SMK PUSAT KEUNGGULAN HARUS UNGGUL

0
47
Spread the love

Oleh Satgas Literasi SMKN 1 Cikalongkulon

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Maret 2021 meluncurkan program Merdeka Belajar Seri Kedelapan tentang SMK Pusat Keunggulan. SMK Pusat Keungulan merupakan perwujudan dari salah satu visi Presiden Jokowi berhubungan dengan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Dalam paparannya Mendikbud Nadiem Makarim, SMK Pusat Keunggulan 2021 diprioritaskan kepada 895 SMK dengan tujuh prioritas yaitu ekonomi kreatif, permesinan dan konstruksi, hospitality, care services, maritim, pertanian dan kerjasama luar negeri. Dan saat ini ada 156 SMK di provinsi Jawa Barat yang sudah lolos seleksi dan ditetapkan sebagai  SMK pelaksana program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2021 diantaranya SMK Negeri 1 Cikalongkulon.

Kamis pagi, 9 September 2021, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Cikalongkulon, Undang Iman Santosa, S.TP, M.MPd  mengikuti rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Bidang PSMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Jalan Dr. Radjiman No. 6 Bandung. Kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan pembinaan kepada para Kepala Sekolah SMK Pusat Keunggulan sehingga dapat melaksanakan kegiatan dengan efektif, lancer, dan hasil nanti sesuai pedoman dan tujuan yang ditetapkan pemerintah dalam hal ini direktorat pendidikan vokasi Kemdikbudristek RI.

Pada kesempatan kali ini Drs. Edy Purwanto, Kabid Pembinaan SMK Dinas Provinsi Jawa Barat mengingatkan kepada para Kepala Sekolah SMK Pusat Keunggulan untuk terus saling berkomunikasi  agar dapat saling bertukar informasi seputar kegiatan SMK Pusat Keunggulan. SMK Pusat Keunggulan harus selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan institusi dan perguruan tinggi pendamping. Selain itu juga harus melaksanakan dengan efektif program link and (super) match dengan DUDIKA dengan pendekatan secara intens agar dapat terwujud “pernikahan” antara SMK Pusat Keunggulan dan DUDIKA.

Untuk mampu mewujudkan lulusan yang sesuai dengan keinginan DUDIKA maka SMK Pusat Keunggulan harus mampu mengimplementasikan  program  Teaching Factory di setiap kompetensi keahlian dengan penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) disesuaikan dengan alur pembelajaran Teaching Factory. SMK Pusat Keunggulan juga harus mampu memperkuat kompetensi siswanya dalam berwirausaha  untuk itu SMK Pusat Keunggulan wajib mengikuti program kerjasama digital marketing yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Shopee.

Bapak Kabid juga berpesan agar SMK Pusat Keunggulan harus melaksanakan program sesuai petunjuk teknis dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, hal ini harus menjadi perhatian khusus agar saat pelaporan, pertanggung jawaban sampai dengan pemeriksaan hasil program pelaksanaan SMK Pusat Keunggulan dapat berjalan dengan lancar dan sukses dan tujuan diluncurkannya program ini oleh pemerintah dapat tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here