BINCANG PAGI CHICALO

0
28
Spread the love

Oleh : Safa’atun

(Guru SMKN 1 Cikalongkulon)

Pandemi Covid-19 yang masih belum mau beranjak pergi, memaksa pemerintah untuk melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). PPKM merupakan sebuah langkah pembatasan kegiatan masyarakat dalam upaya menekan penyebaran covid-19 , yang pada pertengahan tahun ini kembali menggila dan mengakibatkan rumah sakit di banyak wilayah Indonesia kolaps. PPKM darurat untuk wilayah di Pulau Jawa dan Bali kembali diberlakukan pada tanggal 3 – 20 Juli 2021, yang sebelumnya pemerintah telah mengupayakan kebijakan lain untuk memutus rantai penularan Covid-19, yaitu PSBB dan  PPKM Mikro.

Ada beberapa rambu-rambu yang diterapkan pada PPKM darurat ini, di antaranya bahwa kegiatan belajar mengajar wajib online atau daring. Sejatinya tahun ajaran baru 2021-2022, yang akan dimulai pertengahan Juli 2021 ini sudah disambut dengan harapan dan persiapan untuk tatap muka meskipun secara bertahap, seakan kembali terhempas, bahkan kegiatan pendidik dan tenaga pendidikan total dilakukan secara Work Form Home (WFH).  Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat warga SMKN 1 Cikalongkulon atau Chicalo . Meskipun secara kalender akademik pada masa PPKM masih termasuk libur semester bagi peserta didik. Namun, kegiatan guru dan tenaga pendidikan terus berlangsung. Bagaimana Chicalo menyikapi PPKM ini ? Secara sigap Kepala sekolah bersama tim manajemen dan didukung semua warga Chicalo mengadakan kegiatan bincang pagi. Bukan sekedar bencang tanpa makna, namun sudah terjadwal dan terancana dengan apik.

Setiap hari mulai jam 08.00 warga Chicalo bertemu dalam pertemuan online melalui zoom meeting. Kegiatan diawali dengan tadarus bersama yang dipimpin oleh H Dadang S.Pd. Setelah tadarus, dilanjutkan penyampaian materi lain sesuai jadwal, seperti materi tentang persiapan KBM, brifing wali kelas, dan pembagian tugas mengajar, selain itu pada setiap bincang pagi disi dengan penyampaikan materi yang update dan bermanfaat untuk menyongsong tahun ajaran baru, seperti materi tentang model pembelajaran Project Based Learning (PBJL), tentang profil pelajar pancasila, materi tentang asesmen, modul ajar dan budaya kerja. Selain itu ada materi ringan tentang literasi digital dan teknik menulis pantun dan cerpen, juga tips mengelola youtube, tidak ketinggalan webinar series Chicalo juga menjadi agenda bincang pagi. Webinar series ini merupakan kegiatan sharing info dan pengetahuan yang sudah diadakan rutin sejak awal tahun 2021 ,dimana nara sumber, host, modeator adalah guru dan tenaga pendidik Chicalo sendiri. Pada kesempatan berikutnya jadwal penyampaian materi keagamaan dengan tema Iduladha juga akan disampaikan oleh Haris, M.Pd.

Pada penyampainya materi tentang model pembelajaran Project Based Learning (PBJL), Yati Anggraeni, M.Pd selaku nara sumber perwakilan dari bidang kurikulum menyampaikan,”hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek diawali dengan penyusunan kurikulum bersama, perumusan proyek (order) bersama demikian pula pengerjaannya. SMK dapat bekerjasama dalam menghadirkan tenaga ahli ataupun pemanfaatan fasilitas bersama”. Melalui PBJL ini diharapkan pula terjadi pembelajaran lintas mata pelajaran yang saling mendukung, agar capaian pembelajaran itu sendiri tercapai. Manfaat penyelenggaraan pembelajaran berbasis proyek adalah mendukung/menguatkan terjadinya kerjasama, meningkatkan kapasitas guru, sebagai  riset terapan, meningkatkan kepercayaan Dunia Kerja untuk menyerap tamatan SMK dan terjadinya kepercayaan sehingga meningkatkan kerjasama/ dukungan Dunia Kerja kepada SMK. Dari kelima manfaat tersebut dapat terlihat bahwa penyelenggaraan pembelajaran berbasis proyek sangat mendukung terhadap implementasi strategi 8 + i Link and Match. Pada kesempatan lain Dudi Firmansyah, S.Pd, mengulas tentang profil pelajar pancasila. Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Paket lengkap bincang pagi Chicalo disampaiakan dengan santai tapi bermakna penuh keakraban. Ace breaking yang di selipkan di antara bincang pagi dapat mencairkan suasana formal . Kegiatan terasa lebih santai karena yang di rumah, tanpa harus meningalkan keluarga dan dapat dilakukan sambil beraktivitas lain.  Secara tidak langsung kegiatan ini merupakan sarana pengawasan dan menjalin komunikasi selama melakukan WFH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here