HIDUP SEHAT MELALUI PEMANFAATAN TOGA (TANAMAN OBAT KELUARGA)

0
12
Spread the love

Oleh Lia Sri Suharliawati, SP, M.M
(Guru Produktif SMKN 1 Cikalongkulon)

Salah satu program yang dapat dilaksanakan dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga,khususnya dibidang pangan adalah Program Penanaman dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).Dimana Tanaman Hasil Budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat ini bisa ditanam pada sebidang tanah dihalaman rumah /pekarangan , kebun,ladang ,di pot atau di polybag.

Hasil Panen dari tanaman TOGA  sebagian dapat dijual sehingga menambah pendapatan keluarga.Pemerintah melalui Menteri Kesehatan telah menetapkan  Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2016 tentang upaya pengembangan kesehatan melalui asuhan mandiri pemanfaatan tanaman obat keluarga dan keterampilan budidaya serta pengelolaannya . Asuhan mandiri kesehatan tradisional adalah upaya untuk memelihara dan meningkatakan kesehatan serta mencegah mengatasi gangguan kesehatan ringan oleh individu.

Pemanfaatan tumbuh-tumbuhan untuk dijadikan bahan dari obat-obatan sudah bukan hal baru lagi. Khasiat dari tumbuhan untuk mengobati berbagai jenis luka atau penyakit bahkan sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Ada banyak jenis tanaman yang bisa diambil manfaatnya untuk dijadikan bahan keperluan pengobatan.Tanaman-tanaman tersebut sangat mudah didapatkan dan bahkan didapur setiap rumah sebenarnya memiliki tanaman obat keluarga yang biasa diamanfaatkan seperti temulawak, kunyit, jahe, lengkuas, dan kencur.

Penanaman untuk tumbuhan sejenis kunyit, kencur, jahe sangat mudah dengan cara memendamnya dalam tanah lalu bisa tumbuh sendiri,kemudian tanaman yang bisa diambil daunnya juga sangat mudah dengan menanam akarnya seperti seledri dan daun bawang . Dengan menyediakan tanaman obat keluarga di lahan sendiri. Kita bisa mengambil berbagai manfaat untuk keluarga kita pribadi maupun  untuk orang-orang terdekat yang membutuhkannya. Manfaat memiliki toga bisa diambil untuk keperluan pengobatan herbal sederhana seperti sakit perut,masuk angin,luka bakar yang tidak terlalu parah ,sakit kepala dan masih banyak lagi. Selain itu beberapa tanaman toga  bisa dimanfatkan untuk keperluan dapur.

Selain diatas manfaat dari TOGA banyak sekali diantaranya :

  1. Pencegahan penyakit
  2. Pengobatan pertama pada kecelakaan (P3K)
  3. Pengobatan pada penyakit luar dan dalam
  4. Membentuk iklim mikro yang sejuk dan nyaman
  5. Bernilai estetika
  6. Murah dan lebih mudah didapat
  7. Efek samping yang ditimbulkan sangat kecil
  8. Kandungan kimianya merupakan dasar obat-obatan modern
  9. Obat-obatan tradisional

Mari kita mencoba bercocok tanam tanaman obat untuk mendukung kesehatan keluarga kita, selain bisa menyalurkan hobi kita dalam bercocok tanam, kita juga bisa mengisi waktu luang kita dengan kegiatan yang bermanfaat. Imun kuat dan badan sehat adalah harapan kita semua, dan jangan lupa untuk bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here