Manfaat Praktik Kerja Lapangan

0
164
Spread the love

Oleh : Safa’atun
(Guru SMKN 1 Cikalongkulon)

Sesuai kurikulum di SMK, Praktik Kerja Lapangan (PKL) wajib dilaksanakan. Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi peseta didik SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang dilakukan di dunia usaha atau dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi peseta didik sesuai bidang yang digelutinya.

Pada pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) tentunya perlu persiapan baik dari pihak sekolah seperti survey awal ke dunia industri, penjajakan , menyepakati bentuk kerjasama, pembekalan teknis, pengantaran, monitoring hingga evaluasi. Demikian juga peserta didik yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) perlu persiapan tidak hanya materi tetapi persiapan mental terutama jika tempat PKL ada di luar kota atau tempat PKL tidak memungkinkan untuk dijalankan pulang pergi sehingga harus kost. Peserta didik yang sudah terbiasa hidup terpisah dengan keluarga misalnya tinggal di pesantren akan lebih cepat menyesuaikan diri. Tetapi peserta didik yang biasa tinggal dengan keluarga perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan dituntut mandiri dalam mengurusi kebutuhannya. Hal inilah yang terkadang di awal masa PKL terdapat keluh-kesah peserta didik seperti tidak betah atau tidak nyaman. Padahal jika telah melewati masa itu rata-rata mereka dapat menyelesaikan PKL dengan baik.

Berdasar kasus diatas perlu kiranya peserta didik belajar bagaimana membangun suatu hubungan yaitu hubungan baik antara peerta didik dengan teman-temannya, dan orang-orang sekitarnya. Contoh sikap sederhana untuk membangun hubungan yang baik adalah dengan rendah hati, bertanya dan meminta bimbingan dalam menjalankan tugas praktik tersebut, karena dengan rendah hati diharapkan orang lain akan menjadi sangat terbuka dengan kehadiran peserta PKL. Langkah selanjutnya adalah membekali peserta didik agar bersikap profesional seperti tepat waktu saat hadir, tepat waktu melaksanakan tugas yang telah diberikan, bertanggunjawab atas job desk yang sudah diterima juga berani meminta maaf dan memperbaiki diri jika melakukan kesalahan.

Bagian penting dari PKL adalah menikmati. Tidak ada PKL yang berhasil tanpa menikmati kegiatan tersebut. Setiap kegiatan tentu ada hal-hal yang mengenakkan tetapi ada juga hal yang tidak enak, akan tetapi hal itu hendaknya bukan alasan untuk peserta didik tidak menikmati. Seandainya semua serba nyaman, seperti kost murah, fasilitas lengkap, dapat pulang setiap minggu , pekerjaan tidak berat tentu saja setiap orang bisa, akan tetapi menikmati yang tidak enak ini memerlukan kecerdasan tersendiri.

Keluh-kesah disaat awal pelaksanaan PKL bisa berkurang jika semua pihak yaitu sekolah, orang tua dan peserta didik sendiri mempersiapkannya sejak awal dan memahami bahwa PKL bagian pembelajaran, penempaan diri agar tujuan dari PKL tercapai yaitu untuk meningkatkan mutu peseta didik SMK sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu menjalani pekerjaan sesuai dengan bidangnya dan memasuki dunia kerja yang persaingannya cukup ketat.

Lebih rinci lagi berikut ini merupakan manfaat dari PKL bagi peseta didik SMK:

1. Implementasi Teori

Program PKL untuk mengimplementasi teori yang sudah dipelajari di bidang yang digeluti sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Selain itu, peseta didik juga dapat terlibat langsung dalam kegiatan industri tersebut sehingga mendapatkan pengalaman bekerja yang berharga dan dapat digunakan saat memasuki dunia kerja nanti.

2. Membentuk Pola Pikir

PKL akan membantu membentuk pola pikir agar lebih konstruktif supaya peseta didik dapat bekerja lebih baik dan dapat melihat peluang serta kesempatan yang lebih baik untuk membangun karir maupun usahanya di masa depan.

3. Melatih Profesionalisme

Profesionalisme yang dimaksud yaitu bersikap tanggung jawab di dunia industri, seperti melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah diberikan, mematuhi instuksi dan peraturan yang berlaku, hingga menjaga nama baik sekolahnya dan industri tersebut

4. Membentuk Etos Kerja

Karakter semangat kerja untuk mengembangkan potensi diri maupun timnya dapat mulai ditanamkan melalui program ini. Dengan adanya motivasi besar dari setiap individunya, diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang memiliki potensi tinggi dan perilaku positif dengan keahlian profesional.

5. Mengasah Kemampuan

Saat praktik kerja dilakukan, kemampuan peseta didik akan semakin terasah dengan banyaknya hal tidak terduga yang terjadi. Dengan begitu, peseta didik akan tertantang untuk mengasah keterampilan lain demi mencari solusi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi..

6. Menjalin Relasi

Menjalin relasi dapat menjadi manfaat PKL SMK bagi peseta didik maupun sekolah. Dengan mengikuti PKL, peseta didik dapat menjalin relasi dengan staff maupun jajaran direksi di industri tersebut yang akan sangat bermanfaat di masa depan.

7. Efisiensi Waktu dan Tenaga

PKL ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam menghasilkan lulusan yang siap kerja. Dengan memanfaatkan PKL secara maksimal, peseta didik dapat segera bekerja setelah lulus sekolah karena sudah memperoleh ilmu dan pengetahuan dasar serta kompetensi yang dibutuhkan untuk bekerja di industri.

8. Mempersiapkan SDM Berkualitas

Manfaat utama dari program ini yaitu untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.Sebagai contoh, penggunaan berkas fisik kini berubah menjadi penggunaan soft copy atau e-document (dokumen elektronik) dan pengoperasian peralatan mesin kini semakin canggih dengan adanya pemrograman dan digitalisasi. Oleh sebab itu, PKL SMK ini merupakan upaya untuk membentuk generasi yang siap kerja di era digital ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here