LOVE STORY

0
1153
Spread the love

RISTA NURTIASARI, S.Pd
Guru SMKN1 CIKALONGKULON

Kisah cinta dua makhluk ciptaan tuhan, Ken dan Maudy awal pertemuan mereka adalah ketika mereka mulai melamar pekerjaan di tempat yang sama, berkenalan dan menjalin pertemanan. Namun mereka berasal dari keluarga yang berbeda adat, tentunya dalam perbedaan adat itu ada banyak hal yang biasa dan tidak biasa dilakukan untuk masing-masing. Perbedaan adalah sifat dan karakter yang diciptakan Tuhan dengan tujuan agar manusia saling mengenal, memahami, dan memberi manfaat satu sama lain. Dalam kehidupan sehari-hari masalah perbedaan sering kali kita temui. Entah itu perbedaan pendapat, perbedaan sikap, agama, ras dan yang lainnya. Hakikatnya manusia di hadapan Tuhan itu sama, namun tidak ada yang benar-benar sama dalam segala hal. Kemiripan wajah, kesamaan hobi, bahkan ikatan batin dan pertautan rasa yang kuat pun tidak menjadikan kita sama dengan mereka. Apalagi di sini dihadapkan pada sifat manusia, tentunya tidak akan ada yang benar-benar sama. Kita berbeda dan memiliki perbedaan. Namun. perbedaan itu sendiri bergantung bagaimana cara kita memandangnya. Cara pandang bahwa perbedaan bukanlah sesuatu untuk bisa dipermasalahkan dengan serius adalah cara pandang bahwa memang fitrahnya manusia adalah semua sama namun ada hal yang tidak bisa disamakan.

Ken dan Maudy memang terlahir dari kedua keluarga yang berbeda adat, namun perbedaan itu tak lantas membuat mereka tidak saling mengenal satu sama lain, keadaan belum berpihak pada mereka, untuk saat ini mereka masih menjalin hubungan sebagai teman. Berawal dari pasangan masing-masing yang sama-sama tidak mendapat restu dari orang tua, mereka putus asa karena sampai kapanpun hubungan mereka dengan pasangan masing-masing tidak mungkin mendapatkan restu dari orang tua masing-masing. Hingga mereka tidak tahu harus berbuat apa dan pada akhirnya mereka memutuskan hubungan mereka dengan pasangan masing-masing. Kegalauan pun datang, hari demi hari begitu menyedihkan , resah dan gelisah terus saja mereka rasakan , namun seiring berjalannya waktu kebersamaan mereka perlahan kekecewaan dan sakit yang dirasa dulu mulai terlupakan, walaupun dalam hati kecil mereka masih mengharapkan masa lalu mereka akan menjadi kenyataan, terlebih kisah cinta Maudy dengan terdahulu menghabiskan waktu 6 tahun lamanya. Berandai-andai pada akhirnya hanya akan menyakiti hati . Dan ketika semuanya berakhir pada keputusan dan takdir yang menyakitkan, disitulah tugas diri untuk membuka sesuatu yang baru yang tidak terus terpaku pada masa lalu yang diharapkan. Keadaan yang paling menakutkan selain terlupakan, adalah memaksa diri untuk melupakan, dan cara terbaik untuk melupakan masa lalu adalah bukan dengan menghindari atau menyesalinya, namun dengan menerima kenyataan dan memaafkan. Maudy harus melanjutkan hidup dan mengawali dengan yang baru. Karena itu sudah menjadi keputusan yang terbaik untuk semua. Terkadang kita harus merelakan ego hanya untuk membuat orang disekeliling kita bahagia. Terlepas ke depannya merasa bahagia atau tidak. Namun untuk saat ini, cara ini merupakan jalan yang terbaik. Dengan keputusan itu Maudy mulai membuka hatinya untuk Ken, hari demi hari terus mereka lalui bersama, walaupun tidak ada kata jadian atau semacamnya namun kenyamanan yang dirasa satu sama lain membuat mereka memutuskan untuk menjalin hubungan lebih dari teman. 6 bulan lamanya mereka saling mengenal, dan memutuskan untuk menikah. Seperti orang pada umumnya, ketika akan melangsungkan pernikahan dengan pasangan yang telah dipilihnya, tidak ada lagi kata yang bisa diungkapkan kebahagiaan itu datang tanpa diduga-duga. Sebelumnya hatinya belum bisa menerima kenyataan ini namun perlahan, waktu menjawab bahwa ini adalah takdirnya.

Pernikahan adalah impian setiap orang, dalam ajaran islam menikah adalah ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama, dan merupakan salah satu upaya untuk menyempurnakan agama. Pernikahan akan mengajarkan kita untuk bisa menjadi pemimpin, menjadi tulang punggung, menjadi seseorang yang lebih dewasa tentunya dalam membina rumah tangga agar membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah. Pernikahan adalah sesuatu yang sakral. Nikah artinya terkumpul dan menyatu. Menurut istilah lain juga dapat berarti ijab qobul, yaitu mengharuskan perhubungan antara sepasang manusia yang diucapkan oleh kata-kata, kata-kata itu diucapkan oleh pihak lak-laki dengan janji yang nyata dan dihadapan para saksi. Menikah tidak hanya disaksikan oleh sekumpulan manusia, namun yang paling bisa dikatakan sakral dan suci karena pernikahan disaksikan oleh Allah SWT.

Begitu mantap keputusan yang diambil oleh Ken dan Maudy, walaupun seharusnya masih harus ada pertimbangan karena masih banyak waktu lagi untuk bisa mengenal lebih dalam, karena 6 bulan tidaklah cukup untuk bisa saling mengenal, saling memahami, saling mengerti dan saling terbuka satu sama lain, terlebih mereka berasal dari dua suku yang berbeda. Namun Maudy yakin bahwa Ken bisa membahagiakan dia terlepas dari masa lalunya. 1 tahun berlalu mereka menikah hidup mereka sangat bahagia terlebih mereka akan menyandang status baru sebagai orangtua, buah hati yang ditunggu-tunggu akhirnya menghiasi kehidupan mereka, namun berjalan 2 tahun Ken berubah seolah dia tidak lagi mencintai Maudy, kini Maudy tidak lagi merasakan kebahagiaan, hingga mereka semakin hari semakin jauh dan entah kesalahan apa yang Maudy lakukan, hingga Ken tidak lagi bersikap seperti dulu. Sikapnya membuat Maudy hampir setiap malam menangis, dia yang begitu lembut dan selalu membuat Maudy bahagia semasa berpacaran membuat Maudy tidak mengenali Ken yang sekarang, tatkala Ken bersikap kasar, dan mengucap ucapan yang tidak pantas. Itu sangat membuat sedih dan kecewa Maudy, namun kecewa itu bisa di redam karena adanya buah hati dan Maudy adalah perempuan yang sabar, apa yang dilakukan ken terhadapnya selalu ditanggapi dengan kesabaran. 40 hari buah hatinya lahir ke dunia, Ken mengucap talaq kepada maudy entah kesalahan apa namun kejadian itu sangatlah mendadak, bak tersambar petir di siang bolong , hati Maudy hancur berkeping-keping dengan keadaan darah masih mengalir pasca melahirkan, Maudy lemas tak berdaya. ’’ Aku tidak tahu bahwa hidupku yang selalu aku bayangkan akan bahagia setelah menikah, seketika berubah menjadi malapetaka dan kesedihan yang mendalam, kekasarannya membuatku sedih dan hampir putus asa ternyata pernikahan tak seindah yang dibayangkan’’ ucap Maudy. Ken pergi meninggalkan, tanpa memikirkan istri bahkan anaknya. Bersambung….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here