Spread the love

Oleh Yeni Ekawati
(SMP Negeri 4 Kota Bogor)

Berawal dari rasa penasaran pada tempat yang sedang viral di kota Bogor. Katanya, Tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit yang menarik dan jangan sampai dilewatkan jika sedang berada di kota Bogor. Tempat ini,  kini banyak dikunjungi dan jadi buah bibir. Tempat ini juga  menjadi sorotan banyak wisata dari dalam maupun luar kota Bogor. Keindahan dan panorama alamnya mampu memikat dan menjadi daya tarik untuk dinikmati. Banyak rekan juga kerabat yang sudah menyambangi tempat ini. Dengan berbagai ceritanya menambah rasa penasaran saya untuk datang ke sana dan menyaksikan juga menikmati pesonanya secara langsung, tidak katanya lagi.

Leuweung Geledegan Ecolodge, nama tempat ini. Leuweung Geledegan diambil dari bahasa Sunda yang berarti hutan yang lebat. Leuweung Geledegan Ecolodge merupakan sebuah resort yang memiliki keindahan alam dengan udara yang sejuk  menyegarkan. Pesona alamnya mampu membuat mata tak jemu untuk terus memandangi keindahannya. Rasanya ingin berlama-lama menghirup udara sejuk sambil memandangi Gunung Salak yang bertengger gagah dari dekat.

Foto koleksi pribadi

Begitu sampai di tempat ini, saya seolah disapa lembut sepoyan angin yang berhembus menyambut kedatangan saya. Melewati jalan berhiaskan pohon-pohon disisi kanan kiri, seakan nyata kita sedang berada di hutan. Kemudian, sampailah saya pada pemandangan yang menggoda mata. Hamparan kolam renang biru mengoda mata untuk segera mendekat dan menikmati dinginnya air kolam. Lobby, café, dan tempat lainnya satu-satu mulai terjelajah oleh mata ini. Istirahat sejenak sambil menikmati minuman dingin yang disajikan. Tak bisa berkata-kata, hanya ucapan syukur alhamdulillah, Allah memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat kembali menikmati karuniaNya. Pencipta langit dan bumi beserta isinya. Masyallah, segala puji hanya untukMu ya Rabb. Selesai rehat sejenak, saya melanjutkan penjelajahan saya menikmati seluruh pesona alam yang disajikan. Berjalan turun ke sebelah kanan kolam terlihat restoran dengan desaign yang mewah. Terlihat beberapa orang sedang menikmati sajian yang ditawarkan di restoran ini. Di restoran ini disajikan aneka menu makanan dan minuman khas Sunda, seperti kue putu, kue balok, bandros, bajigur, sekoteng, bandrek, dan juga makanan – minuman lain yang memiliki rasa yang nikmat tentunya. Sayang kalau tidak dicicpi. Dari restaurant, saya berjalan menimati pemandangan di depan mata. Pohon-pohon rindang, bunga-bunga hias yang cantik, tanaman buah-buahan yang unik, juga bangunan glamping untuk para tamu resort yang menginap. Glamping bentuknya unik namun sepertinya nyaman untuk para pengunjung menikmati suasana bermalam di tempat ini.

Selain itu, resort ini juga banyak menyajikan aktiivitas seru dan menarik. Selain berenang, kegiatan lain seperti menonton layar lebar, menikmati masakan khas Sunda, naik perahu, out bond, dan lainnya. Adapun untuk biaya menginap dan lain-lain saya tidak sempat bertanya tapi kalau penasaran boleh ko langsung datang dan tanya sendiri ya. Yang pasti pada saat saya masuk saya hanya diminta membayar tiket 40 ribu dan bukti tiketnya bisa ditukar dengan minuman dingin yang telah disediakan di café resort.

Untuk yang mau tahu letak pasti lokasinya, ini ya. Resort Leuweung Geledegan berada di kawasan kaki Gunung Salak dengan ketinggian mencapai 740 mdpl. Lokasi resort terletak di daerah Tamansari, kecamatan Tamansari Bogor, Jawa Barat. Jika dari stasiun Bogor hanya butuh waktu sekitar setengah jam untuk sampai ke lokasi ini. Tapi jika dari pintu tol Jagorawi atau terminal baranangsiang dibutuhkan waktu maksimal sampai satu jam untuk sampai ke tempat ini. Tapi jarak bukanlah masalah, karena sesampainya di resort ini semua lelah akan terbayar tunai oleh  pesona alamnya.

Penasaran?

Yuk, ameng ka Bogor!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here