BELAJAR HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT DAN SEKOLAH

0
35
Spread the love

Oleh H. Dadang, S.Pd.
(Guru SMKN 1 Cikalongkulon)

Manfaat hidup rukun , baik di masyarakat dan sekeloh membuat hidup lebih selaras bermasyarakat serta tolong menolong untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan hidup yang kita inginkan pada dasarnya sama adalah sejahtera dalam kehidupan sesuai yang diharapakan. Kehidupan yang kita inginkan tidak dapat kita raih tanpa ada kerja keras dan kerja keras pun tidak bisa terwujud tanpa ada keinginan, dua hal itulah yang tidak dapat kita pisahkan.

Hidup rukun ialah suatu konsep hidup yang tentram , aman dan damai di mana setiap lingkungan masyarakat, keluarga, sekolah, pertemanan dan saling sayang menyayangi antarsesama dan saling tengang rasa atau menghargai orang lain. Walaupun di setiap lingkungan mereka ada perbedaan dalam hal pendapat, prinsip, ide, agama, suku, ras dan budaya. Sehingga yang didapat dari hidup rukun ialah memberikan manfaat kepada masyarakat banyak untuk saling tolong menolong dan bahu membahu antarsesama. Jika prinsip-prinsip tersebut sudah kita laksanakan dengan sendirinya tanpa ada
paksaan dari orang lain maka mulialah hidup kita dalam masarakat maupun di sekolah.

Berikut adalah 5 manfaat hidup rukun di masyarakat dan sekolah:
Hidup Jadi Lebih Sejahtera

Konsep kesejahteraan merujuk pada konsep pembangunan kesejahteraan sosial, yakni serangkaian aktivitas yang terencana dan melembaga yang ditunjukan untuk meningkatkan standar dan kualitas kehidupan manusia. Sebagai sebuah proses untuk meningatkan kondisi sejahtera, istilah “kesejahteraan” sejatinya tidak perlu pakai kata ‘sosial’ lagi, karena sudah jelas menunjuk pada sektor atau bidang yang termasuk dalam wilayah pembangunan sosial.

Sektor ‘pendidikan’ dan ‘kesejahteraan’ juga termasuk dalam wilayah pembangunan sosial dan tidak memakai embel-embel’sosial’ atau ‘manusia’. Tingkat kepuasan dan kesejahteraan adalah dua pengertian yang tidak dapat dipisahkan karena saling keterkaitan satu sama lain. Tingkat kepuasan murujuk pada individu atau kelompok, sedangkan tingkat kesejahteraan mengacu pada komunitas atau masyarakat luas.

Tingkat kesejahtraan meliputi pangan, pendidikan, kesehatan, kadang juga dikaitkan dengan kesempatan kerja, perlindungan hari tua, keterbebasan dari kemiskinan dan sebagainya. Untuk itu kesejahtraan perlu diraih dengan sungguh-sungguh dan kerja keras supaya hidup dan kehidupan kita bisa terjamin terutama untuk bekal di hari tua.

Meningkatkan Toleransi Antar sesama.

Toleransi sangat dibutuhkan pada sesama masyarakat Indonesia agar bisa saling membantu satu sama lainnya tanpa memandang suku, agama, ras dan antargolongan. Dan perlu dipahami olek kita yang dimaksud toleransi di sini memiliki batasan- batasan tertentu yang tentunya dapat diterima semua golongan dan tidak menimbulkan permasalahan baru yang tidak diinginkan.

Toleransi merupakan sikap untuk mengerti, memahami dan menerima perbedaan antarindividu. Sikap ini tanpa paksaan dan tidak ingin memaksakan orang lain untuk melakukan hal yang sama. Hidup rukun dan toleransi adalah dua hal yang harus diperhatikan agar hidup harmonis ditengah keberagaman masyarakat. Kalau kita memahami dua hal ini dan dapat kita peraktikan dalam kehidupan seharai-hari maka kehidupan yang kita harapkan bisa kita peroleh dengan sendirinya.

Mampu Menerima Perbedaan Antar Sesama

Manusia memandang dan menyikapi apa yang terdapat dalam alam semesta bersumber dari beberapa faktor yang dominan dalam kehidupannya. Faktor itu boleh berasal dari kebudayaan , filsafat, agama, kepercayaan, tata nilai masyarakat atau lainnya. Luasnya pandangan yang kita fokuskan sebagai manusia tergantung pada fator dominan yang mempengaruhinya.
Menghargai perbedaan dilakukan sesuai norma dan hukum yang berlaku di masyarakat dan Negara. Bila ada perbedaan , musyawarahlah untuk mencapai mufakat adalah salah satu jalan yang terbaik. Sudah seharusnya , sesama masyarakat saling menjalin keberagaman satu sama lainnya yang sudah di bangun sejak dahulu menjadi rusak. Mulailah dengan beberapa hal di atas untuk tetap menjaga keberagaman yang kita harapkan bersama.

Manfaat Hidup Rukun Agar Peduli Terhadap Lingkungan.

Manusia tidak lepas dari gejala alam dan kehidupan lingkungan. Alam dan manusia akan saling memengaruhi. Namun, sebagai subjek kehidupan, manusia perlu memperlakukan alam secara baik sehingga akan memberikan manfaat bagi kesejahtraan hidupnya. Hidup rukun membuat kita menjadi lebih pekaan terhadap lingkungan budaya , sehingga mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. mematuhi norma-norma di masyarakat

Sebagai mahluk sosial manusia terhadap norma-norma sosial yang tumbuh sebagai patokan dalam bertingkah laku manusia dalam kelompok, norma-norma yang dimaksud adalah sebagai berikut : Norma agama atau religi, yaitu norma yang bersumber dari tuhan untuk umatnya. Norma kesusilaan atau moral, yaitu yang bersumber dari hati nurani manusia untuk mengajakan kebaikan dan menjauhi keburukan. Norma kesopanan atau adat , yaitu
yang bersumber dari masyarakat atau dari lingkungan masyarakat yang bersangkutan. Norma hukum yaitu norma yang dibuat masyarakat secara resmi yang pemberlakuannya dapat di paksa

Gotong Royong Agar Hidup Rukun di Masyarakat dan Sekolah.

Sebagai warga yang bersifat majemuk yang berada di tempat yang beragam, hidupdan kehidupan tentunya banyak perbedaan, keberagaman antar masyarakat itulah akan menjadi kekuatan apabila kita bisa menyatu dalam kebersamaan. Bukan sebagai kelemahan yang di perlihatkan justru sifat majemuk untuk membangun kebersamaan yang perlu kita pupuk dan kita bangun. Sebaiknya , jadikan keberagaman menjadi momentum untuk persatuan dan kesatuan agar supaya tujuan hidup bisa tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here