RAMUAN HERBAL UNTUK MENJAGA IMUNITAS TUBUH DI MASA PANDEMI

0
73
Spread the love

Oleh Sufiyati Arsyad Noer,S.Pd
(Pengajar OTKP SMKN 1 Cikalongkulon)
Email: [email protected]

Pandemi corona belum berakhir meskipun sudah berjalan hampir setahun. Di sisi lain, sejauh ini meski sudah ada vaksin Covid-19, masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah infeksi virus corona. Konsumsi sejumlah ramuan herbal salah satu ramuan herbal yaitu ramuan jahe merah dan gula merah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19 harus diperbanyak.

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana bisa dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Saat sistem imunitas dalam kondisi lemah, tubuh pun akan mudah terserang suatu penyakit. Termasuk dari infeksi virus corona penyebab Covid-19.

Maka dari itu, agar tubuh kebal terhadap penyakit, sistem imun atau daya tahan tubuh harus terus dijaga dan ditingkatkan. Terlebih, belakangan ini buruknya imunitas dikaitkan erat dengan risiko terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Salah satu cara yang mudah dilakukan untuk menjaga imunitas atau meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi ramuan herbal dari jahe merah.

Jahe merah dengan nama ilmiah Zingiber officinale Roscoe merupakan salah satu dari suku Zingiberaceae yang menjadi bagian penting dari masyarakat Indonesia. Rimpang jahe merah telah digunakan sebagai obat tradisional secara turun-temurun karena mempunyai komponen minyak atsiri tertinggi jika dibandingkan dengan jenis jahe yang lain.

Selain warnanya yang kemerahan, ia juga lebih sering digunakan untuk obat-obatan daripada sebagai bumbu masakan serta memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan dengan jenis jahe lainnya.

Jahe merah mengandung senyawa bermanfaat seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan banyak lagi. Dengan begitu banyak senyawa aktif yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, tak heran jahe merah adalah ramuan yang sangat populer.  Oleh sebab itu, ramuan herbal jahe merah memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya mengatasi masalah percernaan, membantu proses detoksifikasi, dan bersifat antiperadangan yang dapat mencegah infeksi dan mengingkatan imunitas tubuh.  jahe merah juga bisa dijadikan menu minuman sehat dan lezat, lho..! yaitu dengan menjadikannya ramuan herbal jahe merah dan gula aren buatan rumah.

Berikut bahan-bahan dan resepnya,

  1. Jahe merah 3 siung (sesuai selera)
  2. gula merah atau madu (sesuai selera)
  3. air mineral

Cara membuat:

  1. Masukkan air mineral secekupnya sesuai sama takaran yang diinginkan dan sesuaikan dengan ketersedian bahan-bahannya
  2. Masukan gula merah atau madu sesuai selera Anda  kedalam panci
  3. Masukan jahe merah selera anda
  4. Letakkan di atas kompor dengan api kecil hingga sedang.
  5. Tunggu sampai mendidih atau jahe merah dan gula merah, sekira 5 menit.
  6. Tuangkan ke gelas saji dan aduk hingga merata.
  7. Ramuan  jahe merah  Anda siap


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here