KARAKTER ORANG YANG SUKSES

0
104
Spread the love

Oleh Dadan Suwandi, S.Pd
Guru SMKN 1 Cikalongkulon

Kesuksesan adalah impian setiap insan di dunia ini. Dengan berbagai macam usaha dan upaya, orang akan senantiasa berusaha untuk mencapai kesuksesan tersebut. Pada akhirnya, tingkat kesuksesan satu sama lain berbeda-beda dan mempunyai perjalanan yang berbeda pula dalam mencapai kesuksesannya. Begitu juga dalam kehidupan sosial, seseorang dapat diterima oleh semua kalangan dengan berbagai jalan dan proses yang tidak sebentar dan mudah. Semua berawal dari keadaan pribadi seseorang, apakah mentalnya siap untuk bergaul dengan orang banyak dengan segala resiko dan keadaan yang ada?

Orang yang sukses baik dalam kehidupan sosial maupun pribadinya adalah orang yang mempunyai kesucian hati dan budi pekerti yang luhur. Beberapa karakter orang sukses dalam kehidupan pribadi dan sosialnya di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, muroqobah, yaitu suatu kondisi psikis yang selalu merasa diawasi dan dilihat oleh Allah. Orang yang memiliki kondisi ini mempunyai jiwa ihsan sehingga hidupnya menjadi hati-hati dan selalu mawas diri, cepat menyadari kesalahan dan kemudian segera mohon ampun atas dosa-dosa dan memperbaiki dirinya, dia akan selalu menjaga dirinya untuk tidak menyakiti dan mendzalimi sesamanya. Kalau pun tanpa sengaja telah menyakiti sesamanya, dia akan segera meminta maaf akan kesalahannya.

Kedua, mudah tersentuh hatinya oleh nasihat, bersikap terbuka, rendah hati, rida menerima kritik dan saran. Rendah hati adalah media untuk dapat mengetahui banyak informasi – mendapatkan banyak pengetahuan (ilmu) yang akan melahirkan sikap obyektif – arif dan bijaksana. Orang yang memiliki kerendah hati akan mempunyai rasa syukur. Ia juga akan menggunakan pendengaran dan penglihatannya di jalan kebenaran.  

Ketiga, rindu kepada Allah. Kondisi ini ter-ekspresi-kan dalam bentuk komunikasi dengan Allah melalui ibadah salat, zakat, puasa, dan segala amal yang diniatkan untuk ibadah. Seluruh dimensi kehidupannya ditujukan hanya untuk berzikir kepada Allah, sebagai ekspresi cinta kepada Allah. Rasa ini juga diringi dengan cinta kasih kepada semua makhluk sebagai wujud cinta dan syukurnya kepada Allah atas semua anugerah yang telah diberikan kepadanya.

Keempat, mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Selain mampu berhubungan harmonis secara vertikal dengan Allah, orang yang suci jiwanya juga mampu menjalin hubungan harmonis secara horizontal,  baik terhadap diri sendiri, orang lain maupun kehidupan di sekelilingnya. Jiwa sosial yang tinggi akan melahirkan sikap lembut hatinya, hidup penuh dengan keimanan, merasakan kehidupan yang beruntung karena mendapatkan keamanan dan ketenteraman.

Kelima, mampu mengendalikan emosi secara proporsional. Apabila marah, maka dianjurkan untuk beristighfar kemudian berwudlu dan salat. Salat bisa menjadi media untuk meredam amarah/emosi, karena shalat adalah ibadah yang melibatkan seluruh dimensi psiko-fisik, emosi-kognisi, serta jiwa-raga, sehingga dengan salat yang benar seseorang akan mampu mengontrol dan mengendalikan dirinya.

Keenam, memiliki jiwa pemaaf.  Sifat mulia ini akan memberikan ketenteraman bagi orang yang memilikinya dan orang yang berada di sekitarnya. Dia akan begitu mudah memberikan maaf bila ada orang yang dengan sengaja atau tidak sengaja telah berbuat kesalahan kepadanya.

Ketujuh, dermawan dan peka terhadap lingkungan. Kedermawanan merupakan salah satu karakter utama yang senantiasa perlu dimiliki, ditumbuhkan, dan dikembangkan oleh setiap pribadi Muslim yang mengharapkan kesuksesan dalam hidup dan kehidupannya. Kedermawanan akan mengundang cinta dan kasih sayang dari Allah SWT dan dari sesama manusia.  Kedermawan yang dimaksud bukan hanya yang bersifat materi belaka, melainkan juga kesediaan untuk berbagi informasi, pengalaman, pengetahuan dan ilmu yang dimiliki.

Kedelapan, optimis, komunikatif dan tidak membeda-bedakan dalam pergaulan. Dalam kehidupan sehari-hari, orang yang suci jiwanya akan selalu menampilkan yang terbaik untuk diberikan kepada sesamanya.  

Kesuksesan seseorang, sangat ditentukan oleh kecerdasan yang seimbang antara kecerdasan spiritual, sosial, emosional, dan kognisi. Seseorang akan sulit untuk mencapai sukses yang sebenarnya bila dia tidak memiliki keseimbangan tersebut. Ciri-ciri karakter orang sukses adalah ciri dan karakter orang yang memiliki kecerdasan seimbang. Sehingga pada akhirnya, ia bukan hanya sukses secara pribadi, namun keberadaan dirinya juga mampu membuat orang-orang di sekitarnya juga sukses. Atau minimal, bisa menikmati kesuksesan yang ia raih.

Wallahu `alam. Cikalongkulon, 12 Pebruari 2022    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here