SMATREN RAMADHAN 1442 H DI SMKN 1 CIKALONGKULON

0
153
Spread the love

Oleh : Ai Didah Hamidah, S.Pd.I, M.Pd
(Salah satu staf pengajar di SMKN 1 Cikalongkulon)

Pesantren kilat atau yang biasa disingkat SANLAT merupakan kegiatan pesantren yang diadakan dalam kurun waktu yang singkat, sanlat diadakan dengan tujuan memberi ruang untuk anak-anak agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan, dan bermanfa’at.

Bulan Ramadhan adalah merupakan bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan Allah SWT. pada bulan tersebut juga merupakan salah satu media tarbiyah/pendidikan yang diperuntukan kepada umat yang beriman untuk melatih diri agar menjadi hamba Allah yang mampu mengendalikan hawa nafsu. Agar nafsu yang notabene cenderung terhadap hal-hal yang buruk, mengarah ke jalan setan, dapat diarahkan dan menjadi kekuatan untuk dapat mendekatkan diri kepada jalan yang diridhai dan dirahmati Allah.

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan di mana Allah SWT melipatgandakan pahala bagi setiap hamba-Nya yang berbuat amal shaleh dengan lipatan yang tidak dapat dihitung dengan hitungan manusia. Dengan mencermati keutamaan-keutamaan bulan Ramdhan sebagaimana tersebut  di atas, maka kita akan menjadi hamba Allah yang merugi bilamana kita tidak dapat mengisi dan memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan melatih diri (tarbiyatun-nafsi) dan memperbanyak amalan-amalan serta kegiatan yang positif sebagai bentuk investasi kekayaan kita yang sebenarnya (amal shaleh) sebagai bekal hidup kita di dunia sampai akhirat kelak.

Di samping itu kita juga punya tanggung jawab yang besar untuk mengantar, mendidik dan membimbing anak-anak kita agar kelak menjadi seseorang yang memiliki kemampuan mengendalikan hawa nafsunya dan mempunyai dorongan dan motivasi yang tinggi untuk senantiasa beramal sholeh serta menjadi putra putri yang shaleh dan shalihah di masa yang akan datang. Agar tujuan yang mulia tersebut dapat tercapai maka kita perlu membuat bentuk formula kegiatan-kegiatan yang dapat mengantar dan mengarahkan anak-anak kita guna tercapainya tujuan yang mulia tersebut.

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam pada sekolah umum telah di laksanakan berbagai program. Program tersebut berupa kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler, kegiatn ekstra kurikuler peringatan hari besar Islam, pesantren kilat dan kegiatan ke-Islaman lainnya.

Pesantren kilat (Sanlat) diselenggarakan setiap bulan suci Ramadhan tiba. Hal ini diwujudkan untuk membimbing peserta didik agar memiliki wawasan ilmu agama Islam yang luas, berakhlak mulia dan pada akhirnya diharapkan agar mereka menjadi anak-anak yang shaleh dan shalehah.

Begitu juga di sekolah penulis sendiri di SMKN 1 CIKALONGKULON setiap bulan Ramadhan selalu diadakan kegiatan pesantren kilat dan itu sudah menjadi program tahunan dalam kegiatan keagamaan di sekolah. Sebelum masa pandemi biasa nya kegiatan pesantren kilat ini dilaksanakan di aula sekolah secara umum atau juga kadang di perkelas sesuai jurusan nya masing-masing. Penyelenggaraan pesantren kilat ini di koordinasikan oleh urusan kesiswaan, bagian kurikulum dan dengan Tim Guru Pendidikan Agama Islam yang ada di sekolah penulis.

Kami biasanya guru tim PAI di buatkan jadwal oleh bagian kurikulum, tiap guru PAI di bagi jadwal dengan menyampaikan materi sesuai yang sudah di tentukan di antara materi nya yaitu: Aqidah Akhlak, Fiqih, Al-Qur’an Hadist, Rahmatal Lil ‘aalamiin, dan materi tambahan lainnya.

Pada tahun sekarang karena kita sekarang lagi pandemi supaya tidak banyak menimbulkan penyebaran virus, dan juga untuk menjaga kesehatan kita selaku pengajar dan juga menjaga kesehatan anak didik kita semua supaya aman dan terhindar dari covid 19, maka pada tahun sekarang kita mengadakan pesantren kilat tidak dengan tatap muka, tapi secara daring atau virtual untuk meminimal penyebaran virus corona.

Sebagaimana Dinas pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) meluncurkan program Milenial Smart Tren Ramadhan Virtual, Jum’at (16/4/2021) Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum meresmikan program tersebut secara virtual di Gedung Sate, Jln. Diponegoro no. 22, Kota Bandung. Menurut Kadisdik, program yang dilaksanakan mulai 16 April hingga 11 Mei 2021 ini, akan diisi berbagai kegiatan. Mulai dari Ngobrol Pendidikan Islam (Ngopi), kajian Islam di Sekolah (KIDS), menulis mushaf Al-Qur’an hingga buka bersama On The Screen (BUBOS).

Salah satu kegiatan lainnya adalah “ Rantang Cinta dari Siswa”, nantinya, seluruh siswa akan diajak berbagi makanan berbuka puasa kepada yang membutuhkan untuk menumbuhkan sifat peduli”, ungkapnya. Dari program-program Disdik Jabar tersebut, maka kepala sekolah SMKN 1 Cikalongkulon bapak Undang Iman Santosa, S.TP, M.MPd, menindak lanjuti dengan Tim Manajemen guna mengadakan Smatren untuk siswa siswi di SMKN 1 Cikalongkulon, dan sebagai pelaksana dalam menyampaikan materinya guru-guru bidang studi Pendidikan Agama Islam.

Sebutan untuk pesantren kilat sekarang lebih canggih dengan sebutan Milenial Smartren agar siswa di tuntut untuk lebih cerdas lagi dalam memahami materi-materi  agama Islam melalui berbagai media dan berbagai aplikasi pembelajaran.

Smartren di sekolah penulis di SMKN 1 Cikalongkulon diadakan beberapa kegiatan yaitu:

  1. MATERI KIDS

Materi kids diadakan dari mulai tanggal 19 April sampai dengan tanggal 11 Mei 2021 materi KIDS terdiri dari :

  1. Aqidah Akhlak
  2. Fiqih
  3. Al-Qur’an Hadist
  4. Islam dalam Rahmatan Lil’alamin
  5. Covid-19 di masa Ramadhan
  6. Pancasila di mata pelajar
  • PEMBIMBIM KIDS

Pembimbing KIDS sekaligus menyampaikan materi terdiri dari guru-guru PAI yang ada di sekolah penulis yaitu :

  1. Haris, S.Pd.I, M.Pd
  2. H. Dadang, S.Pd
  3. Ai Didah Hamidah, S.Pd.I, M.Pd
  4. Ai Ratnasari, M.Pd
  5. Teja Prawaba, S.Pd
  6. Rahmat Saepul Anwar, S.Ag
  7. Siti Nursamsiah, S.Pd
  • KURMA

KURMA adalah kajian Ramadhan memperbaiki Akhlak

  1. Kajian tentang Islam yang akan diberikan oleh guru PAI secara bergantian sesuai jadwal yang ditentukan.
  2. Dilaksanakan secara virtual melalui google meet dengan link yang dengan link yang yang dibagikan melalui grup whatsapp kelas.
  3. Waktu sesuai jadwal yang disosialisasikan oleh wali kelas
  4. Link kehadiran di google meet dengan rangkuman materi  KIDS yang dipahami siswa
  5. Wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XII
  • NGAOS

NGAOS adalah Ngaji On The Screen

  1. Kegiatan mengaji virtual melalui google meet
  2. Dilakukan setiap hari mulai pukul 08.00 s.d 08.30 WIB
  3. Peserta sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh coordinator tadarus ( Bapa H. Dadang)
  4. Link dibagikan melalui grup whatsapp kelas
  • SAHUR

SAHUR adalah Essay pemahaman di goole Classroom

  1. Siswa mengerjakan essay pemahaman yang diberikan oleh guru pembimbing di google classroom kelas masing-masing sesuai jadwal materi KIDS.
  2. Pengumpulan tugas sesuai jadwal paling lambat pukul 23.54 WIB
  • KOLAKS

KOLAKS adalah kegiatan Olah Ajang Kreativitas Siswa

  1. Siswa membuat hasil karya sesuai dengan materi KIDS yang sudah di sampaikan
  2. Hasil karya dapat berupa Artikel, Vidio Kajian, Podcast (wawancara dengan narsum), puisi, komik, lukisan.
  3. Hasil karya dikirim ke email idafarida@guru.smk.belajar.id  dengan keterangan nama dan kelas.
  • BUKBER

BUKBER adalah Uji Kompetensi Bersama

  1. Siswa mengerjakan soal uji pemahaman siswa secara daring
  2. Dilaksanakan setiap akhir materi KISD sesuai jadwal
  3. Link soal uji pemahaman diberikan melalui grup whatapp kelas.
  • BALAS THR

BALAS THR adalah Lomba Antar Kelas Tema Hari Ramadhan

  1. Lomba membuat FLYER dan TWIBBON ucapan idul Fitri (Kord. Pak Teja)
  2. Lomba Puisi Islami (Kord. Bu Ai Ratnasari)
  3. Lomba menulis kaligrafi (kord. Pa Hj. Dadang dan Pa Rahmat)
  4. Lomba MTQ dalam bentuk vidio (kord. Bu Ai Didah)
  5. Lomba Dakwah dalam bentuk vidio (kord. Pak Haris)
  6. Lomba Adzan dalam bentuk vidio (kord. Pak Hj Dadang)

Selain kegiatan-kegiatan di atas ada juga kegiatan-kegiatan yang lainnya yaitu:

1. RACINTA (Rantang Cinta) yang diikuti oleh perwakilan tiap kelas, dilaksanakan serempak pada tanggal 23 April 2021, mudah-mudahan dengan adanya rantang cinta dalam diri siswa ada keinginan untuk membantu orang yang membutuhkan dan ada jiwa belas kasih terhadap sesama.

2. PENA yaitu penulisan mushaf Al-Qur’an 30 juz,di laksanakan pada hari kamis tanggal 27 April 2021, diikuti oleh perwakilan dari tiap kelas minimal tiap kelas mengirimkan 6 orang siswa nya, kemudian berkumpul di masjid sekolah dan juga di kelas-kelas yang kosong, supaya tidak terjadi kerumanan di bagi menjadi beberapa sesi, setiap kelas di berikan lembaran-lembaran yang sudah ada bacaan Al-Qur’an nya siswa hanya tinggal menjelaskan atau menebalkan tulisan Al-Qur’an tersebut dengan memakai balpoint, setiap kelas di berikan satu juz dan di bagi lembar nya sesuai jumlah siswa di kelasnya yang datang.

Dengan adanya smartren ini diharapkan siswa dapat :

  1. Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik terhadap ajaran Islam sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.
  2. Mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Meningkatkan akhlakul karimah peserta didik dalam hubungan nya dengan Allah Swt, dengan orang tua, sesama manusia lainnya, dan dengan lingkungan hidup yang lainnya.
  4. Bergairah membaca Al-Qur’an, memahami, dan memfungsikan nilai-nilai Al-qur’an.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here