SMK NEGERI CIKALONG MEMBANGUN TANAMAN
YANG BERBASIS LINGKUNGAN

0
75
Spread the love

OLEH : Solihin MP, Tulus , SP. MP dan Dani

Pukul 11.00 WIB   tanggal 14 Oktober 2021 berketepatan  Hari Pramuka Penyuluh Kehutanan Ahli Madya Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV didampingi oleh Penyuluh Kehutanan Muda dan Annisak selaku Calon ASN telah menyumbangkan bibit kelapa hijau di SMK Negeri Cikalongkulon. Pemberian bantuan dimaksudkan untuk mempercepat program penghijauan di tanah yang kurang  subur di wilayah SMK Negeri Cikalongkulon . Hadir dalam dalam acara Bapak Soholin dan staf guru dan siswa – siswa SMK Negeri Cikalongkulon dan di saksikan oleh ibu Lia Gemiliani, MP.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjalin Kolabarasi dengan pihak SMK Negeri Cikalongkulon  yang merupakan lembaga Pendidikan  SMK yang mempunyai Visi dan Misi menjadikan sekolah yang berwawasan lingkungan. Disamping, memberi bantuan kelapa hijau kami dari Tim Pengelolaan Budidaya Lebah Madu  memberikan bantuan berupa stup lebah.  tujuan untuk memperkenalakan kepada siswa –siswi SMK Negeri 1 Cikalongkulon untuk  dikembangkan di lokasi sekolah agar dapat memhami fungsi dari pada lebah   membantu kelestarian lingkungan. Menurut Gugum Ariandi, S.Hut , jenis lebah yang di kembangkan adalah lebah trigona , yang merupakan jenis lebah yang tahan hijrah atau pindah walaupun kondisi, alam kurang mendukung. Sebagai paparan kami informasi bahwa jenis lebah trigona ini ada tiga jenis ( ada levisep, biroi dan itama ) tuturnya.

Setelah dilaksanakan penyerahan bantuan  bibit kelapa langsung meninjau lokasi pembibiitan Air Mata Pengantin Sebagai pakan  lebah. Jumlah Air Mata Pengantin yang sudah di kembangng baru mecapai 500 batang  Air Mata Mata Pengantin ini menghasilkan  nektar  sebagai pakan lebah trigona. Menurut Ketua Kompetensi Keahlian Lia Gemiliani, MP di SMK 1 Cikalongkulon pengembangan lebah  kami siap mendukung Program sekolah yang berwawasan lingkungan untuk  mendukung Jawa Barat sebagai lumbung madu.

Dalam rangka menunjang kegiatan sekolah berbasis lingkungan kegiatan yang sudah dilakasanakan dalam meningkatkan kelestarian ini.

  1. Penanaman   lahan kosong  disekitar lahan dengan jenis tanaman MPTS ( Jeruk , Mangga, Blimbing , Nangka, yang bersumber  bantuan dari Balai Pengelolaan Das Citarum Ciliwung Kementraian LHK )
  2. Peningkatan kapasitas SDM tentang Budidaya lebah Madu melalui Webinar Budidaya Lebah
  3. Bantuan tanaman kelapa hijau yang merupaka sumber mencegah penyakit covi d dengan bantuan ini diharapakan sekolah dapat menananm lebih banyak lagi
  4. Pengadaan tanaman AMP sebagai tanaman penghasil pakan lebah .
  5. Study banding ke lokasi lebah madu dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia

Dengan bekal kemampuan yang ada dan memanfaatkan potensi dan berharap bahwa SMK Negeri 1 Cikalongkulon mampu menjadi SMK yang terbaik maju mandiri dan berbasis lingkungan. Demikian ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here