RUSA CHICALO AGRO EDUKASI MASA DEPAN

0
159
Spread the love

Oleh Indrarti Purbawiyatni S, S.Pd
(Pengajar SMKN 1 Cikalongkulon)

Sebelum  berbicara tentang Rusa Chicalo, kita wajib berkenalan dulu apa hewan Rusa itu, bagaimana sosok dan kebiasaannya. Penulis sempat membaca dari beberapa tulisan tentang Rusa, dan ternyata Rusa itu termasuk hewan yang unik dan menarik.

Rusa adalah hewan pemamah biak (ruminan) yang termasuk family Cervidae. Secara umum memiliki badan yang luwes, kompak dan panjang, kaki kuat yang cocok untuk medan hutan. Rusa termasuk hewan pelompat dan perenang yang baik, dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya kalau rusa termasuk hewan pengunyah atau ruminansia yang memiliki empat bilik perut.

Belum lama ini beberapa ekor Rusa didatangkan ke SMKN 1 Cikalongkulon. Rusa-rusa ini didatangkan dari Depok dan merupakan sumbangan dari Prof. Idris Idham, seorang Dokter Ahli Jantung yang cukup ternama di tanah air kita. Rusa yang didatangkan ke SMKN 1 Cikalongkulon (Chicalo) adalah jenis Rusa Timor.

Rusa Timor ini termasuk jenis satwa yang dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 106 Tahun 2018.  Berangkat dari situlah ada keinginan dari pihak sekolah untuk mencoba membuat penangkaran Rusa, dengan tujuan untuk ikut melestarikan satwa yang dilindungi.

Sebenarnya ini bukan kali pertama terdapat Rusa di SMKN 1 Cikalongkulon, beberapa tahun yang lalu sewaktu masih bernama SMKN 7 Cianjur pernah memiliki Rusa, karena lokasi sekolah waktu itu berada di Vedca, maka Sang Rusa pun dipelihara di sana, pada saat berpindahnya lokasi sekolah ke daerah Cinangsi Cikalongkulon, Rusa yang dimiliki tidak ikut dibawa  karena takutnya pada saat itu tidak bisa terawat dengan baik. Seiring dengan berjalannya waktu, SMKN 7 Cianjur berubah menjadi SMKN 1 Cikalongkulon, perkembangan sekolahpun semakin pesat, dengan bertambah luasnya lahan sekolah dan terjadi pembangunan di sana sini,

SMKN 1 Cikalongkulon memiliki luas tanah sekitar 2,5 hektar lokasi utama ditambah lokasi tambahan yang berada di pinggir jalan raya Cikalongkulon seluas 1 hektar lebih. Pemanfaatan sebagian besar lokasi untuk fasilitas kegiatan pembelajaran dan fasilitas penunjang lainnya, sementara itu lahan terbuka di lokasi SMKN 1 Cikalongkulon masih tersisa luas, dan sesuai dengan keinginan untuk membuat penangkaran rusa, maka akhirnya lahan terbuka yang berada ditengah lokasi sekolah dipergunakan untuk tempat penangkaran rusa.

Rusa Timor yang didatangkan dari Depok sebanyak 5 ekor, terdiri dari 2 jantan dan 3 betina, dengan kondisi 2 betina sedang mengandung. Salah satu Rusa betina berhasil melahirkan anaknya di lokasi penangkaran SMKN 1 Cikalongkulon, jadi bertambahlah Rusa yang ada di lokasi penangkaran kami.

Keunikan yang dimiliki oleh hewan ini dan karena kelangkaannya, membuat banyak orang yang datang untuk melihat dari dekat. Kebanyakan mereka yang datang adalah warga sekitar sekolah yang mengetahui adanya Rusa di sekolah kami. Tak sedikit pula siswa-siswa yang ingin melihat dari dekat dan mencoba memberi makan sendiri Rusa-rusa tersebut, mereka yang datang bisa memberi makan Rusa dengan umbi-umbian dan juga rumput yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Tidak dipungut bayaran untuk setiap kunjungan dari masyarakat yang tertarik untuk datang ke lokasi penangkaran ini.

Keberadaan Rusa-rusa ini di SMKN 1 Cikalongkulon adalah suatu bentuk persembahan dari pihak sekolah untuk masyarakat sekitar, dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melindungi hewan langka, dan kegiatan ini kami sebut dengan Agro Edukasi yang tidak saja berguna untuk masa kini, tapi juga untuk masa depan, sehingga anak cucu kita generasi penerus bangsa akan tetap mengenal hewan langka yang dilindungi, khususnya Rusa Timor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here