CERITA DALAM SEBUAH LAGU, TULUS “ANDAI AKU BISA ”

0
4341
Spread the love

Oleh Indrarti Purbawiyatni, S.Pd
(Guru SMKN 1 Cikalongkulon)

Sebagai penikmat musik, khususnya musik tanah air tentu sudah tidak asing lagi dengan seorang penyanyi pria yang sering membawakan lagu-lagu sendu, nada-nada yang dinyanyikan begitu ringan, mudah didengar, dan sering mengena dengan hati si pendengar. Ya, dia adalah Tulus atau Muhammad Tulus seorang penyanyi yang beberapa tahun belakangan ini lagu-lagu yang dibawakannya selalu hits di belantara musik Indonesia, tak hanya menyanyi dia juga seringkali menulis lagu yang dia nyanyikan.

Penulis adalah salah satu penikmat lagu-lagu dari Tulus, lirik-lirik disetiap lagunya sering membawa Penulis ke dalam lamunan dan ikut larut dalam emosi jiwa yang dibawa oleh lagu tersebut, seolah mewakili ungkapan hati. Biasanya dalam sebuah lagu ada satu kisah yang terangkum dalam kata-kata indah, untuk itu Penulis mencoba mengulas kisah dalam salah satu lagu yang dinyanyikan oleh Tulus yaitu Andai Aku Bisa, lagu ini adalah cover lagu Chrisye yang pernah  hits pada masanya, diciptakan oleh Dhani Ahmad dan Bebi.

Yuk kita perhatikan lirik lagu Andai Aku Bisa terlebih dahulu, sebelum kita membuka kisah apa yang ada di dalam lagu tersebut.

ANDAI AKU BISA (penulis lagu: Dhani Ahmad / Bebi)

Andai aku bisa

Memutar kembali

Waktu yang t’lah berjalan

Di dirimu s’lamanya

Bukan maksud aku

Membawa dirimu

Masuk terlalu jauh

Ke dalam kisah cinta

Yang tak mungkin terjadi

Reff:

Dan aku tak punya hati

Untuk menyakiti dirimu

Dan aku tak punya hati ‘tuk mencintai

Dirimu yang s’lalu mencintai diriku

Walau kau tahu diriku masih bersamanya

Walaupun kau tahu

Kau tahu diriku masih bersamanya

Apabila kita perhatikan dan membaca lirik tersebut di atas, kita bisa membuka kisah yang ada di dalamnya dengan menguraikan setiap bait lagu tersebut. Pada bait pertama dan kedua, disitu menunjukkan ada kisah cinta yang terjadi antar dua manusia yang begitu dalam, dimana terjalin hubungan yang istimewa tapi terlarang, dan berakhir kandas. Tokoh pria masih merasakan cinta dan berharap untuk bisa mengulangi kisah cinta diantara mereka, ada rasa penyesalan yang diungkapkan lewat lirik “bukan maksud aku”.  “membawa dirimu”,  “masuk terlalu jauh”, cinta terlarang yang mereka rasakan bukanlah hal yang diinginkan, Tokoh pria di lagu tersebut menghadapi dilema dengan perasaan yang dimilikinya terhadap sang wanita, terlanjur mencintai tapi tidak mungkin untuk meneruskan kisah cinta mereka.

Di bagian Reffrain menggambarkan bagaimana beratnya perasaan tokoh pria dalam menentukan langkah kisah mereka, di satu sisi dia tidak sanggup menyakiti hati wanitanya, di sisi lain tidak bisa melanjutkan cinta yang sudah tumbuh di hati mereka, meskipun wanita yang akan dia lepas masih akan selalu mencintainya.

Berbagai tanggapan netizen atas lagu tersebut banyak yang berisi tentang ungkapan hati, atau bahkan puisi diantaranya yaitu, akun @Fajar Wati dengan tanggapannya “Tenang saja, kau hanya kehilangan orang yang tidak mencintaimu, sementara dia telah kehilangan orang yang mencintainya”, kemudian akun @Seima Anggraeni “Ternyata semesta hanya mengijinkanku untuk mengagumimu bukan untuk memilikimu”

Berbagai kisah cinta bisa terjadi dimana saja, salah satunya seperti kisah di lagu ini, tidak bisa memilih model cinta seperti apa yang akan dijalani. Perjalanan kisah setiap manusia akan berbeda, apakah kebahagiaan atau penderitaan, kita harus bisa menerimanya sebagai takdir dari Yang Maha Kuasa.

Cianjur, 10 April 2022


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here