BELAJAR FILMORA BERSAMA APARATUR DESA
(SMK MEMBANGUN DESA )

0
260
Spread the love

Oleh : Safa’atun
(Guru SMKN 1 Cikalongkulon)

Program SMK Membangun Desa menjadi salah satu program Kementrian Pendidikan dan kebudayaan dalam menjalankan kebijakan Revitalisasi SMK. Tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan terobosan dan mewujudkan sinergi antara SMK dan pemerintah desa, dimana SMK diharapkan harus bisa menjadi solusi permasalahan bangsa dimulai dari desa. Menginggat mayoritas masyarakat berada di desa.

SMKN 1 Cikalongkulon bergerak merealisasikan program SMK Membangun Desa , dengan mengadakan beberapa kegiatan nyata dengan desa-desa disekitar Cikalongkulon. Salah satu kegiatan yang baru-baru ini dilaksanakan adalah mengadakan diklat dengan tajuk “Pelatihan Digital Bagi Aparatur Desa”. Selain diikuti oleh para aparatur desa, kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan staf unit kerja yang ada di SMKN 1 Cikalongkulon sendiri, termasuk penulis. Materi yang dipaparkan dalam diklat ini sangat menarik yaitu tentang membuat surat secara online, pemanfaatan aplikasi webinar zoom/google meet, editing video dengan menggunakan filmora dan pembuatan flayer / twibbon dengan canva. Materi tersebut disampaikan oleh pemateri yang merupakan pendidik dari SMKN 1 Cikalongkulon yaitu, Empep Lukman,S.ST, Lani Ardiani,ST,Gr, Etik Sukmawati, S.Pd,MM, dan Faisal Thoriq sebagai pemateri perwakilan dari Chicalo TV.

Materi disajikan dengan jelas dan dipraktekkan langsung oleh para peserta. Dari empat materi pokok tersebut penulis tertarik dengan penggunaan aplikasi filmora untuk mengedit video., karena pada saat ini video, baik itu video pembelajaran atau video yang lain sangat efektif digunakan untuk sarana tukar informasi secara digital. Aplikasi filmora ini dapat di download lewat lap top atau perangkat komputer, dan kita dapat menggunakannya dengan mengenal lebih dahulu fitur- fitur yang ada. Filmora merupakan salah satu software editing video yang bagus untuk pemula karena fitur-fiturnya yang sederhana dan mudah digunakan.

Secara singkat berikut pengenalan fitur-fitur edit video denan menggunakan filmora dalam diklat digital aparatur desa ini :

1. Set Project Aspet Ratio

Set Project Aspet Ratio adalah pilihan resolusi yang digunakan atau hasil editing sobat nantinya akan disajikan untuk apa. Instagram adalah pilihan yang sangat tepat bila hasil projek yang sobat buat akan dipublikasikan lewat Instagram,

2. Mode Pengeditan

Wondershare Filmora hadir dengan 2 mode pengeditan, yaitu Full Feature Mode ( Mode Penuh ) dan Easy Mode (Mode Mudah).
a. Easy Mode (Mode Mudah)
Easy Mode pilihan yang memungkinkan sobat dengan mudah membuat film sendiri dengan menyediakan berbagai tema bawaan. proses editing sangatlah simpel, cukup impor foto / klip video, pilih tema, tambahkan musik dan selesai.

b. Full Feature Mode ( Mode Penuh )

Full Feature Mode menjadi pilihan jika kita ingin mengedit dengan fitur yang lengkap yaitu dengan semua fitur pengeditan timeline yang dapat disesuaikan sesuai keinginan untuk mengatur sceen, frame, mengedit klip, dan menambahkan polesan pada film sobat, untuk menjalankan fitur lengkap jalankan filmora, lalu pilih Full Feature Mode. Berikut adalah tampilan kerja Wondershare Filmora dalam mode lengkap (Full Feature Mode).

https://3.bp.blogspot.com/-YIg40Ml73Sc/WrmeZPYuUeI/AAAAAAAAB7Q/JwjiDkY_tqkjwoGCMqG0yJ_fmwNFJlHRgCLcBGAs/s640/Blogger_%2BLuwung%2BDesain%2B-tampilan%2Bawal%2Bnavigasiui2.jpg

2.Media Library

Library adalah sumber untuk semua media yang kita punya, seperti klip video, foto, dan musik. Di librari ini juga tempat gudangnya transisi, efek, dan berbagai aset media lainnya yang dapat sobat gunakan dalam proyek sobat

3.Jendela Tampilan

Jendela Pratinjau menampilkan video yang sedang diputar di Timeline atau Storyboard. Posisi playhead ditunjukkan dalam kode waktu di sudut kanan bawah.kita dapat memasukkan angka waktu baru untuk melompat ke bagian tertentu di video sobat.

4.Toolbar

Toolbar berisi kumpulan perintah – perintah pengeditan. sobat dapat mengatur tampilan proyek, memperbesar dan memperkecil pada Timeline, dan meluncurkan tool yang berbeda yang dapat membantu sobat mengedit secara efisien.

5.Timeline / Storyboard

Timeline atau Storyboard adalah tempat kita mengumpulkan klip media untuk proyek video sobat. sobat dapat mengklik; untuk beralih antara tampilan Timeline dan Storyboard.

Itulah materi pengenalan fitur-fitur filmora yang disampaikan sebagai pembuka diklat ini.“Selanjutnya kita tinggal mempraktekkan langsung dengan mencoba fitur-fitur yang ada di filmora untuk editing video. Semakin sering mencoba menggunakannya tentu akan semakin terampil”, demikian yang disampaikan oleh pemateri.

           Meskipun diklat ini singkat namun cukup padat dengan materi yang aplikatif. Harapannya semoga SMK dan desa dapat terus berkolaborasi untuk saling memberi manfaat lewat Program SMK Membangun Desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here