SEHATKAN TANAH DENGAN BOKASHI PUPUK KANDANG

0
72
Spread the love

Nama Penulis Sri Indrawati, S.P

Guru Sekolah SMK Negeri 2 Metro Lampung

Tanah yang sering ditanami secara terus menerus maka kandungan unsur hara dan nutrisi di dalam tanah akan berkurang. Kondisi tanah yang kering atau tandus, bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari cuaca, struktur dengan porositas rendah, kekurangan mineral, kekurangan organik ataupun kurangnya rongga udara pada permukaan media tanam ini. Yang pada awalnya tanaman yang tumbuh di atasnya dapat menghasilkan produksi yang melimpah maka lama-lama menjadi berkurang hasilnya. Tentu hal ini dapat memengaruhi pendapatan petani.

Untuk mengembalikan tanah menjadi sehat kembali agar menjadi subur dan gembur yaitu dengan memperbaiki kesehatan fisik, kimia dan biologi. Cara paling bijak yaitu dengan memberi bahan organik. Bahan organik menggemburkan tanah dan memperbaiki kemampuan tanah untuk menyerap hara dan air. Bahan organik juga mengandung hara makro dan mikro yang lengkap daripada pupuk sintetis. Beragam mikroorganisme terkandung pada bahan organik.Sayang, pembuatan pupuk organik secara konvensional pembuatannya membutuhkan waktu cukup lama sekitar 1 – 3 bulan untuk mengomposkannya.Karena bila langsung dipakai ke tanah maka tanaman malah mati karena kepanasan.

Oleh karena itu, dicari alternatif lain yang lebih baik untuk menggemburkan tanah selain dengan menggunakan bahan organik, yaitu dengan menggunakan bokashi pupuk kandang. Bahan baku utama pembuatan bokashi dipilih kotoran kambing. Prinsip membuat bokashi adalah mempercepat pelapukan. Mengapa kotoran kambing?karena kotoran kambing kaya hara dan bahan mudah dicari. Bahan lain berupa arang sekam, dedak halus, gula, effektive mikroorganisme (EM4) dan air. Sekam bakar dipakai karena mengandung karbon aktif yaitu dapat menyerap residu pupuk dan pestisida yang tersisa dilahan.Sedangkan dedak dan gula berperan sebagai makanan awal mikroorganisme yang ditambahkan. Disini tekniknya menggunakan sistem aerob (butuh udara). Agar terjadi suasana aerob, maka digunakan lantai dasar untuk menumpuk bahan baku yang mampu mengalirkan udara. Itu berupa tanah yang dipadatkan, dilapisi sekam mentah setebal 10 cm dan pelepah bambu. Diatas pelepah bambu bahan baku berupa kotoran kambing yang dicampur sekam bakar ditempatkan dengan tinggi maksimal 15 cm. Lalu dedak ditaburkan diatasnya tipis-tipis jumlanya sekitar 5% dari bahan baku. Sementara EM4 sebanyak 10 cc dilarutkan dalam 10 liter air. Larutan disiram secara merata pada bahan baku berlapis dedak, lalu ditutup karung bekas. Tiga hari berselang atau 79 jam, setelah hangat bokashi pupuk kandang siap dipakai. Agar lebih cepat memperbaiki tanah dan kandungan hara siap diserap tanaman,maka bokashi digiling menjadi tepung.

Cara penggunaan bokashi yaitu 3 – 4 genggam bokashi (150 – 200 gr) dapat disebar merata di atas permukaan tanah setiap 1 meter persegi tanah. Untuk mencampurkan bokashi kedalam tanah, maka tanah tersebut perlu dicangkul atau dibajak dulu.

Demikianlah manfaat bokashi pupuk kandang ini, ayo kita coba membuatnya. Semoga bermanfaat ya teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here