PERBEDAAN FUTSAL DAN MINI SOCCER

0
13
Spread the love

Oleh Bambang Wibowo, S.Pd.
SMKN 1 Cikalongkulon

Masih ingatkan Anda dengan istilah “Mens sana in corpore sanno” dari bahasa Latin yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Istilah itu artinya selain jiwa yang sehat badan kita juga harus sehat supaya seimbang. Salah satu cara untuk tubuh yang sehat adalah dengan berolah raga. Namun, sayang sekali masih banyak yang tidak menyadari pentingnya olah raga karena kesibukkan bekerja.

Penulis merasa beruntung karena di tempat kerja penulis yaitu SMKN 1 Cikalongkulon terdapat club olah raga mini soccer sehingga kami yang tergabung dalam klub ini rutin melakukan olah raga. Kepala SMKN 1 Cikalongkulon, Undang Iman Santosa, S.Tp., M.M.MPd., merupakan salah satu pemrakarsa kegiatan olah raga ini. Kami selalu rutin melakukan olah raga permainan ini setiap hari Sabtu. Di Cianjur terdapat beberapa lapangan futsal dan mini soccer yang bisa disewa. Kami lebih menyukai permainan mini soccer daripada futsal. Futsal adalah futbol sala dan mini soccer adalah sepakbola mini atau kecil. Sebagian orang awam menganggapnya sama antara kedua olah raga tersebut. Futsal lebih awal dikenal daripada sepak bola mini. Tahun 2002 futsal mulai dikenal di kalangan anak muda sedangkan mini soccer baru dikenal empat tahun terakhir

Lalu apakah perbedaan futsal dan mini soccer? Dikutip dari https://www.skor.id/nusantara/mengenal-perbedaan-olahraga-futsal-mini-soccer-01361074, inilah perbedaan kedua olah raga permainan tersebut:

1. Ukuran lapangan

Futsal dan mini soccer mempunyai ukuran lapangan yang berbeda. Futsal memiliki ukuran panjang lapangan 25–42-meter dan lebar 15×25 meter. Berbeda dengan futsal, mini soccer memiliki panjang dan lebar lapangan 12,5×25 meter.

2. Jenis lapangan

Lapangan futsal dasarnya biasanya terbuat dari karet, kayu, plastik, rumput sintetis ataupun semen untuk lapangan biasa sedangkan mini soccer pada umumnya dasar lapangannya terbuat dari rumput asli seperti lapangan sepak bola atau rumput sintetis.

3. Ukuran dan berat bola

Futsal memiliki bola dengan nomor 4 dengan berat 400-440 gram. Sementara itu, mini soccer memiliki ukuran bola nomor 5 dan beratnya 410-450 gram.

4. Jumlah pemain dan aturannya

Jumlah pemain futsal adalah 5 orang melawan 5 orang sedangkan mini soccer adalah 7 orang melawan 7 orang atau 9 orang melawan 9 orang. Dalam permainan futsal ketika offside maka bola harus ditendang sedangkan dalam mini soccer sama seperti sepak bola yaitu bolanya dilempar. Permainan futsal dalam satu babak dimainkan selama 20 menit, sedangkan mini soccer selama 45 menit.

Futsal dan mini soccer memiliki federasi olah raga yang berbeda di Indonesia. Futsal lebih dikenal lebih awal daripada mini soccer yaitu sekita tahun 2002. Futsal memiliki FFI (Federasi Futsal Indonesia) sedangkan mini soccer memiliki FSMI (Federasi Sepak Bola Mini Indonesia). Baik futsal ataupun mini soccer sama-sama olah raga permainan yang membutuhkan kekompakan tim. Tidak ada yang lebih kuat atau handal yang dibutuhkan adalah kerjasama yang baik seperti sama halnya dalam sebuah tim bekerja di tempat kami bekerja. Keberhasilan suatu kelompok itu karena adanya super team bukan karena superman, artinya tidak ada orang yang kuat tapi adanya tim yang kuat yang membuat kelompok tersebut berhasil dan sejalan. Melakukan olah raga mini soccer ini secara rutin selain bermanfaat membuat tubuh sehat juga mempererat tali persaudaraan sesama keluarga besar SMKN 1 Cikalongkulon. Selain itu juga bisa mempererat tali silaturahmi dengan beberapa sekolah tingkat SMK/SMA di Kabupaten Cianjur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here