PELATIHAN INSTALASI PERANGKAT WIRELESS DAN MICROWAVE UNTUK GURU KEJURUAN SMK TAHAP 3

0
68
Spread the love

Oleh Risna Ferdiani Setia, M. Kom.
( Guru Produktif TKJ SMKN 1 Cikalongkulon)

Pelatihan Instalasi Perangkat Wireless dan Microwave Untuk Guru Kejuruan SMK Tahap 3 periode 24 s.d 29 Oktober 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kementrian dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri  (Mitras DUDI) bekerja sama dengan Huawei Tech Investment. Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru SMK di bidang Wireless dan Microwave dalam rangka penyiapan peserta didik untuk dapat berkontribusi di era industri 4.0 terutama dalam bidang Wireless dan Microwave. Pelatihan Instalasi Perangkat Wireless dan Microwave Untuk Guru Kejuruan SMK Tahap 3 diselenggarakan secara tatap muka dengan pendekatan presentasi materi oleh narasumber, diskusi dan tanya jawab, praktik dan asessmen. Peserta pelatihan sebanyak 22 orang Guru Kejuruan dari SMK Pusat Keunggulan Tahun 2021 yang mengajar pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Elektronika Industri, dan Sistem Informasi, Jaringan dan Aplikasi, diantaranya :

  1. SMKN 1 Bener Meriah
  2. SMKN Bali Mandara
  3. SMKN 3 Tabanan
  4. SMKN 5 Kabupaten Tanggerang
  5. SMKN 1 Cilegon
  6. SMKN 3 Seluma
  7. SMKS Muhamadiyah 1 Yogyakarta
  8. SMKN 1 Cikalongkulon
  9. SMKS Manbaul Ulum
  10. SMKN 1 Sindang
  11. SMKS PGRI 2 Taman
  12. SMKN 1 Banggil
  13. SMKN 2 Banjarmasin
  14. SMKN 5 Samarinda
  15. SMKN 1 Tanjungpandan
  16. SMKN 1 Gedong Tataan
  17. SMKN 1 Kupang
  18. SMKS Modelink Mubarakah Kabupaten Sorong
  19. SMKN 3 Sorong
  20. SMKN 1 Toraja Utara
  21. SMKN 2 Doloksanggul
  22. SMKN 9 Medan

Hari pertama tanggal 24 Oktober 2021 para peserta melakukan registrasi terlebih dahulu dengan Panitia dari pihak kementrian (MITRAS) di Hotel IBIS STYLE Simatupang yang sekaligus melakukan Check In di hotel tersebut dari tanggal 24 s.d 29 Oktober 2021.

Hari ke-2 tanggal 25 Oktober 2021 peserta yang berjumlah 22 orang mulai berangkat dari hotel menggunakan Bis yang telah disediakan oleh panitia sekitar pukul 08.00 wib menuju ke Huawei Academic untuk melaksanakan Pelatihan, sekitar 30 menit perjalanan peserta sampai di Huawei Academic dan disambut hangat oleh panitia Huawei serta diarahkan untuk mengisi daftar hadir terlebih dahulu untuk kemudian memasuki ruang Auditorium untuk mengikuti acara pembukaan terlebih dahulu.  Acara pertama jam 09.00 wib Pembukaan Acara Pelatihan Instalasi Perangkat Wireless dan Microwave  Untuk Guru Kejuruan SMK Tahap 3 yang dibuka oleh Bapa Sulistio Mukti Cahyono, SE., MBA. selaku Koordinator bidang Penyelarasan kapasitas SDM vokasi dengan Dunia Kerja.

Setalah coffe break dengan menyantap snack yang disajikan oleh Huawei dan Kementrian kita memasuki ruangan kelas yang selanjutnya langsung menyimak materi tentang Wireless yang dijelaskan langsung oleh Trainer dari Huawei yaitu Bapak Yudi Setiawan. Para peserta sangat antusias dan bersemangat menyimak dan berdiskusi (tanya jawab) mengenai sejarah komunikasi, perangkat BTS. Sampai tanpa terasa waktu menunjukan jam 17.30 yang terpaksa harus mengakhiri pertemuan pelatihan di hari pertama ini.

Hari ke-3 tanggal 26 Oktober 2021 pelatihan hari ke-2 dimulai dari pukul 09.00 wib membahas materi tentang Microwave dengan Trainer Bapa Aep Rukmana yang diikuti oleh 22 peserta, sampai kurang lebih jam 17.00 wib. Hari ke-4 tanggal 27 Oktober 2021 pelatihan hari ke-3 seperti biasa dimulai pukul 09.00 wib dengan membahas materi tentang K3 atau EHS dan Quality dengan Trainer Bapa Halmar dan Bapa Berlian sampai pukul 12.00 wib, jam 13.30 para peserta bersiap melaksanakan praktek di Practical Site area Huawei ASEAN Training Center untuk melakukan Instalasi Wireless dan Microwave dan bekerja di ketinggian dengan di dampingi oleh semua Trainer yaitu Bapa Yudi, Bapa Aep Rukmana, Bapa Hudan, Bapa Dedi Yoszar, Bapa Halmar, Bapa Berlian dan Bapa Apip Paisal B. Kegiatan pelatihan masih sama seperti hari sebelumnya yang diikuti oleh 22 orang peserta.

Hari ke-4 tanggal 28 Oktober 2021 yaitu hari terakhir pelatihan di Huawei, seluruh peserta akan melaksanakan Asessment sebagai penilaian akhir dari rangkaian pelatihan ini tiap peserta mempresentasikan materi yang telah didapatkan selama pelatihan di Huawei. Asessment dilaksanakan dari jam 09.00 wib dengan dibagi 2 kelompok dan 3 orang asessor tiap kelompoknya, kegiatan Asesment berjalan kurang lebih sampai jam 15.00 wib.

Sekitar jam 16.00 wib tidak terasa rangkaian kegiatan sudah sampai di acara Penutupan yang di tutup oleh Bapa Sulistio Mukti Cahyono, SE,. MBA. selaku Koordinator bidang Penyelarasan kapasitas SDM vokasi dengan Dunia Kerja dan penyerahan Plakat Huawei oleh Panitia Huawei kepada masing-masing peserta secara langsung. Kegiatan pelatihan berakhir dengan seperti biasa dengan Foto bersama seluruh peserta dan seluruh panitia. Para peserta kembali ke hotel sekitar pukul 17.00 wib dan langsung menuju ruang panitia untuk pengambilan registrasi.

Hari ke-5 tanggal 29 Oktober 2021 para peserta sudah diizinkan Chekck Out dan kembali pulang ke kampung halaman masing-masing.

Pelatihan Instalasi Perangkat Wireless dan Microwave Untuk Guru SMK Batch 3 sangat bermanfaat khususnya bagi penulis, selain meningkatkan kompetensi juga menambah wawasan dan pertemanan secara pelatihan ini diikuti oleh 22 orang peserta dari seluruh kota di Indonesia dari pulau sumatra jawa bali kalimantan NTT serta Irianjaya. Saya haturkan terimakasih untuk para panitia yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan ini semoga ilmu yang kita dapatkan berkah, silaturahmi kita tetap terjaga, dan mudah-mudahan kita bertemu kembali dalam kegiatan yang diberkahi Allah AWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here