Prosesi Penganugerahan Parasamya Aksara Nugraha

0
108
Spread the love

Oleh Yeni Ekawati, S.Pd.

Prosesi penganugerahan  Parasamya Aksara Nugraha merupakan ajang apresiasi dan  penghargaan kepada para penulis dan pegiat literasi tingkat nasioanl. Kegiatan ini di selenggrakan oleh Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat (KPPJB).Tahun ini, tepatnya Rabu, 17 November 2021 kegiatan Anugerah. Parasamya Aksara Nugraha diselenggarakan di hotel IBIS, Jalan Asia Afrika Kota Bandung.

Penganugerahan Parasamya Aksara Nugraha terdiri dari Parasamya Susastra Nugraha diberikan kepada 105 pengajar penulis, Parasamya Suratma Nugraha diberikan kepada 93 penggerak literasi, dan Parasamya Praja Nugraha diberikan kepada 10 pelajar penulis. Peserta yang hadir sebanyak 209 ini datang dari berbagai wilayah Indonesia. Suasana penuh suka cita dibalut rasa syukur yang tak terhingga kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Kesempatan emas bisa bergabung dan bersilaturahmi dengan para sesama penulis dan pegiat dari berbagai wilayah Indonesia tercinta.

Acara prosesi penganugerahan Parasamya Aksara Nugraha dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Barat, Dr. Ahmad Hadadi. Hadir pula perwakilan dari Kemendikbud. Perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti acara anugerah penghargaan Parasamya kepada pengajar penulis dan pegiat literasi.

Sebelum acara inti dimulai sambil menunggu para tamu undangan hadir. Para peserta menyumbangkan pembancaan puisi dan pantun. Acara inti dimulai dengan diawali Gemah Wahyu Illahi yang dibacakan oleh Ananda Zainab (lulusan Sudan University). Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KPPJB oleh tim paduan suara dari peserta asal Kabupaten Subang Jawa Barat. Dengan berseragam batik coklat yang menarik menambah kekompakan tim paduan suara. Akhirnya, sampailah kepada puncak acara yang ditunggu-tunggu, yaitu penganugerahan penghargaan kepada pengajar penulis dan para pegiat literasi. Pemasangan selempang dan penyerahan piagam kepada peserta dilaksakan secara simbolis. Sesuai dengan peraturan kesehatan dimasa Pandemi ini, maka pemasangan selempang dan penyerahan sertifikat hanya diwakilkan kepada beberapa peserta. Setelah selesai baru kemudian diikuti oleh peserta lain memasangkan selempangnya masing-masing.

Setelah prosesi pemberian penghargaan acara dilanjutkan dengan tampilan-tampilan dari para peserta. Semua menampilkan keahliannya dengan sangat piawai. Ada persembahan tarian dari siswa SMP Bandung, membaca puisi, dan ada pula yang menyumbangkan suara emasnya. Semua peserta menikmati dan sangat terhibur. Kemudian sampai pada acara pamungkas berupa pemotretan satu-persatu peserta  dengan membawa tanda penghargaan yang diterimanya. Selesai acara pemotretan di tutup dengan ramah tamah berupa penyajian hidangan makan siang bagi para peserta sekaligus penutupan acara.

Rasa syukur dan bahagia terpancar dari rona setiap peserta. Mendapat penghargaan Parasamya merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi para penulis dan pegiat literasi. Para pengajar penulis dan pegiat literasi merasa diberi kepercayaan dan apresiasi terhadap karya yang telah dibuat. Dengan apresiasi seperti ini, semakin bertambah rasa percaya diri dan terpacu untuk terus mengembangkan diri hingga menghasilkan karya-karya baru yang lebih inovtif dan kreatif. Hal utama dari kegiatan ini adalah indahnya silaturahmi berbagi ilmu dan pengalaman. Betambah kenalan dan semakin erat persaudaraan. Semoga bisa diberi kesempatan tahun depan untuk bisa bertatap muka kembali dengan membawa karya yang lebih berarti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here