PGRI Ranting SMKN 1 Cikalongkulon Melaksanakan Lomba Cepat Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan

0
7
Spread the love

Oleh Olis Aisah, S.Pd.
Guru SMKN 1 Cikalongkulon

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Cepat tepat adalah pertandingan adu ketajaman berpikir dan ketangkasan menjawab pertanyaan secara cepat dan tepat.  Cepat tepat biasanya dilakukan untuk menguji pemahaman seseorang atau kelompok tentang sesuatu, misalnya bahasa, matematika , pengetahuan umum bahkan pemahaman terhadap pilar kebangsaan.

Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunanan agar bisa berdiri secara kokoh. Indonesia memiliki fondasi yang dikenal dengan istilah empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat pilar tersebut telah menjadi sejarah perjalanan bangsa Indonesia, dan menjadi komitmen kebangsaan yang harus terus ditingkatkan. Jakarta, Kominfo 

Untuk meningkatkan pemahaman terhadap empat pilar kebangsaan,  terutama menjelang peringatan hari lahir Pancasila  tanggal  1 Juni,  sering kita lihat dan saksikan pembicaraan  televisi agar generasi muda penerus bangsa ini memiliki pemahaman, kecintaan  dan kepedulian  terhadap empat pilar kebangsaan tersebut .

Untuk memeringati  hari  lahir Pancasila tanggal 1  Juni tahun 2021. PGRI  Ranting SMKN 1 Cikalongkulon bekerja sama dengan PGRI Cabang Kecamatan Cikalongkulon  menyelenggarakan  kegiatan lomba cepat tepat pemahaman empat pilar kebangsaan yang dilaksanakan tanggal 8 Juni 2021.  Kegiatan lomba ini dipilih  untuk mengedukasi   warga  Cikalongkulon  untuk memahami empat pilar kebangsaan.   Semua peserta adalah guru, alasannya  guru berada di garda terdepan dalam mengedukasi peserta didik.

Kegiatan lomba tersebut  di atas,  diikuti oleh  7  PGRI Ranting  dari 8  PGRI Ranting  yang ada di Kecamatan Cikalongkulon.  PGRI Ranting SMKN 1 Cikalongkulon, tidak ikut serta dalam lomba tersebut  karena bertindak sebagai  penyelenggara.

Tanggal  8 Juni 2021 pukul 13:00 lomba cepat tepat  pemahaman empat pilar kebangsaan dilaksanakan dengan diawali pembukaan.  Apresiasi positif  dan harapan kalau kegiatan yang digelar  menjadi cikal bakal  kegiatan positif lainnya  dengan lingkup yang lebih luas, disampaikan oleh Koordinator Pendidikan Kecamatan Cikalongkulon yaitu  Munawar , S.Pd. M.M.   

Kepala  SMKN 1 Cikalongkulon  sekaligus penasihat PGRI Ranting SMKN 1 Cikalongkulon,  Undang Iman Santosa, S.TP, M.M.Pd.  mengajak semua insan-insan pendidikan,   baik  guru SD, SMP, MTS, SMK, SMA, MA yang ada di Kecamatan Cikalongkulon  untuk bekerja sama dalam  memajukan  kompetensi  guru, baik yang berkaitan dengan  kegiatan literasi menulis, literasi digital bahkan literasi budaya.  SMKN 1 Cikalongkulon sangat terbuka untuk berkolaborasi  dengan siapapun  demi memajukan dunia pendidikan. Hal tersebut disampaikan Udang Iman Santosa ,S.TP,M.M.Pd. sebelum membuka secara resmi kegiatan lomba cepat tepat .

Dukungan dan apresiasi  senada  juga disampaikan oleh ketua PGRI Cabang Kecamatan  Cikalongkulon  Ayi  Nasrudin, S.Pd. M.M.  beliau berharap ke depan akan muncul kegiatan-kegiatan  positif  lainnya yang mempererat  tali silaturahmi  dan membina kualitas profesionalisme guru.

Setelah pembukaan selesai,  tidak  menunggu waktu lama  kegiatan utama yaitu lomba cepat tepat  pemahaman empat pilar kebangsaan   dilaksanaka di Gedung  Binangkit PGRI Kecamatan Cikalongkulon, mulai pukul 13:30. Dengan antusias semua peserta  yang terdiri dari regu A, B, C dan D mengikuti jalannya lomba, terdengan tepukan hadirin  berkali-kali saat peserta mampu menjawab  pertanyaan dengan tepat. Gelengan kepala dan ekspresi ketidakpuasan terlihat  saat  peserta tidak mampu menjawab pertanyaan.  Anggukan dan rona wajah penuh suka pun terlihat  saat peserta mampu dengan tepat menjawab pertanyaan.  Akhirnya   lomba cepat tepat kelompok 1 dimenangkan oleh regu B dan regu D.   

Setelah jeda selama 5 menit , perlombaan kelompok 2 dimulai pukul 14:15, sama halnya dengan kelompok 1, kelompok 2 juga terlihat antusias mengikuti jalannya perlombaan dan akhirnya regu A menjadi pemenang. 

 Setelah jeda 5 menit babak final pun dimulai, regu A, regu B,dan  regu C  sudah duduk di tempat masing-masing.    Di babak pertama perolehan skor tidak jauh berbeda,  ada 2 regu yang memiliki poin sama  yaitu 600 dan hanya 1 regu  memperoleh poin 900. Di babak rebutan terlihat tiap regu sangat hati-hati dalam menjawab karena kalau salah akan dikurangi 100, tapi akhirnya regu A berhasil keluar dari tekanan dan berhasil  merebut beberapa pertanyaan dan menjawab dengan tepat , disusul oleh regu B dan akhirnya regu A menjadi juara 1, regu B juara 2 dan regu C juara 3.  Saat itu juga medali dan uang pembinaan diberikan kepada para pemenang.  Wajah-wajah penuh kebahagian terlihat dari wajah peserta yang menjadi juara.

Luar biasa‚Ķ kegiatan cepat tepat yang digelar mampu membangkitan semangat  peserta  dan mengurangi rasa bosan. Bukan hanya itu,   hadirin  pun dibuat   geregetan  ketika mengetahui jawaban pertanyaan yang disampaikan, sementara peserta lomba tidak mampu menjawab.

 Acara ini  mampu menghibur dan mengedukasi semua yang hadir  khusus mengenai 4 pilar kebangsaan.  Semoga pandemi Covid 19 segera lenyap dari NKRI sehingga acara serupa bisa digelar kembali dengan lebih meriah dan lebih banyak peserta yang ikut berpartisipasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here