Spread the love

Oleh : Olis Aisah, S.Pd.
Guru SMKN 1 Cikalongkulon

Setiap manusia di belahan dunia manapun pasti ingin merasakan bahagia, tak terkecuali malaikat tak bersayap yang sebut ibu dan juga pahlawan pencari nafkah keluarga yaitu ayah. Penulis yakin, semua pembaca sepakat bahwa kebahagian ibu dan ayah tidak harus berupa materi berlimpah begitupun sebaliknya kebahagiaan seorang anak. Bagi orang tua, bahagia tak mutlak harus dia yang merasakan, karena bagi orang tua melihat anaknya bisa melakukan suatu hal positif bahkan ketika bisa melihat anaknya tersenyum menatap dunia, sudah merupakan satu kebahagiaan yang tak bisa ditukar dengan apapun. Begitupun bagi seorang anak bahagia tidak berarti dilimpahi materi berupa kekayaan, anak sudah merasa bahagia ketika dia diperhatikan dan dianggap penting dalam keluarga.

Berdasarkan hal tersebut di atas , makna kata bahagia menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.

  1. Keadaan atau perasaan senang dan tentram (bebas dari segala yang menyusahkan)
  2. Beruntung; berbahagia (kata sifat /adjektiva).

Apakah Harta Berlimpah Menjamin Kebahagian?

Bahagia itu bisa dengan mudah hadir di dalam hati manakala manusia sebagai makhluk Allah selalu bersyukur atas karunia Yang Maha Kuasa. Orang yang secara materi kekurangan jangan lantas divonis mereka tidak bahagia atau sebaliknya orang yang berlimpah harta-kekayaannya jangan lantas kita katagorikan mereka adalah orang-orang yang bahagia. Bahagia tidak bisa diukur dengan harta yang berlimpah. Dalam satu cerita yang pernah penulis baca ada
orang tua renta yang memiliki banyak harta tetapi sangat bersedih karena harta yang dimilikinya menjadi sumber malapetka karena keempat anaknya bermusuhan karena memperebutkan harta kekayaannya. Ada pula seorang anak dengan orang tua kaya raya yang selalu sibuk dengan bisnisnya, anak tersebut rela keluar dari rumahnya yang mewah dan betah tinggal dengan temannya yang miskin tetapi mendapat perhatian dan kasih sayang penuh dari orang tuanya.

Dua tahun lalu, mantan bos Microsoft, Bill Gates, menggelar sesi AMA (Ask Me Anything) di forum online Reddit. Pada sesi tersebut, Gates diserbu beberapa pertanyaan dari para pengguna Reddit, mulai dari topik edukasi, kesehatan, perubahan iklim, hingga tontonan favoritnya di layanan streaming film, Netflix. Namun, ada sebuah pertanyaan menarik yang dilirik oleh Gates dan dijawab olehnya dengan percaya diri.

“Apakah menjadi orang kaya telah membuat Anda bahagia daripada Anda menjadi orang kelas menengah?” tanya salah satu pengguna Reddit bernama DanielAyon.

“Ya, karena saya tidak perlu khawatir memikirkan masalah biaya kesehatan atau pendidikan,” Gates pun menjawab. Dia menambahkan bahwa menjadi orang kaya memang membuatnya senang. Sebab, menurut dia, membebaskan pikiran dari masalah finansial dan biaya hidup adalah sebuah nikmat yang harus disyukuri. Namun, Gates menjelaskan lebih lanjut, untuk mencapai suatu tingkat kebahagiaan, seseorang tak mesti memiliki uang miliaran dollar AS atau menjadi kaya raya. Hanya saja, menurut dia, berbagai sarana penunjang kehidupan, seperti pendidikan dan kesehatan, harus ditekan harganya seminimal mungkin agar bisa dinikmati dan dijangkau orang banyak.

Bukan uang semata, Gates menyebutkan bahwa sumber kebahagiaan bukanlah berasal dari uang semata. Lalu, apa lagi yang bisa membuat seorang miliarder sekelas Bill Gates bahagia? Ternyata hal-hal sederhana, seperti melihat anak yang berhasil melakukan sesuatu.

“Beberapa orang bilang bahwa rasanya senang sekali ketika anak berhasil. Sebagai orang tua, saya sangat setuju,” ujar Gates.

Pemicu kebahagiaan lainnya menurut Gates adalah memenuhi komitmen terhadap diri sendiri. Misalnya, berkomitmen untuk sesuatu yang ingin dicapai, seperti target olahraga dan sebagainya.

Menurut Gates, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BusinessInsider, Rabu (27/2/2019) pemenuhan komitmen juga dapat membuat seseorang meraih kebahagiaan di dalam hidupnya.
https://tekno.kompas.com/read/2019/02/27/20320037/ditanya-apakah-kaya-membuat-bahagiabegini-jawaban-bill-gates?page=all

Sangat menginspirasi ya, apa yang diungkapkan Bill Gates, ternyata bahagia orang tua, ada dalam pelukan kita sendiri yaitu lewat buah hati kita, bukan pada harta yang menumpuk. Lebih jauh dalam Islam kita mengetahui bahwa anak-anak yang soleh-solihah juga menjadi jaminan kebahagian orang tuanya dunia-akhirat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here