MEMBANGUN JIWA SISWA YANG CERDAS
DENGAN 10 MENIT MEMBACA AYAT AL-QURAN
SEBELUM PEMBELAJARAN LAIN

0
88
Spread the love

Oleh Wandi Suandi
Guru SMKN 1 Cikalongkulon

Assalamualaikum Wr. Wb.

Cara mengajak siswa dalam membiasakan diri untuk membaca Al-Quran yaitu :

  1. Paksa dengan halus mereka  untuk menyadari dirinya sendiri dalam membuka hatinya pada sebuah keimanan
  2. Paksa dengan halus mereka berwudhu dalam keadaan suci ketika memegang Al-Quran
  3. Paksa dengan halus mereka berdoa sebelum membaca Al-Quran agar mendapat berekah  dan karohmah
  4. Paksa dengan halus mereka membaca ayat demi ayat dan dituntun dengan benar bacaanya sesuai makhrijul hurufnya.
  5. Perhaikan satu persatu siswa dalam membacanya
  6. Lakukan setiap waktu untuk kelancaran dalam membacanya

Kecerdasan merupakan kemampuan atau kapasitas mental dalam berpikir sesuatu dan melakukan tindakan yang adaptif.   Dan Al Quran tak lain berisikan wahyu yang diterima Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT secara langsung dan berangsur-angsur. Pada dasarnya, Al Quran terdiri atas 30 juz, 114 surat, dan 6.236 ayat. Serta Al Quran memiliki keistimewaan yang luar biasa. Hal ini pun menandakan bahwa Al Quran menjadi salah satu kitab suci yang mudah untuk dihafalkan manusia. Demikian pula hal tersebut menjadi bukti bahwa dengan membacanya, maka dapat meningkatkan kecerdasan manusia. Dengan keistimaan bahwa Al-Quran adalah wahyu dari Allah SWT yang merupakan Nur/Cahaya segalanya, maka siapapun yang membacanya akan mendapatkan cahaya segalanya dari Allah SWT. Tak hanya itu, membaca Al Quran pun juga dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan spiritual manusia. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat membaca Al Quran untuk kecerdasan manusia. Tak hanya itu, membaca Al Quran pun juga dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan spiritual manusia. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat membaca Al Quran untuk kecerdasan manusia

Pertama, manfaat membaca Al Quran untuk kecerdasan manusia memang cukup terbukti. Terlebih bagi siapa saja yang rajin membaca Al Quran.Mereka akan cenderung mendapatkan daya ingat dan ketahanan dalam berpikir yang lebih kuat. Para penghafal Al Quran (hafidzh) bukan tidak mendapatkan rintangan selama belajar serta menghafal Al Quran. Para penghafal Al Quran tersebut memang banyak memperoleh hambatan selama belajar. Namun, membaca lafal Al Quran secara terus-menerus akan membuat mereka senantiasa terbiasa untuk selalu memiliki ingatan kuat. Tak hanya itu, membaca Al Quran pun juga dapat meningkatkan daya konsentrasi. Terlebih saat membaca ayat-ayat suci dengan melantunkannya secara lantang dan tegas. Maka dari itu, dianjurkan dan paksakan bagi setiap umat Islam supaya membiasakan diri untuk membaca Al Quran selama 10 hingga 15 menit setiap hari. Hal itu tak lain untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi agar selalu terjaga. Juga secara terus menerus dapat memberikan yang terbaik buat kehidupan dunia dan akhirat. Serta dengan membaca Al Quran akan memancarkan cahayanya terhadap ilmu-ilmu yang lain.

Mudah-mudahan apa yang disampaikan dapat bermanfaat, terutama buat saya sendiri dan umumnya buat kita semua umat islam. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Wassalummualikum Wr. Wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here