FUNGSI EKSTRAKURIKULER BAGI PESERTA DIDIK

0
21
Spread the love

Azis Syamnurdin, SPt.MM ( staf pengajar SMKN 1 Cikalongkulon )

Apakah Kita ikut ekskul di sekolah? Ekskul apa yang Kita ikuti? Di sekolah kita pasti banyak pilihan ekskul yang biasanya diwajibkan untuk diikuti, meskipun hanya sekali. Ikutan ekskul memang bisa menjadi sarana pembentukan jati diri seseorang.

Salah satu kenangan yang tak terlupakan oleh kita saat masih di jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah saat kita melakukan aktifitas ekstrakurikuler yang kita minati dan menjadi pilihan.Kita lakukan sepulang sekolah atau di luar jam pelajaran. Berbagai macam ekstrakurikuler yang dapat kita pilih. Mulai dari jenis olahraga, seni musik, seni tari dan peran, seni beladiri, seni media, paskibra, PMR, pramuka dan masih banyak jenis lainnya.

Ekstrakurikuler atau yang sering kita dengar dengan sebutan ekskul adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan peserta didik baik di sekolah maupun luar sekolah. Kegiatan – kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler bertujuan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik.

Menurut Suryosubroto (1997; 271), ekstrakurikuler adalah kegiatan belajar yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka, dilaksanakan di sekolah atau di luar sekolah untuk memperluas wawasan atau kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran.

Berdasarkan surat keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 060/U/1993 dan nomor 080/U/1993, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan format minat dan bakat siswa.

Adapun menurut Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, bertujuan agar siswa dapat memperkaya dan memperluas diri.

Fungsi kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk mengembangkan kemampuan potensi dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial dalam kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas.

Menurut Aqip dan Sujak ( 2011: 68 ) terdapat empat fungsi dari kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan, yaitu pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir.

     1. Fungsi pengembangan, yaitu bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.

     2. Fungsi sosial, yaitu bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktik keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.

     3. Fungsi rekreatif, yaitu bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rileks, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.

     4. Fungsi persiapan karir, yaitu bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas. Ekstrakurikuler di setiap sekolah tentunya berbeda – beda. Namun, tujuannya tetap sama, yakni membentuk karakter anak sesuai minatnya. Sering kita dapati, pencarian minat dan karier bermula dari mengikuti ekstrakurikuler di sekolah. Selain itu, peserta didik bisa belajar untuk bekerja sama dalam tim, meningkatkan kemampuan sosial, dan mengasah kemampuan psikomotorik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here