JILBAB HATI

0
29
Spread the love

Oleh : Dian Ika Susanti, SP., MMPd (Guru SMKN 1 Cikalongkulon)

Jilbab atau hijab dalam arti secara umum adalah tirai atau penutup. Atau bisa juga sebagai penghalang dari penglihatan mata orang lain atau mata yang bukan makhromnya. Jilbab disini pada umumnya adalah penutup kepala atau rambut bagi perempuan agar tertutup rambutnya dari penglihatan orang yang bukan haknya. Perintah untuk menutup aurat atau penutup rambut bagi perempuan terdapat pada Alquran surat Annur ayat 31 yang artinya… Dan  hendaklah mereak (perempuan) menutup kain kerudung ke dadanya dan janganlah menampakam perhiasannya… Jilbab atau penutup aurat bagi perempuan secara garis besarnya.

Jilbab hati, ketika kita bicara tentang hati ada dua pengertian yaitu hati jasmani dan hati rohani. Hati jasmani adalah segumpal darah yang terdapat pada tubuh manusia, yaitu hati atau bisa juga jantung. Organ yang terdapat di dalam tubuh manusia ini bisa mengingat, bisa merasakan dan bisa menyadari. Karena hati atau jantung terhubung dengan otak manusia sehingga mempunyai pikiran di bawah sadar. Kadang apa yang kita pikirkan , kita rasakan akan terhubung dengan hati kita. Kita bergerak dari hati dan dikerjakan oleh otak maka kita dapat melakukan pekerjaan tas perintah hati.

Hati rohani yang benda fisiknya tidak terlihat atau tidak ada di dalam tubuh manusia tapi hati rohani menempel di hati jasmani. Hati rohani adalah wadah cahaya ilahi. Dalam Al-Qur’an banyak dijelaskan tentang keistimewaan hati. Berupa petunjuk dan hidayah di dalam hati. Allah juga memasukan ketenangan, memberikan Rahmat dan cahaya serta hubungan antara manusia dengan Allah juga di dalam hatinya.

Tetapi hati manusia seperti yang dijelaskan Ibn Athohillah dalm Al-Hikam, diberi kemampuan memilih antara menolak atau menerima cahaya ilahi. Hati yang menolak cahaya tidak bisa dimasuki cahaya. Penolakan inilah yang menyebabkan kemunafikan pada kebaikan dan kebenaran.  Menerima atau menolak cahaya ini, sahabat Hudzaifah bin Yaman membagi hati manusia menjadi empat, yaitu hati mukmin hati yang bercahaya, hati kafir hati yang gelap, hati munafik hati yang terbalik, dan hati yang berkonflik antara iman dan kemunafikan. Jilbab hati penutup hati dari kemungkaran, dari ketidak syukuran, dari kedengkian, dari kekufuran kepada sang khalik sehingga ketika kita akan melakukan sesuatu yang mendekati suatu pelanggaran, atau dosa maka hati yang selalu ingat kepada Tuhan akan mengingatkan kita sehingga kita dapat terhindar dari sesuatu yang dapat menjerumuskan kita kedalam dosa baik dosa kecil maupun dosa besar. Na’udzubilahimindzalik

Maka dari itu jagalah hati kita tutupilah hati kita dengan memperbanyak ingat kepada Allah dengan memperbanyak zikir, membaca Al-Qur’an dan ibadah-ibadah wajib maupun sunah lainnya. Muhasabah diri. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa hati adalah tempat turun naiknya keimanan seseorang. Ada doa yang selalu dibaca oleh nabi Muhammad  SAW, yaitu doa untuk minta selalu ditetapkan  di dalam keimanan seperti berdoa yaa muqollibal qulub stabbitqulubana ala dinnik yang artinya wahai yang yang membolak-balik kan hati tetapkan hati kami dalam agama-Mu. Doa tersebut hendaklah selalu dibaca ketika kita berdoa karena kita tidak pernah tahu keimanan kita sedang naik atau turun. Yuk kita amalkan doa tersebut  di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here