MENULIS MUSHAF AL-QUR’AN

0
86
Spread the love

Oleh NINA ANIATI
(Peserta Didik XII ATPH 2, SMKN 1 Cikalongkulon)

Dengan adanya program baru Jabar, siswa-siswi di Jawa Barat menulis Mushaf Al-Qur’an dengan serentak, bertepatan dengan peringatan Nuzulul Qur’an yaitu jatuh pada tanggal 29 April 2021, 17 Ramadhan. Di antaranya SMK dan SMA yang berada di kabupaten Cianjur.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian program Milenial Smart Tren Ramadan Virtual Tahun 2021. Tujuan kegiatan tersebut guna menumbuhkan kecintaan siswa kepada Al-Qur’an dan bertumbuh sebagai generasi qurani.

“Ini adalah inovasi yang Disdik Jabar lakukan sebab tahun-tahun sebelumnya belum pernah dilaksanakan,” ujar Kadisdik. Melalui kegiatan ini, Kadisdik berharap para siswa muslim di Jabar mampu belajar dan biasa menulis serta membaca Al-Qur’an dengan lancar.

SMKN 1 Cikalongkulon juga ikut berpartisipasi atas program tersebut. Dengan, perwakilan setiap kelasnya dari mulai kelas X-XII, mengikuti menulis mushaf Al-Qur’an dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Dibimbing dan dipantau oleh wali kelas agar tetap tertib.

Setiap kelas mengirimkan 6-7 orang siswa, pada saat pelaksanaan nya juga dibagi lagi menjadi 3 sesi. Semua perlengkapan untuk menulis mushaf Al-Qur’an sudah disiapkan oleh pihak sekolah. Semua berjalan dengan tertib dan lancar meskipun waktunya hanya satu hari.

Menulis mushaf Al-qur’an juga merupakan salah satu bentuk literasi, maka dari itu Bapak Kepala SMKN 1 Cikalongkulon yakni Bapak Undang Iman Santosa STP,M.MP sangat mengapresiasi sekali program tersebut.

Kegiatan tersebut merupakan kunci untuk menjadi siswa siswi Jabar yang Agamis, mampu menulis dan membaca Al-qur’an dengan baik dan benar, bahwannya : Khoirukum man taalamal qur’ana wa’alamahu : Sebaik-baiknya kalian adalah yang belajar al-qu’an dan mengajarkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here