Move On Yuu

0
48
Spread the love

Syifa Aryati Fauziyyah, S.Psi.
Guru SMKN 1 Cikalongkulon

Ketika ada di situasi yang sudah merasa sangat nyaman, sampai jadi malas atau bahkan takut mencoba hal-hal baru. Kondisi seperti ini biasa juga di sebut  “comfort zone” atau zona nyaman. Sebagai makhluk hidup tentu kita akan menyukai atau mengejar hal yang namanya kenyamanan. Tapi faktanya zona nyaman ini bisa jadi boomerang untuk diri sendiri. Contohnya kalau kita terlalu nyaman untuk rebahan, maka akan membuat kita malas dan akhirnya banyak pekerjan yang tertunda.

Memang menyenangkan melakukan sesuatu ketika berada di zona nyaman, ada juga hal positif  dari zona nyaman tapi terkadang  membuat kita susah keluar dari zona nyaman tersebut. Sebenarnya hal apa sih yang bikin kita susah keluar dari zona nyaman? Pertama, adanyarasa aman, rasa nyaman, dan terlindungi dari ancaman, yang membuat kita terus merasa nyaman berada di zona itu. Kedua, merasa terhindar dari kecemasan dan stress, karena sudah merasa nyaman dan selalu merasa hal ini adalah hal yang diinginkan. Berada di zona nyaman ini kadang membuat kita menjadi lebih santai.

Pasti kita sering mendengar istilah sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bukan? Ya sama hal nya dengan bertahan di zona nyaman. Terus menerus berada di zona nyaman tentu akan menimbulkan dampak buruk. Misalnya kita jadi jalan di tempat, tidak  berkembang bahkan cenderung menyalahkan orang lain kalau ada hal–hal yang tidak sesuai  dengan apa yang kita inginkan. Ketika kita terus menerus berada di zona nyaman kita akan kesulitan melihat keadaan di luar zona nyaman. Padahal dunia ini terus berkembang baik teknologi maupun aspek lainnya, kalau kita terlalu merasa nyaman berada di zona nyaman kita akan ketinggalan zaman. Misalnya kamu masih asyik dengan berkabar menggunakan sms padahal sekarang banyak yang sudah menggunakan Whatsapp, Telegram, Instagram, dll  dengan kebiasaan kamu diam di zona nyaman bisa-bisa kamu banyak tertinggal informasi.

Dengan kamu menghindar terus menerus dari masalah yang berada di luar zona nyaman, akan menimbulkan masalah. Hal ini akan membuat kita menjadi tidak bergerak dan tidak mengikuti perubahan. Perubahan itu terkadang memang sulit , tidak nyaman, membuat kita jadi stress, karena ketakutan–ketakutan akan hal yang akan terjadi, bahkan kita bisa jadi overthinking terus menerus karena takut merasa gagal. Sejatinya perubahan itu pasti terjadi, kita butuh keberanian untuk menghadapi tantangan, dengan begitu kita akan mendapatkan hal hal yang baru yang sebelumnya tidak kita dapatkan bila tidak  mau beranjak dari zona nyaman.

Kita akan merasa nyaman berapa lama lagi? Sampai kapan kita akan terus merasa nyaman? Manusia diciptakan untuk berproses kita memiliki kebutuhan psikologis yang nyata berkembang dan memiliki kesempatan. Kita pasti pernah merasa tidak nyaman tapi tidak tahu mengapa. Nah, sebenarnya itu bisa terjadi karena mungkin kebutuhan psikologis yang tidak terpenuhi, kita merasa sulit untuk keluar dari keadaan tersebut dibandingkan dengan orang-orang yang memang sudah terbiasa mendobrak zona nyaman. Perubahan yang mendadak bisa membuat kita kewalahan. Sederhananya kita hanya punya plan  A dan tidak mempersiapkan plan B , plan C jika plan A gagal ya sudah kita akan pusing sendiri, kita juga akan banyak tertinggal dari kesempatan–kesempatan untuk mengembangkan diri. Melakukan hal yang sama terus menerus tidak akan selamanya membuat kita  meningkatkan keahlian kita di bidang itu, terutama kalau kita sudah merasa terlalu nyaman, jadinya kita tidak improving, kita butuh sudut pandang lain untuk mengembangkan diri apa yang kita tekuni selama ini, dan kadang-kadang keluar dari zona nyaman memang tidak mudah, kita harus berani mengambil resiko memulai hal baru yang mungkin awalnya menakutkan, perlahan berjalannya waktu bisa masuk ke zona nyaman kita.

Berani keluar dari zona nyaman itu bukan berarti nekad atau melakukan hal yang berbeda 180° dari kamu yang sekarang, tapi berani menghadapi ketakutan kita pelan-pelan itulah sebenarnya keluar dari zona nyaman sampai kita menemukan satu hal positif yang berada di luar zona nyaman kita yang mungkin tadinya tidak terbayangkan sama sekali. Minimal kamu bisa memperluas zona nyaman kamu.

Tips menghadapi rasa takut

  1. Kenali hal yang membuat takut
  2. Menuliskan cara menghadapinya
  3. Bandingkan keuntungan dan kerugian yang akan didapat
  4. Tanamkan pada diri sendiri bahwa kegagalan bukanlah sebuah kesalahan
  5. Mulailah dengan langkah kecil

“Berubah memang sulit, tapi akan lebih sulit lagi hidup tanpa perubahan”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here