Spread the love

Oleh Ai Ratnasari
Guru SMK Negeri 1 Cikalongkulon

Pengalaman adalah guru yang paling berharga mungkin peribahasa tersebut adalah episode yang telah penulis alami. Semenjak virus corona memberikan warna lain dalam sketsa kehidupan manusia kebiasaan baru pun seakan mengajak bersahabat. Hal-hal yang awalnya tak terpikirkan oleh kita akan menjadi pemandu di sebuah acara webinar online pun penulis melakoni. Berawal dari sebuah komunitas literasi di sekolah membawa penulis untuk pertama kalinya dipercaya menjadi seorang moderator. Hal pertama yang penulis rasakan saat itu adalah aura kegamangan menyeringai. Ya, betapa tidak perasaan was-was, tidak percaya diri alias tidak PD pun menyerang bak virus seketika membius raga. Namun, penulis ketika itu berpikir penuh bahwa dalam hidup belum tentu kita akan mendapatkan kesempatan untuk yang kedua kalinya. Atas dasar keyakinan itu bahwa apapun yang mampir dalam hidup kita jadikan ini sebuah kesempatan dan sikap bijaksana adalah jalani apa yangada di depan mata. Why? Karena belum tentu kesempatan kedua memberikan tawaran yang sama dan ambilah peluang ini dengan sebuah keyakinan bahwa kita pasti bisa. Pada
kesempatan ini, penulis ingin berbagi tips and trik bagaimana menjadi moderator bagi pemula.

Sekitar sebulan yang lalu tepatnya tanggal 16 sampai 17 Januari 2021 sebuah acara workshop secara virtual selama dua hari yaitu penulis memandu acara sebagai moderator itu untuk yang pertama kali. Segala hal apapun itu apabila sesuatu yang baru tentunya akan memberi kesan bingung, takut, nerveus, dan bahkan tidak ada selera makan. Itulah fakta yang real yang penulis alami. Apabila kalian mengalami hal yang sama dalam arti dihadapkan pada sesuatu yang baru yang harus kalian lakukan adalah hadapi, jalani dan jangan lupa belajar. Kita semua tahu segala sesuatu itu akan mudah apabila bukan hal yang asing, maka dari itu belajar adalah wajib kemudian mempelajarinya agar kata mahir menjadi predikat yang melekat pada diri siapa pun yang mau belajar. Apa saja yang harus kita lakukan apabila kesempatan menjadi moderator ditawarkan pada kita!.

Berikut akan penulis paparkan berpedoman dari pengalaman penulis menjadi moderator untuk pertama kalinya. Beberapa hal harus jadi perhatian sehingga saat memandu acara semua sesuai dengan harapan yaitu berjalan lancer dan menuai sukses.

hal pertama yang penulis lakukan adalah meyakinkan diri. Kalau kita bisa menjadi moderator. Caranya bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri itu. Tips-nya yakni berdamailah dengan diri kalian sendiri dan katakan saya pasti bisa, orang lain bisa saya pun bisa. Memiliki keyakinan itu akan membuat semangat kita bertambah paling tidak ketakutan yang dirasakan perlahan menghilang dan berubah menjadi sebuah motivasi untuk mencoba hal baru dan mempelajarinya sampai kita merasa siap untuk tampil. Trik-nya mencari referensi untuk belajar tentang bagaimana menjadi moderator pada acara webinar.

Setelah keyakinan kita miliki hal kedua yaitu cari ilmu di google atau youtube karena saat ini akses yang paling mudah adalah berselancar di internet. Bohong kalau kita bisa tanpa melihat bagaimana orang lain saat tampil menjadi moderator. Tips-nya Dengan menonton video tutorial akan ada gambaran saat kita tampil di depan banyak orang. Hal lain pun dapat kalian tempuh yaitu bertanya pada orang yang memiliki pengalaman pernah menjadi moderator bisa menjadi rujukan/referensi. Trik-nya merekam suara sendiri untuk kemudian dicari hal-hal yang kurang dan diperbaiki.

ketiga lakukan kenali pokok bahasan. Mencari tahu tentang pokok bahasan adalah hal yang sangat penting harus dilakukan tanpa persiapan mustahil kita dapat membawakan acara dengan baik. Pada saat panitia acara memberikan pokok bahasan yang akan dijadukan topic dalam sebuah webinar. Tips-nya cari informasi tentang pokok bahasan tersebut dari berbagai sumber karena menguasai materi yang akan dibahas adalah hal yang paling esensial dan seorang moderator harus memiliki sikap kepo. Trik-nya tulislah pokok bahasan itu pada secarik kertas kemudian baca berulang-ulang ini sangat membantu dalam hal ini seorang moderator terlihat piawai dan memahami materi yang dibahas hal ini akan menarik perhatian audiens.

keempat menghubungi Narasumber apapun caranya kita wajib mengenal tentang latar belakang yang akan menjadi narasumber pada webinar itu yang paling mudah kita mintacuricukum vitae-nya. Hal tersebut dilakukan agar pada saat tanya jawab kita terlihat akrab seperti sudah lama mengenal padahal sebelumnya belum pernah bertemu hal ini untuk menghindari kekakuan dengan mengenal narasumber kita akan mudah mencairkan suasana. Tips-nya ketahui tentang narasumber misalnya prestasi yang dimiliki narasumber hal ini akan menjadi menarik saat diskusi karena audiens akan memusatkan perhatiannya saat sesi diskusi yang moderator memuji atau pun mengungkapkan hal yang luar biasa tentang karya yang dimiliki narasumber. Trik-nya ungkapkan kebiasaan positif sang narasumber hal ini agar member kesan bahwa pemateri webinar yang kita pandu seorang yang patut menjadi teladan sehingga audiens terhipnotis untuk menyimak saat sesi tanya jawab.

kelima latihan dan latihan bercermin dari pengalaman yang penulis lakukan adalah latihan dan latihan. Menyadari kita akan jadi aktris dalam sebuah webinar yang gerak gerik kita akan menjadi perhatian banyak orang menuntut kita untuk tampil percaya diri tanpa latihan kita hanya akan membuat acara webinar kita tidak berkesan dan alakadarnya. Nah, kita tidak menginginkan hal itu terjadi makanya, tips-nya mempelajari hal-hal yang harus dan tidak harus dilakukan saat webinar berlangsung. Trik-nya latihan no bosan-bosan.

keenam siapkan naskah moderator mempersiapkan teks atau naskah moderator bagi pemula itu musti jadi perhatian. Hal itu untuk menghindari saat kita blank dan dengan persiapkan naskah yang kita susun akan memberikan kita kemudahan sehingga kita tidak terlihat bingung mau bicara apa. Tips-nya artinya penulis menyiapkan susunan acara yang penulis tulis dari awal sampai akhir hal itu untuk menghindari lupa selanjutnya apa lagi susunannya dengan ditulis kita dapat terhindar dari lupa. Trik-nya simpan naskah yang kita tulis itu kita temple di laptop kita sehingga tidak akan nada yang dapat melihat bahwa kita membacanya.

ketujuh persiapkan hal-hal teknis laptop cadangan, quota, isi full baterai dan modem. Tipsnya pastikan semua kemungkinan yang akan terjadi trouble sudah diantisipasi. Trik-nya semua perangkat pendukung seperti: laptop/HP cadangan, modem, quota, casan dll berada di sekitar kita agar apabila tejadi hal-hal teknis dapat segera diatasi.

Demikian tips and trik yang dapat dijadikan rujukan untuk menjadi moderator bagi pemula. Jangan pernah menyerah apabila kita belum mencobanya. Mulailah melangkah agar kita tahu bahwa kita memiliki keberanian yang sebelumnya tidak pernah kita bayangkan. Dengan memulainya kita akan mencoba-dan mencoba hal lain yang akan membuat kita semakin memiliki keberanian untuk mencoba hal yang baru karena untuk sukses kita harus memiliki keberanian. Selamat mencoba dan bagikan pengalaman Anda agar banyak orang yang dapat mengambil manfaat dari ilmu yang kita punya dari pengalaman kita yang berharga. Sekecil apapun ilmu yang kita miliki ada manfaat yang dapat orang lain aplikasikan. Hal itu sangat bernilai ibadah bagi kita semua. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here