Jumpa Perdana Di Klewih Sunda Authentic

0
149
Spread the love

Oleh Yeni Ekawati

Berjumpa dengan seseorang yang baru kita kenal memang memunculkan berbagai rasa dan praduga. Rasa yang muncul terkadang tak menentu karena kita tidak tahu harus bagaimana nanti. Beragam paraduga pun hadir terlintas dalam pikiran. Tentunya, praduga baik harus selalu kita utamakan. Seperti perjumpaan saya dengan para ibu hebat Dharma Wanita Persatuan Kota Depok saat itu, menimbulkan banyak rasa dan praduga. Meski sudah ada kontak dan obrolan via WA, tetap saja bertanya-tanya. Seperti apa ya nanti? Bagaimana nanti harus memulai? Ramah-ramah tidak ya? Kurang lebih seperti itulah yang terlintas dalam pikiran. Bergabung di Dharma Wanita Persatuan memang bukan yang pertama, tetapi bertemu langsung dan terlibat dalam kepengurusan inti DWP adalah pengalaman pertama untuk saya. Alhamdulillah, jumpa perdana sangat bekesan dan memang luar biasa. Kembali bertemu dengan ibu-ibu hebat yang senantiasa ikhlas meluangkan waktu dan bertambah tugas sebagai pendamping suami-suami yang tidak kalah hebat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

foto koleksi probadi

Hari itu, Jumat 18 Februari 2022, Klewih Sunda Authentic menjandi saksi pejumpaan kami. Silaturahmi sekaligus menyelesaikan program kerja yang harus kami buat dan segera dilaporkan ke DWP provinsi Jawa Barat. Saya menyimak semua yang disampaikan oleh ibu ketua DWP Kota Depok, Ibu Enung Komalaningsih dalam pembukaan acara kami siang itu. Saya pun kembali menyimak dengan saksama pemaparan dari Ibu Afridiani sebagai sekretaris umum tentang program kerja yang harus kami rancang. Menyimak, mencermati, dan melaksanakan semua rancangan program kerja DWP jadi pembelajaran baru dan berharga untuk saya. Pengalaman baru yang bermanfaat dan kesempatan baik bisa bertatap muka langsung, berdiskusi, saling memberikan pendapat terbaik untuk kelangsungan program kerja yang dirancang. Semuanya dilakukan dengan ikhlas, demi kebaikan dan kesuksesan semua program kerja yang akan dilaksanakan oleh seluruh anggota DWP Kota Depok khususnya, umumnya oleh seluruh anggota DWP di wilayah provinsi Jawa Barat.

Tanpa terasa penyusunan program kerja berjalan sampai pada waktu masuk jamnya makan siang. Di meja kami dari awal, memang sudah tersaji aneka makanan ringan dan minuman sesuai dengan pesanan. Ada yang memesan cilok, otak-otak, cakue, dan aneka minuman. Semuanya enak, makanan dan minuman khas Sundanya pas di lidah. Pokoknya, mau makan atau minum apa saja ada di Klewih Sunda Authentic.

foto koleksi pribadi

Orang Bogor pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat makan ini. Tapi buat saya, ini yang pertama kali.  Datang dan menikmati hidangan khas rumah makan Klewih Sunda Authentic adalah pengalaman baru. Ketika menginjakkan kaki di rumah makan ini, saya langsung terpesona dengan konsep bangunannya yang khas dan unik. Di dalam bangunan rumah makan  tumbuh pohon besar yang konon sudah ada dari awal pembangunan. Bukannya ditebang tapi ternyata tetap berdiri kokoh berpadu apik di area tempat makan. Rumah makan ini terdiri dari dua lantai. Di lantai bawah terlihat rapi dan luas. Meja dan kursi untuk para tamu ditata dengan apik. Sebelah kiri setelah lobby ada akuarium besar yang memamerkan ikan-ikan unik di dalamnya. Akuarium ini letaknya bersebelahan dengan mushola dan toilet tamu yang terlihat bersih.

foto koleksi pribadi

Untuk menuju ke lantai atas, kita disajikan jalan yang melingkar, bukan tangga seperti kebanyakan bangunan bertingkat lainnya. Sepanjang jalan melingkar, mata dimanjakan dengan pohon merambat yang tumbuh subur, menambah asri pemandangan sekitar. Sampai di lantai dua, mata saya langsung mengarah ke lampu-lampu yang menyala. Setelah diamati, ternyata lampu-lampu itu berada di dalam sangkar burung. Unik sekali lampionnya dari sangkar burung. Semuanya terlihat sangat menarik. Ditambah dengan interior yang didominasi kayu. Kehadiran pohon besar tadi pun menambah suasana tambah sejuk. Di sebelah kiri tempat kami makan ada ruang khusus untuk burung-burung yang ketika kami datang masih di dalam kandangnya.

Di rumah makan Klewih Sunda Authentic, hidangan yang disajikan beraneka ragam. Makanan dan minumannya layak dicicipi, pasti ketagihan.  Rumah makan ini mengusung  konsep makanan dan minuman khas Sunda. Masalah harga pastilah terjangkau. Untuk yang datang serombongan tapi ingin berhemat bisa ko pesan menu nasi liwet atau menu paket-an. Jenis makanannya dari yang ringan sampai yang berat tersedia. Sepeti yang kami pesan saat itu paket nasi, gurame (wow…mantap), ayam bakar, bakwan jagung, tumis kangkung, cumi plus pete ( ini lebih mantap he..he…) sambal, dan lalapan. Luar biasa, setelah makan kami tak bisa beranjak dari tempat, karena perut kami berat (ups…). Seandainya di rumah, yakin kami pasti sudah ambil posisi rebahan. Tapi karena ini di rumah makan yang berhasil memanjakan perut dan kami masih harus melanjutkan tugas, akhirnya apa daya. Kami meneruskan tugas dengan berharap mata masih bisa diajak kompromi.

Melanjutkan tugas menyusun program kerja terus dilaksanakan sambil menikmati Es Jeruk Kelapa. Cilok, Cakue, dan Bakwan Jagung masih ada, seolah menatap kami berharap segera disantap. Namun, apalah daya, kami sudah ‘tak kuasa menampungnya. Alhamdulillah …akhirnya tugas kami selesai hari itu. Sambil merancang pertemuan berikutnya, kami mencoba untuk menghabiskan minuman kami. Kesempatan baik pada saat itu pun tidak kami sia-siakan. Di sisa waktu yang ada, kami sempatkan untuk berswafoto. Akhirnya, jumpa perdana kami di Klewih Sunda Authentic sudah sampai batas waktu yang ditentukan. Kami saling mendoakan dan berpamitan satu dengan yang lain, semoga Allah meridhoi semua niat baik. Allah limpahkan kesehatan dan keberkahan agar kami bisa terus senantiasa menjalankan tugas sebagai pendamping abdi negara, bermanfaat untuk keluarga, agama, dan negara. Allahumma Aamiin.

Foto koleksi pribadi

Oh iya…, untuk yang penasaran ke rumah makan Klewih Sunda Authentic, datang saja ya! Alamatnya di Jalan Bina Marga 1 No. 12 Baranangsiang, Bogor. Tidak jauh dari arah keluar tol. Praktisnya bisa juga ko tanya Mbah Google dan pasang mapnya Klewih Sunda Authentic, dijamin sampai ke tempat dengan mudah.

Penasaran?

Yuk ameng ka Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here