Spread the love

GERAKAN TANAM DAN PELIHARA 50 JUTA POHON ASN SMKN 1 CIKALONGKULON

Oleh : Etik Sukmawati, S.Pd, MM

Guru SMKN 1 Cikalongkulon

Menindaklanjuti Program Gerak Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang tertuang dalam Surat Edaran dari Gubernur Jawa Barat No. 522.4/17/Rek tentang Pelaksanaan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP) di Lahan Kritis Kabupaten Kota se-Jawa Barat, Sebanyak 39 ASN di lingkungan SMKN 1 Cikalongkulon yang terdiri dari Tenaga Pendidik dan Kependidikan menyerahkan bibit pohon untuk GTPP. Penyerahan bibit pohon dilaksanakan pada hari Rabu, 18 November 2020 di lahan praktek kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) SMKN 1 Cikalongkulon.

Bibit pohon hasil sumbangan ASN di lingkungan SMKN 1 Cikalongkulon ini terdiri berbagai bibit pohon buah-buahan antara lain bibit pohon Mangga, Jambu Citra dan Jeruk Dekopin. Menurut informasi dari Lia Gemiliani, MP selaku ketua kompetensi keahlian ATPH yang menampung sumbangan bibit pohon para ASN, bibit pohon yang sudah diserahkan oleh ASN di lingkungan SMKN 1 Cikalongkulon akan ditanam di kawasan Technopark Universitas Gunadarma yang berlokasi di Desa Jamali-Mulyasari Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur pada hari Kamis, 26 November 2020. Lokasi ini dipilih karena kawasan ini bersifat holistic integrative untuk menunjang kegiatan pendidikan, pertanian terpadu, pariwisata dan pengembangan teknologi terpadu sehingga akan sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan maupun pariwisata masyarakat sekitarnya.

Penyerahan bibit tanaman untuk GTPP ini merupakan salah satu program yang digerakkan oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Cikalongkulon, Undang Iman Santosa, S.TP, MPd. Beliau menghimbau kepada para ASN di lingkungan SMKN 1 Cikalongkulon untuk menindaklanjuti Program GTPP yang dianjurkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai wujud kepedulian dan partisipasi kita sebagai bagian dari ASN Jawa Barat yang berada di SMK Pertanian. Kepala Sekolah juga menjadi ASN pertama yang menyerahkan bibit pohon buah-buahan kepada panitia GTPP SMKN 1 Cikalongkulon.

Ada tujuh sasaran warga masyarakat yang dianjurkan untuk ikut berpartisipasi dalam GTPP menurut Surat Edaran dari Gubernur Jawa Barat diantaranya ASN, yang melakukan pernikahan, kelulusan siswa, ulang tahun, yang melakukan pajak kendaraan dan badan usaha yang berijin. Kita berharap semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi siswa SMKN 1 Cikalongkulon pada khususnya maupun masyarakat Cikalongkulon dan sekitarnya untuk ikut berpartisipasi untuk sama-sama peduli terhadap kelestarian alam dan ikut serta memeliharanya. Karena dengan banyaknya pohon yang kita tanam maka semakin banyak oksigen yang dihasilkan di sekitar kita. Ayo kita tanam pohon sebanyak-banyaknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here