SAAT LEBARAN KITA HARUS WASPADA

0
142
Spread the love

Ratna Juwita, S.Pd.
Guru SMKN 1 Cikalongkulon

Satu bulan penuh kita umat muslim di dunia telah melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan, dan Saat idul Fitri atau Lebaran kita akan bersilaturahmi ke rumah keluarga, tetangga, serta kerabat dimana hal ini merupakan kegiatan yang begitu lekat saat merayakan lebaran. Bukan hanya sekedar berkunjung saja, ada aktivitas lain yang identik dengan suasana lebaran, yaitu menyantap berbagai macam sajian khas lebaran. Mulai dari lontong sayur, daging rendang, opor ayam hingga berbagai macam kue kering seperti nastar, kue Keju dan sebagainya

Pastinya semua menu yang dihidangkan saat lebaran sangat lezat dan menggugah selera. Siapapun tidak dapat menolaknya dan tanpa berpikir panjang akan langsung menyantap hidangan tersebut tanpa henti walau perut sudah terasa kenyang. Karena banyak orang berpikir ini adalah makanan khas saat lebaran otomatis kita harus mencicipi semuanya. Tapi kita harus waspada bila nafsu makan tidak dikontrol dengan baik, maka tak dapat dipungkiri setelah lebaran perut menjadi sensitif dan bisa terkena maag atau diare. Karena apa yang kita makan tidak kita kontrol, lambung kita akan kaget karena selama satu bulan penuh kita puasa. Yang paling banyak dialami adalah pakaian menjadi sempit alias berat badan menjadi naik. Tetapi jangan panik dan khawatir, berikut ini beberapa cara mudah dari berbagai sumber yang bisa dilakukan agar berat badan tetap normal walau menyantap berbagai macam hidangan khas lebaran, yaitu:

  1. Batasi makanan berlemak dan bersantan 

Makanan bersantan dan juga berbagai macam olahan daging yang disajikan selama lebaran merupakan godaan yang terberat yaitu opor dan rendang. Menu makanan tersebut memang tidak kalah enaknya, tapi amat sangat disayangkan bila dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat berat badan akan melonjak naik dengan cepat. Hidangan yang berasal dari olahan daging dan bersantan banyak mengandung kalori dan lemak. Sebaiknya batasi konsumsi makanan seperti ini dengan tepat. Selain itu, seimbangkan dengan makanan lainnya, seperti sayuran, buah,dan sebagainya.

  • Batasi makanan yang kita konsumsi alias jangan makan terlalu banyak

Makanan seperti lontong sayur, uli, opor ayam, semur atau rendang daging memang sangat lezat. Tetapi pada umumnya kelezatan pada makananlah yang membuat tidak bisa berhenti makan, bahkan tidak cukup hanya satu piring saja. Bila tidak dihentikan, maka bisa dipastikan berat badan akan bertambah meningkat. Jika ingin berat badan tetap normal setelah lebaran, sebaiknya makanlah hidangan tersebut dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Jika ada hidangan yang ingin dicicipi, ambilah dalam porsi kecil.

  • Perbanyak minum air putih

Selain makanan bersantan, saat lebaran godaan terbesar adalah minuman segar seperti air sirup, minuman bersoda bahkan sop buah memang lebih menarik perhatian daripada air putih. Namun, gula yang terdapat pada kandungan minuman tersebut membuat badan menjadi lebih mudah gemuk. Maka, alangkah baiknya kalau Anda pilih air putih saja yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bila ingin mengkonsumsi minuman seperti sirup, sop buah atau yang lainnya, minumlah dengan porsi yang tidak berlebihan dan tidak perlu ada tambahan gula.

  • Perbanyak makan buah

Lebaran identik dengan kue-kue lebaran seperti nastar, kue keju dll. Memang benar, berbagai macam kue kering yang dihidangkan di meja tidak bisa dielakan begitu saja. Sekali mencoba, maka akan terus-menerus mencicipi kue tersebut tanpa henti. Padahal bila dikonsumsi secara terus menerus bisa berpengaruh pada berat badan Anda.

Sebaiknya batasi mengkonsumsi hidangan kue tersebut dan diganti dengan berbagai macam buah-buahan yang disukai, misalnya saja pepaya, melon, jeruk, apel, pisang dan sebagainya. Dengan begitu, berat badan akan tetap normal setelah lebaran.

  • Selalu berolah raga dan menjaga pola hidup sehat

Luangkan waktu untuk berolahraga dan tetap menjaga pola hidup sehat (4 sehat 5 sempurna). Meski masih suasana lebaran, jangan sampai melupakan olahraga. Hal ini penting dilakukan agar metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik dan seimbang. Setelah banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung banyak kalori saat lebaran, sebaiknya bakar kembali kalori yang terpendam di dalam tubuh. Buatlah jadwal olahraga secara rutin, bila perlu ajak saudara atau teman agar olahraga menjadi lebih seru.

Berbagai sajian khas lebaran kerap menjadi sebuah “ujian dan harus diwaspadai” bagi Anda yang memiliki berat badan mudah naik seperti penulis, jika ingin berat badan tetap normal setelah lebaran, pastikan apa yang dikonsumsi dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Selain itu perbanyak mengkonsumsi air putih, sayuran, buah-buahan dan lakukan olahraga secara rutin. Dengan begitu, Anda akan tetap merasakan momen lebaran tanpa harus merasa khawatir dengan kenaikan berat badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here