PENDIDIKAN KARAKTER SISWA FONDASI KUAT ERA 4.0 MENUJU 5.0

0
242
Spread the love

Oleh: Edi Gunawan, S.Pd., M.Pd ( Kepala Sekolah SMKN PP Lembang)

Dalam era 4.0 revolusi industri dan menyongsong geliat 5.0 untuk ranahpendidikan adalah sesuatu pekerjaan rumah yang harus segera di tunaikan dan tuntaskan, tuntutan jaman yang cepat berubah menjadi era digital sungguh sebuah chalange buat manusia di bumi ini, bergerak terus untuk bersaing meningkatkan pengetahuan tentang dunia digital yang tumbuh dengan cepat di peradaban sekarang ini, soft skill harus terus tumbuh mengimbangi peradaban yang begitu dinamis.

Sebagai penggiat pendidikan dan sekaligus praktisi pendidikan ini adalah pekerjaan rumah yang harus segera di implementasi dengan ritme yang cepat, peradaban manusia tidak terlepas daripada manusia itu sendiri mempunyai sifat yang berbeda beda ada karakter yang berbeda di setiap sifat manusia. Perilaku. Perilaku terbagi dua baik dan buruk, arah mana yang harus kita tempuh, tentu saja baik, ini adalah pekerjaan kita sebagai para pendidikan untuk membentuk sipat manusia yang much better ( lebih baik). Menjadi be good character students.

Ikhtiar kita sebagai penggiat di bidang pendidikan tentu saja menjadi pr yang lebih berat dengan tantangan dunia global dengan sistem digital technology yang setiap detik informasi dari segala arah dengan cepat sampe ke kita melalui perangkat komunikasi kita yaitu handphone. Informasi yang tumpah ruah informasi baik dan buruk yang bisa mencuci otak kita semua.

Dengan ikhtiar kita mem filter semua informasi dan diambil yang baiknya. Adalah tugas kita sebagai para pendidikan. Tentu saja upaya mem filter itu. Kita memberikan berbagai cara untuk membendung paham negatip efek dari sosmed.

Secara umum fungsi dari pendidikan karakter di sekolah ahlak untuk membentuk karakter dan kepribadian. Dimulai dari sejak dini sekolah paud, TK. Sekolah dasar, menengah. Pendidikan religius bisa di kedepankan sebagai fondasi dasar pembetukan aklak .dengan pembentukan karakter lebih awal.kita sebagai pendidik dan orang tua tidak akan menemui batu sandungan melawan paham global yang negatif dari deras nya serangan dunia digital melalui sosial media yang berseliweran 24 jam penuh di kehidupan keseharian kita.yang harus kita filter informasi digital sosmed yang memuat paham positif yang sesuai dengan kultur kita sebagai orang timur dengan budaya Indonesia .penanaman pendidikan karakter sejak dini akan menghasilkan product sumber daya manusia yang mampu bersaing baik dapat bersaing dengan kompetitor lain . Sdm yang mumpuni secara ahklak dan skill dalam mengarungi zamannya 4.0 . Tuntutan yang harus di siapkan kita sebagai penggiat pendidik.dalam meningkat dan membentuk karakter bagi siswa tentu saja lebih di percepat dimana pendidikan kita mati suri selama 2 tahun karena di jegal wabah pandemi covid-19. Ritme percepatan penduduk karakter tentu saja harus secara gerak cepat di regrow up kembali dengan itu pendidikan karakter siswa tetap terjaga. Tentu saja bagi pegiat pendidik ini adalah pekerjaan rumah yang harus segera di tuntaskan secara berkelanjutan karena dunia era 4.0 menuju 5.0 dapat secara mudah kita arungi dalam berkompetisi dengan dunia global .titik pencapaian karakter unggul dapat terlihat siswa sebagai sdm mampu menunjukan akhlak baik dan kompetensi yang mumpuni. Menjadi sdm yang unggul lahir bathin.

( egunelzio, Cimareme 14 Januari 2022)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here