masuk pada siang hari pukul 11.00 – 14.00 wib. Sistem Pertemuan Tatap Muka Terbatas ini dilaksanakan di mana dalam 1 kelas hanya berisi 50% nya saja dari jumlah seluruh siswa dalam kelas tersebut. Artinya dari 1 kelas tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. Misalnya dalam kelas tersebut terdapat 30 orang jumlah siswa jadi dibagi menjadi 2 kelompok sehingga jumlahnya menjadi 15orang per 1 kelompok, kelompok 1 diawasi oleh 1 pengawas ruangan, kelompok 2 diawasi oleh 1 pengawas ruangan juga.

Pelaksanaan PTS ini dilakukan pertama kali, di masa pandemic sebelumnya siswa Chicalo melakukan PTS secara daring dengan menggunakan aplikasi Google Form tetapi dikerjakannya di rumah masing-masing. Untuk semester ini setelah ada instruksi dari pemerintah setempat sekolah-sekolah yang diperbolehkan untuk melakukan PTM dengan beberapa ketentuan yang telah ditetapkan. Di antaranya untuk daerah Cianjur telah ditetapkannya peningkatan covid-19 berada pada zona hijau atau zona aman penyebaran covid-19. Seperti dilansir m.mediaindonesia.com Bupati Cianjur Herman menuturkan bahwa pemetaan zonasi penyebaran covid-19 berada pada zoana hijau atau kuning menjadi kata kunci dapat dilaksanakannya kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas. Selain itu, saat ini SMKN 1 Cikalongkulon baik pendidik maupun siswa siswinya telah melakukan vaksinasi sehingga untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dapat segera dilakukan tentunya dengan memerhatikan prokes yang diberlakukan.

Penilaian Tengah Semester (PTS) yang saat ini diuji cobakan dilakukan secara luring tetapi sistemnya tetap menggunakan aplikasi Google Form hanya saja proses pengerjaan soalnya dikerjakan dengan diawasi oleh pengawas ruangan. Pada saat di dalam kelas seperti biasa dilakukan doa terlebih dahulu yang dipimpin oleh 1 orang siswa dalam ruangan tersebut, selanjutnya pengawas menyebarkan link soal atau link soal disebar oleh wali kelas lewat whatsapp grup, kemudian pengawas memberikan token/password untuk memulai soal PTS.  Bila ada siswa yang kesulitan untuk masuk ke link soal tersebut, pengawas ruangan berkoordinasi dengan guru yang membuat soal. Bentuk soal yang diujikan dalam PTS dirancang oleh masing- masing guru dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal dan harus mengacu pada ketentuan yang berlaku dalam penyusunan naskah soal.

Pelaksanaan PTS ini dengan tetap menerapkan prokes kesehatan, jadi pada saat masuk ke sekolah baik siswa maupun guru dicek suhu dan disemprot cairan antiseptic/hand sanitizer di gerbang sekolah dengan tetap menjaga jarak kendaraan ataupun orang masuk bergantian. Selain itu di dalam kelaspun siswa duduk 1 meja untuk 1 orang dan baik siswa maupun guru selalu menggunakan masker pada saat PTS berlangsung ataupun selama berada di lingkungan sekolah sampai kembali ke rumah masing-masing.

Berikut, foto kegiatan PTS di Chicalo

Dari kegiatan PTS secara luring terbatas ini besar harapan kami sebagai guru bahwa  siswa Chicalo  tetap mengedepankan kejujuran, tanggung jawab yang tinggi serta disiplin selama mengikuti proses PTS berlangsung dan mudah-mudah kegiatan PTS ini menjadi tolok ukur untuk proses pembelajaran ke depannya. Sukses selalu anak-anakku siswa Chicalo semoga masa depan  gemilang menjadi rezeki kalian semua. SMK BISA, SMK JUARA. SALAM SEHAT UNTUK KITA SEMUA, AAMIIIN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here