Kunjungan SDN Tegal Sari Ke Edufarm Mr.Chicalo SMKN 1 Cikalongkulon

0
246
Spread the love

Karya: Away Irfansyah
Siswa SMK PK SMKN 1 Cikalongkulon Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura.

Sabtu pagi (22/01/2022) SDN Tegal Sari Cikalongkulon mengunjungi Edufarm Mr.Chicalo. Sekolah Dasar Negeri yang berada di desa Majalaya Kecamatan Cikalongkulon Kab. Cianjur itu ikut meramaikan dunia Edufarm Mr.Chicalo. Sekitar 45 siswa dan siswi SDN Tegalsari itu bermain ria di sana dan belajar hal hal baru bersama kakak-kakak pembimbing yang ada.

Pertama,mereka disambut hangat oleh guide umum Edufarm Mr.Chicalo yaitu kang Yusuf dan teh Lisa dan dilanjutkan dengan penampilan spektakuler dari Marching Band Gita Sumari Shatzie yang memainkan beberapa lagu yang pastinya sangat disukai anak anak. Tak hanya itu saja anak anak juga diperbolehkan untuk belajar memainkan alat- alat marching band seperti senar,bass,bell,terompet dan lain-lain.

Kedua, anak-anak diajak belajar memasak di laboratorium Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), namun kunjungan kali ini cukup berbeda seperti kunjungan sebelumnya. Kunjungan sebelumnya biasanya anak anak akan belajar menghias donat tetapi untuk kali ini anak anak belajar membuat pizza, menghias pizza yang sudah mereka buat, memasukkannya dalam oven dan memanggangnya hingga menjadi pizza yang siap disantap oleh mereka.

Ketiga, anak anak diajak untuk belajar menanam sayuran di green house Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura (ATPH). Berbeda dari episode-episode sebelumnya kali ini anak anak tidak hanya belajar menanam sayuran secara organik saja tetapi anak anak juga belajar menanam sayuran secara hidroponik. Pengetahuan dasar mengenai hidroponik juga sangat bermanfaat sekali bagi anak anak dan juga bagi guru guru pembimbing yang mau belajar hidroponik. Karena kerap kali ada beberapa orang dari guru pembimbing yang bertanya menganai tips bercocok tanam secara hidroponik.

Keempat, anak anak masuk ke daerah penangkaran rusa dan siap memberi makan rusa disana. Namun tidak hanya memberi makan rusa saja tetapi mereka juga diberi wawasan mengenai rusa timor itu dimulai dari materi tentang spesies hewan itu,cara perkembangbiakan,makanan dan kebiasaan-kebiasaan dari Rusa Timor yang harus kita pahami.

Kelima, setelah anak anak selesai mereka semua melaksanakan santap siang bersama di ruang Happy School SMKN 1 Cikalongkulon kemudian mereka lanjut go to home atau pulang kerumah mereka masing-masing.

Salah satu siswa SDN Tegalsari bernama Kesya mengatakan bahwa dia sangat menikmati trip yang dilakukan di Edufarm Mr.Chicalo. Karena dia mendapatkan banyak pengalaman baru yang sangat menyenangkan dan memberinya pengetahuan. Demikian juga testimoni dari ibu Ruri Kusriani, Guru SDN Tegalsari yang menjadi pembimbing anak- anak. Beliau menyatakan bahwa Edufarm Mr.Chicalo adalah wahana belajar dan bermain yang tepat bagi siswa, seperti motto Edufarm Mr.Chicalo yaitu “belajar, bermain, gembira” .

Mari kita wujudkan merdeka belajar dengan wisata edukasi di Edufarm Mr. Chicalo SMKN 1 Cikalongkulon Cianjur. Ditunggu kunjungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here