PKKS SMP NEGERI 4 KOTA BOGOR “BERKILAU”

0
77
Spread the love

Oleh Yeni Ekawati, S.Pd.

Selasa, 22 November 2021 pukul 11.00 WIB SMP Negeri 4 Kota Bogor telah melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah atau biasa disingkat
PKKS. PKKS merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya. Kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksaan tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsifungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin.

PKKS tahun ini berfokus pada bidang manajerial, bidang kewirausahan, dan bidang supervisi guru dan tenaga kependidikan. PKKS di SMP Negeri 4 kota Bogor dilakukan oleh pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bogor Bapak Dr. H. Kadiyo, M.Pd. dan Bapak Bapak Ruhiyat, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan PKKS diawali dengan pembukaan acara oleh Bapak Ranta Sarjadipura, S.Pd., selaku wakil kepala sekolah bidang Humas, sekaligus memandu kegiatan acara PKKS dari awal hingga akhir acara. Kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Bapak H. Dayat, M.PdI. Berikutnya sambutan -sambutan yang disampaikan oleh perwakilan komite dan pengawas. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan presentasi dari kepala SMP Negeri 4 Kota Bogor, Ibu Sri Sugiarti,M.Pd. Beliau mengawali pemaparan presentasinya dengan menampilkan identitas diri, profil diri sekaligus menjadi pedoman ibu kepala sekolah dalam melaksanakan tugas, yaitu kerja 5 AS, Kerja ikhlas, kerja keras, kerja tuntas, dan kerja berkualitas. Kemudian ibu kepala sekolah juga menyampaikan beberapa prestasi yang pernah diraih. Selanjutnya memaparkan profil sekolah, tugas pokok kepala sekolah, rapor mutu SMP Negeri 4 kota Bogor, visi, misi, tujuan, dan Branding sekolah “SPENPAT BERKILAU” ( SMP Negeri 4 Bersih, Energik, Religius,Kreatif, Inovatif, Literasi, Adaptif, dan Unggul). Beliau juga memaparkan secara singkat tentang delapan standar disertai dengan capaian prestasinya, salah satunya beliau memaparkan pencapaian kegiatan literasi, kokulikuler dan ekstrakulikuler.

Setelah itu sampailah pada acara inti, visitasi para penilai kepada delapan standar. Tim penilai dari pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bogor mengunjungi dan menilai satu persatu aspek yang menjadi bagian penting dalam penilaian. Tanya jawab dan obrolan seru terangkai dalam kegiatan tersebut. Setiap bidang dalam delapan standar dapat menyuguhkan data dan rincian penjelasan dari setiap pertanyaan yang diajukan. Alhamdulilah kegiatan PKKS berjalan lancar tanpa kendala apapun. Semoga kegiatan PKKS ini menjadi cermin yang memantulkan cahaya kebaikan serta kesuksesan bagi SMP Negeri 4 Kota Bogor. Senantiasa berjaya dan menghasilkan inovasi-inovasi baru juga melahirkan peserta didik yang berkualitas penuh prestasi dan berbudi pekerti luhur. Selalu berkilau dalam setiap gerak langkahnya, sesuai dengan brandingnya “SPENPAT BERKILAU.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here