SIAP VAKSIN SIAP SEKOLAH

0
82
Spread the love

Oleh Siti Maesaroh
Siswi Jurusan XII OTKP 1 SMKN 1 Cikalongkulon

Hallo, namaku Mae. Aku merupakan Siswi SMKN 1 Cikalongkulon kelas XII jurusan Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran. Teman-teman gimana kabarnya? Sudah vaksin belum nih? Nah, bicara tentang vaksin, pasti yang ada di pikiran teman-teman takutkan? Apalagi sekarang banyak kabar hoaks yang beredar tentang bahaya vaksin. Kabar tersebut membuat aku pun dilanda ketakutan yang berlebih, apalagi membayangkan efek samping yang akan ditimbulkan setelahnya. Tapi, teman-teman sudah tahu belum nih manfaat vaksin itu apa sih? Selain meminimalisir penyebaran Covid-19, vaksin juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membentuk antibodi, melindungi orang yang pernah terpapar Covid-19, dan masih banyak lagi manfaat yang akan teman-teman dapatkan dari vaksinasi.

Vaksin tidak selalu harus untuk orang dewasa saja, tetapi remaja seperti kita pun perlu melaksanakannya. Mengenai pesatnya penyebaran Covid-19 yang tidak mengenal usia ataupun jenis kelamin. Kita sebagai orang awam yang tidak begitu paham terhadap bahayanya virus covid-19 yang mematikan, harus selalu waspada dan perlu memberantas mata rantai penyebaran covid-19 agar tidak meluas, yaitu dengan melaksanakan vaksinasi.

Vaksinasi bukan berarti kita terbebas dari Covid-19. Orang mungkin beranggapan setelah melakukan vaksin akan terbebas dari Covid-19 dan bisa beraktivitas seperti sedia kala. Padahal, ada beberapa kasus orang yang sudah melaksanakan vaksin tetapi terjangkit virus Covid-19. Untuk mencegahnya, perlu kesadaran dari diri kita akan pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan protokol 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Vaksin juga merupakan salah satu syarat dilaksanakannya kegitan belajar tatap muka. Alasan itulah yang membuatku memberanikan diri untuk mengikuti kegiatan vaksinasi yang akan diselenggarakan hari Sabtu, 28 Agustus 2021 yang bertempat di SMKN 1 Cikalongkulon. Acara ini pertama kali  diadakan dalam rangka Gebyar Vaksinasi Se-Jawabarat tingkat klaster pelajar. SMKN 1 Cikalongkulon merupakan sekolah yang pertama melaksanakan kegiatan vaksinasi di Cikalongkulon, dan tentunya telah diuji coba terlebih dahulu tingkat keamanannya oleh staf pengajar.

Jenis vaksin yang akan digunakan dalam kegiatan ini yaitu vaksin SinoVac atau CoronoVac, dimulai untuk sasaran usia 12 tahun ke atas. Ada beberapa efek samping yang biasa ditimbulkan setelah vansin dilakukan. Diantaranya pegal di area tangan yang divaksin, rasa ngilu, dan demam. Reaksi ini ditimbulkan akibat tubuh yang mengenali vaksin yang dimasukkan. Sehingga nanti akan membentuk antibodi dan kekebalan tubuh di kemudian harinya.

Kegiatan tersebut berlangsung lancar dan tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat. Diawali dengan sesi pendaftaran peserta vaksin, kemudian memasuki acara sambutan, lalu doa bersama, dan yang terakhir acara inti yaitu vaksinasi. Yang dirasakan setelah vaksin sama seperti disuntik biasa, hanya saja ada rasa pegal di lengan yang disuntik dan itupun tidak berlangsung lama. Tidak ada lagi rasa takut dan perasaan tidak tenang, sangat berbeda tentunya dengan apa yang di bayangkan sebelum awal vaksinasi.

Setelah dilaksanakannya kegiatan vaksinasi ini, semoga pandemi segera berakhir supaya sekolah bisa belajar tatap muka seperti biasa sehingga kegiatan belajar mengajar pun bisa normal kembali.  Jadi, ayo teman-teman jangan takut vaksin. Mari jadi remaja tangguh yang membantu memberantas mata rantai covid-19 dengan cara vaksinasi. Tunggu apalagi, ayo vaksin!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here