GEDONG GINCU APA CENGKIR

0
49
Spread the love

Penulis Dian Ika Susanti, SP., MMPd.
Guru SMKN 1 Cikalongkulon

Gedong bukan sembarang gedong, gedong yang satu ini membuat terpesona bagi yang melihat dan menyukainya. Mungkin dalam benak kita gedong adalah nama sebuah bangunan atau sebutan untuk bangunan yang terlihat mewah dan megah. Sedangkan gincu pada masa lalu adalah nama lain dari pemerah bibir dan sekarang ini lebih dikenal dengan nama lipstik. Ternyata sebutan tersebut bukanlah yang dimaksud. Gedung gincu disini adalah nama lain atau sebutan untuk nama buah manga dengan nama latinnya adalah Mangifera indica dengan buah secara fisik bulat berwarna orange merona dan beraroma yang khas yang tidak dimiliki oleh buah mangga lainnya. Dan yang melihatnya pun akan terpesona juga.

Ada satu lagi buah lebih populer dikalangan konsumen pencinta buah mangga sebagai buah yang lebih terkenal di antara buah buah mangga yang lainnya yaitu buah Indramayu. Di daerah Indramayu sendiri lebih di kenal dengan sebutan nama Cengkir. Cengkir atau buah Indramayu mempunyai ciri yang berbeda dengan buah yang lainnya dan semua orang pasti mengenalinya sepert warna buah yang hijau kekuningan harum khas cengkir dan daging buah yang rangu berwarna kuning orange dalam keadaan mengkel atau setengah matang. Bila sudah matang daging buah cengkir akan berwarna orange dengan rasa yang manis dan legit. Sedangkan Gedong gincu Mempunyai Ciri yang khas yaitu kulit buah berwarna oranye di pangkal buah, warna daging oranye menyala, kaya air, memiliki rasa manis luar biasa dan harum wangi khas gedong gincu.

Kabupaten Indramayu identik dengan sebutan kota mangga. Bila kita akan memasuki kota Indrammayu dari arah selatan, utara maupun arah barat, maka kita akan menjumpai sebuah maskot atau tugu kota Indramayu  masyarakat Indramayu sendiri menyebutnya bunderan Mangga gedong gincu, karena pada persimpangan lima antara Islamic Center Indramayu, SMAN 1 Indramayu, arah bunderan Kijang, Kota Indramayu dan arah ke Cirebon terdapat tugu lima buah gedong gincu.  Mangga Gedong gincu yang terbaik di wilayah kabupaten Indramayu terdapat pada daerah desa Lobener Kecamatan Jatibarang (tempat lahir Beta) sebagai sentra penghasil mangga gedong gincu yang terbaik.  Sedangkan untuk buah cengkir atau buah Indramayu tidak mempunyai daerah khusus penghasil cengkir karena kebanyakan dari penduduk kabupaten Indramayu rata-rata menanam buah cengkir tersebut. Dengan banyaknya penduduk yang membudidayakan tanaman mangga dan bahkan setiap rumah pada halaman rumahnya terdapat pohon mangga. Di luar daerah kabupaten Indramayu orang akan lebih mengenal buah Indramayu dan uniknya di daerah Indramayu-nya sendiri tidak mengenal nama buah mangga dengan sebutan nama kotanya. Kebanyakan  orang lebih tertarik dan mengenal buah Indramayu adalah buah cengkir. Ternyata Kualitas pertama dan terbaik sebagai sentra penghasil mangga di daerah Indramayu sendiri adalah buah mangga gedong gincu. Sedangkan buah mangga Indramayu atau cengkir merupakan penghasil terbanyak dan terbaik dari segi kwalitasnya. Bila berkunjung ke Indramayu jangan lupa membeli buah mangganya ya…, dengan harga buah terjangkau koq…dan tentunya banyak manfaat yang didapat dari memakan buah, terutama banyaknya serat dan vitamin yang tentunya membantu tubuh kita tetap sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here