Mengenal Hidroponik dalam Kulkas

0
128
Spread the love

Oleh
Parida, SP (Guru Produktif ATPH SMKN 1 Cikalongkulon)

Pandemi Covid-19  belum tahu kapan berakhir, tentunya kondisi ini membuat kita melakukan aktivitas tidak bisa sepenuhnya di luar rumah, dan membuat suasana di rumah menjadi sangat membosankan. Kita  bisa mengisi kesibukan di rumah dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan positif. Menjalani hobi adalah salah satu kegiatan yang baik dan kita bisa meluangkan waktu selama di rumah dengan mencoba menanam tanaman dengan metode hidroponik.

Ada berbagai macam metode hidroponik yang sudah kita kenal dari mulai yang paling sederhana sampai dengan metode dengan teknologi diantaranya ada sistem wick, sistem Deep water Culture, sistem aeroponik, sistem drip, sintem EBB dan Flow, sistem Nutrient Film, metode Bubbleponic, atau Fertigasi. Salah satu metode hidroponik yang mungkin belum kita kenal adalah metode hidroponik dalam kulkas. 

Metode hidroponik dalam kulkas bisa diterapkan untuk menumbuhkan tanaman subtropis, atau tanaman yang biasa hidup di suhu rendah agar bisa bertahan di luar habitat. Tanaman sub tropis atau sering dijuluki ice plant ini memilki dua jenis yaitu Mesembryanthenum crystallinum dan Delosperma cooperi. Keduanya berhabitat asli di Afika Selatan.  

Metode ini menggunakan kulkas tiga pintu kaca tembus pandang. Bagimana tumbuhan iceplant bisa berfotosintesis dalam kulkas? Lemari pendingin ini dilengkapi dengan lampu light emitting diode (LED) yang memancarkan cahaya putih sebagai pengganti sinar matahari. Lampu LED memancarkan sinar inframerah dan ultraviolet. Sinar inframerah untuk mendukung  pertumbuhan vegetatif tanaman, sedangkan ultraviolet untuk mendukung pertumbuhan generatifnya.

Lantas bagaimana cara budidaya hidroponik dalam kulkas ini? Pada masa perkecambahan biji sayuran dikecambahan dalam potongan rockcwool berukuran 3 x 3 cm yang disimpan dalam tray yamg diletakkan dalam wadah yag sudah dipasang penampung air. Air akan meresap kedalam rockwool sehingga media akan selalu lembab. Setelah tujuh hari biji sayuran ice plant tersebut akan berkecambah. Kemudian setelah 4-6 helai daun, bibit dipindahkan beserta medianya ke rak bagian tengah kulkas yang tedapat talang berlubang tempat meletakkan bibit berjarak 15 x 15 cm. Akar tanaman yang menembus rokwool akan merendam larutan nutrisi bawah talang. Kebutuhan nutrisi dialirkan dengan cara vertical culture, dimana pada bagian rak tengah kulkas terdiri atas tiga tingkat.

hidroponik dalam kulkas untuk tanaman subtopis
benih berkecambah setekah tujuh hari
pembesaran selama 10-15 hari
masing masing tingkat mempunyai lampu LED untuk pengganti sinar matahari
siap panen umur 40-45 hari
ice plant siap dihidangkangkan sebagai bahan salad

Setelah pemeliharaan di rak dengan suhu 15°C selama 10-15 hari tanaman ice plant ini siap dipanen. Tandanya daun sudah menjalar 10-15 cm dan lebar daun 1-2 cm.  Dari persemaian sampai dengan panen membutuhkan waktu 40-45 hari. Dan tanaman ini siap digunakan untuk bahan salad.

Untuk kebutuhan nutrisi ice plant ini menggunakan nutrisi standar campuran yaitu A dan B. Nutrisi kemudian dicampurkan dalam drum kecil (ukuran 25 liter). Dari bak penampungan nutrisi mengalir ke atas dengan bantuan pompa submersible berdaya 15 watt. Nutrisi ini diberikan sesuai umur tanaman. Di lemari pendingin ini larutan  nutrisi akan mengalir ke rak paling atas lalu melepaskan di wadah. Tinggi larutan 3cm cukup untuk merendam bagian dasar pembibitan. Bila lebih dari 3m air akan mengalir turun ke rak dibawahnya dan seterusnya. Kemudian akan turun lagi ke dalam nutrisi dalam drum penampungan yang akan ditarik lagi oleh pompa ke atas rak, begitu seterusnya.

Demikianlah  teknik menanam hidroponik dalam kulkas. Apakah kalian tertarik? Bagi yang tertarik silahkan bisa mencoba memodifikasi kulkas tembus pandang dengan sistem aliran nutrisi secara vertikal. Dan kita bisa mencoba menumbuhkan tidak hanya jenis tanaman ice plant. Tapi berbagai jenis tanaman yang biasa tumbuh di dataran tinggi ditumbuhkan di dataran rendah dengan metode ini. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here