MEMANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH DENGAN MENANAM SI MUNGIL OKRA

0
89
Spread the love

Oleh Ninin Widowati Istiningtyas, S.P
(Guru Produktif SMKN SPP Tasikmalaya)

Jarang yang tahu apakah  tanaman okra itu ? Ternyata tanaman okra itu berasal dari negara Afrika. Dan ternyata justru Negara Jepang yang penduduknya banyak mengkonsumsi  buah okra ini. Okra ternyata merupakan tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan kita . Bagaimana pun, penelitian telah menunjukkan bahwa okra mengandung  antioksidan tinggi  flavonoid seperti beta-karoten, xanthin, dan lutein selain itu kaya serat dan vitamin C.  Kandungan ini akan membantu melindungisangat  tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut, dibetes dan lain-lain

Nah, bagi kalian yang mempunyai pekarangan yang sempit , tanaman okra ini bisa lho untuk dibudidayakan. Selain tidak memakan banyak tempat, khasiatnya pun luar biasa. Budidaya okra juga tergolong mudah dan masih jarang ditemui dipasaran. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu mencoba menanam sayuran berbunga ini dan dijadikan peluang bisnis tanama ini juga dapat bermanfaat menyembuhkan kanker.

Nah kita simak aja cara budidayanya , supaya pertumbuhan dan hasil buahnya banyak

Adapun langkah-langkahnya adalah :

  1. Penyiapan Benih , Tahap pertama dalam budidaya okra adalah menyiapkan benih okra. Benih nya ini dapat kita beli di toko-toko  pertanian, atau membuat benih sendiri dari tanaman yang sudah tua dan berbuah. Ingat ya benih diambil dari tanaman yang berbuah leba

2. Penyemaian Benih, Penyemaian dapat dilakukan dengan menanam benih yang sudah kita seleksi dulu ya, yaitu benih yang sehat dan seragam. Kita hanya perlu menyiapkan alat dan bahan seperti polybag, tanah gembur, pupuk kandang, dan air. Kemudian, campurkan media tanam tanah dan pupuk kandang dengan perbandingannya masing-masing 2:1. Jika sudah, isilah media tanam ke dalam polybag hingga terisi ¾ bagiannya. Kamu dapat memasukkan 2 benih okra dalam 1 polybag, jangan lupa menyiram persemaian setiap pagi dan sore hari secara rutin agar terjaga kelembabannya. Bibit okra dari persemaian baru dapat di pindah tanam ke pekarangan bila telah mencapai tinggi 15-20 cm. Dalam pemindahannya harus hati-hati ya, agar akarnya tidak rusak.

  1. Penyiapan lahan

Langkah berikutnya adalah penyiapan lahan. Lahan pekarangan dapat diolah terlebih dahulu supaya  gembur dan tidak keras. Lakukan pembajakan atau pencangkulan dengan cara menggali tanah dan membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar lahan pekarangan agar terhindar dari gulma. Selanjutnya, kita dapat membuat bedengan dengan lebar 90-100 cm, tinggi 30 cm, dan panjang yang bias. Pembuatan bedengan ini dapat mempermudah dalam pemeliharaannya nanti. Lahan untuk penanaman okra sebaiknya tidak terhalang oleh tanaman lainnya agar mendapatkan penyinaran yang baik dan maksimal.

  1. Penanaman okra

Bibit okra dari persemaian dapat kita pindah tanam ke lahan apabila telah memenuhi kriteria, seperti telah tumbuh 3-4 daun . Penanaman tanaman okra  dengan jarak tanam  70 x 80 cm atau 70 x 100 cm sesuaikan dengan ukuran bibit okra. Kemudian, bibit dari polybag kita keluarkan secara perlahan dan bersihkan sedikit tanah yang menempel di akar. Setelah bibit okra dimasukkan, baru timbun kembali lubang tanam menggunakan tanah di bedengan.

  1. Perawatan okra

Untuk perawatannya pun cukup mudah dapat dilakukan dengan cara :

  • Penyiraman rutin sebanyak dua kali sehari yaitu pada waktu pagi hari dan sore hari, agar tanaman terpenuhi kebutuhan akan air
  • Pemupukan dilakukan untuk menjaga dan menambah nutrisi pada tanaman. Pemupukan dilakukan dengan menambah pupuk organic seperti kompos, pupuk hijauan atau pupuk kandang pada tanah atau tanaman.
  • Penyiangan yaitu  membersihkan lahan dari gulma . Hal ini dilakukan agar tanaman okra tersebut dalam pemenuhan haranya tidak harus berkompetisi dengan gulma di sekitarnya.
  • Pengendalian Hama Penyakit Terpadu dilakukan  bila ada  hama pengganggu tanaman okra seperti kutu busuk dan ulat . Pengendalian hama dan penyakit ini dengan memberikan pestisida atau  dapat membuat sendiri dengan larutan sabun

6. Panen Okra, Buah okra dapat dipanen  saat muda ,dengan  ukuran buahnya sekitar 5 hingga 8 cm dan  waktu panen tanaman  okra dapat dilakukan 2 –  3 kali sehari selama beberapa bulan.

  1. Olahan  okra

Okra sama dengan buah lainnya dapat dimakan mentah, tetapi lebih baik dimasak menjadi olahan masakan. Okra mengandung lender, jadi jangan kaget ketika diolah banyak lender yang keluar. Justru lender tersebut baik untuk kesehatan , karena lender tersebut merupakan serat yang tinggi dan  membantu pencernaan. Agar lender tidak keluar terlalu banyak karena mungkin kita tidak terbiasa maka okra tersebut dapat dimasak dengan api kecil..

Nah, ternyata mudahkan? budidaya okra di pekarangan rumah . Selain  dapat dikonsumsi oleh keluarga sendiri ternyata okra juga bisa menambah penghasilan keluarga dan menjanjikan peluang bisnisnya. Kita coba yuk..!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here