Gebyar Vaksinasi Jabar Juara di SMKN 1 CIKALONGKULON

0
41
Spread the love

Karya: Away Irfansyah
(Siswa, Kelas XII ATPH 1, SMKN 1 CIKALONGKULON)

Gebyar Vaksinasi Jabar Juara adalah bentuk partisipasi provinsi Jawa barat dalam membantu pusat pemerintahan negara Indonesia untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 dengan melakukan vaksinasi di seluruh wilayah nusantara. Kepala Sekolah beserta tim SMKN 1 CIKALONGKULON (sebagai SMK PK) berupaya untuk bisa mendukung sepenuhnya kegiatan Gebyar Vaksinasi Jabar Juara diwilayah kabupaten Cianjur terutama di kecamatan Cikalongkulon.

Pada tanggal 28 Agustus 20021, kegiatan Gebyar Vaksinasi Jabar Juara di SMKN 1 CIKALONGKULON Resmi dibuka yang mana kegiatan berlangsung sekitar 6-9 jam yang terdiri dari acara;

  1. Pembukaan Kegiatan Gebyar Vaksinasi Jabar Juara
  2. Arahan Arahan Dari Kepala Sekolah  SMKN 1 Cikalongkulon, Ketua Satgas Covid-19,Dan Danramil Kecamatan Cikalongkulon.
  3. Pemeriksaan Kesehatan
  4. Vaksinasi
  5. Dokumentasi

Kegiatan Gebyar Vaksinasi Jabar Juara ini diikuti kurang lebih 1500 siswa siswi SMKN 1 Cikalongkulon dari semua kompetensi keahlian.

Kegiatan Gebyar Vaksinasi Jabar Juara ini merupakan Vaksinasi gelombang pertama dengan dosis ke-1,yang mana vaksinasi ini akan berlanjut ke tahap selanjutnya yakni Vaksinasi Dosis Ke-2 pada tanggal 28 September 2021.

Kepala Sekolah SMKN 1 Cikalongkulon, Bapak Undang Iman Santosa  S.TP,M.MPd merasa prihatin melihat siswa-siswinya yang mungkin sudah beberapa bulan ini tidak bisa merasakan lingkungan sekolah seperti semestinya.  Beliau berharap dengan adanya vaksinasi ini rantai penyebaran virus covid-19 cepat terputuskan dan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka bisa dilaksanakan secepatnya. Ketua Satgas Covid-19 kecamatan Cikalongkulon. Bapak Dr. Budi Bakhtiar menambahkan bahwasanya dengan adanya kegiatan vaksinasi ini diharapkan dapat mengurangi dampak dari terpaparnya virus covid-19 jikalau suatu saat nanti kita terpapar pasca divaksin. Gebyar Vaksinasi Jabar dilaksanakan serentak di 2.326 titik di 27 kab/kota dengan target 512.765 dosis vaksin disuntikkan kepada masyarakat.

Presiden Joko Widodo yang menyaksikan secara virtual gebyar vaksinasi mengapresiasi upaya cepat Pemda Provinsi Jabar dengan berkolaborasi.  Jabar salah satu provinsi penting dalam penanganan pandemi COVID-19 nasional.  Mengingat Jabar sebagai penyangga Ibu Kota Negara dan rentan karena mobilitas tinggi. Apalagi ada beberapa kab/kota di PPKM Level 4 bahkan satu di antaranya yakni Kabupaten Cianjur risiko tinggi atau zona merah. 

Menurut Presiden, vaksinasi harus dipercepat karena bangsa ini berpacu dengan waktu di mana penyebaran dan mutasi virus COVID-19 semakin beragam. “Kita harus bergerak cepat karena kita berpacu dengan penyebaran virus. Kita menghadapi tantangan luar biasa dalam dua bulan terakhir dengan munculnya varian baru yaitu varian delta,” ujar Joko Widodo saat membuka Gebyar Vaksinasi Massal Jabar Juara, Sabtu (28/8/2021).

Untuk mempercepat vaksinasi diperlukan peran semua pihak agar kekebalan komunal dapat segera terbentuk dan aktivitas masyarakat kembali normal dengan cara yang baru. “Terus disiplin protokol kesehatan. Kita harus gotong royong agar 181 juta rakyat Indonesia divaksin agar segera terbentuk kekebalan komunal untuk memutus mata rantai COVID-19 agar masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan aman,” jelas Jokowi. Presiden mengingatkan agar masyarakat tidak lengah meskipun sudah divaksin. “Meskipun sudah divaksin kita tidak boleh lengah semua tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan utamanya memakai masker baik di dalam rumah maupun di luar rumah,” kata Jokowi. 

Dengan jumlah penduduk hampir 50 juta, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memasang target 500.000 vaksinasi per hari, di atas provinsi lain yang masih 200.000 dosis per hari.  “Kalau betul bisa kita kejar hari ini kita pecah rekor,” katanya.  Gubernur meminta semua pihak bersama-sama menyukseskan program vaksinasi. Demi pembentukan kekebalan komunal, minimal Jabar harus memvaksin 37 juta orang. Untuk itu butuh 15 juta dosis vaksin per bulan. (gir/rdi)

#Gebyar Vaksinasi Jabar Juara

#Remaja Tangguh Siap Divaksin

#Jabar Juara

#SMK Bisa #Chicalo Doorrrr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here