Belajar, Bermain, Gembira di Mr. CHICALO Edufarm

0
404
Spread the love

(Persembahan SMKN 1 Cikalongkulon di Hari Ibu)

Oleh : Etik Sukmawati (Guru SMKN 1 Cikalongkulon)

Peringatan Hari Ibu di SMKN 1 Cikalongkulon pada tahun 2021 yang jatuh pada hari Selasa, 22 Desember 2021 ini agak berbeda. Ibu-Ibu guru yang memiliki anak usia TK-SD diperbolehkan membawa anak-anak mereka untuk berkunjung ke tempat kerja Ibu-Ibu mereka di SMKN 1 Cikalongkulon. Kunjungan ini bukan semata-mata melihat lingkungan tempat kerja ibu-ibu mereka namun ada sesuatu yang special yang dipersiapkan oleh panitia agar mereka bisa belajar, bermain dan gembira selama berkunjung di SMKN 1 Cikalongkulon.

Kegiatan yang special itu adalah Field Trip ke Mr. Chicalo Edufarm. Mr. Chicalo Edufarm adalah proyek pengembangan sekolah yang dirancang oleh mantan Kepala Sekolah SMKN 1 Cikalongkulon, Bapak Undang Iman Santosa dalam program SMK Pusat Keunggulan di SMKN 1 Cikalongkulon. Mr. Chicalo Edufarm adalah kawasan wisata edukasi peternakan. Saat ini Mr. Chicalo Edufarm memiliki 5 ekor Rusa Timor sebagai sarana edukasi bagi anak-anak dan dalam pengembangannya ke depan sudah dibangun close house untuk ayam pedaging juga akan dilengkapi dengan binatang-binatang lain seperti kelinci dan domba.

Kegiatan Field Trip pagi itu dimulai di ruangan Happy School untuk berkenalan dengan para guide yang akan mendampingi mereka selama mengikuti kegiatan ini. Para guide yang berasal dari siswa-siswi SMKN 1 Cikalongkulon ini memberikan sedikit penjelasan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan, mengelompokkan anak-anak berdasarkan usia mereka serta memperkenalkan yel-yel Mr. Chicalo Edufarm yaitu “Mr. Chicalo, Belajar, Bermain, Gembira”. Kemudian mereka mulai melakukan kunjungan mereka dengan dipandu oleh kakak-kakak guide. Setelah naik tangga dan melewati lapang dengan view cantik diatas bukit SMKN 1 Cikalongkulon, tibalah mereka di Laboratorium Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). Di anak-anak diberikan pengetahuan tentang cara membuat donut yang sering dibawa-oleh ibu mereka saat pulang kerja. Kakak-kakak dari program keahlian APHP dengan ceria menjelasakan proses pembuatan donut kemudian memberi kesempatan setiap anak untuk belajar menghias donut sesuai dengan warna dan topping yang mereka sukai. Anak-anak terlihat sangat antusias antri mengambil donut mereka dan menghiasnya. Setelah selesai mereka langsung menemui ibu mereka untuk meminta foto hasil karya mereka baru memakan donut hasil karyanya tersebut. Kegiatan menghias ini ditutup dengan pemberian balon-balon bergambar emoticon perasaan mereka. Terlihat wajah-wajah gembira dari 24 peserta field trip mendapatkan balon-balon emoticon yang lucu.

Trip berikutnya adalah berkunjung ke Green House Agibisnis Tanaman (ATM). Di Green House sudah siap kakak-kakak guide dari ATM dengan bibit-bibit tanaman pokcoy. Begitu memasuki Green House, anak- anak mendapatkan penjelasan tentang perbedaan benih dan bibit serta media tanam. Kemudian mereka diminta mengantri untuk mengambil bibit pokcoy yang sudah tumbuh untuk dipindahkan ke media tanam. Sambil duduk melingkar di Greeen House mereka melihat cara menanam bibit ke media tanam kemudian mereka mempraktikkan kegiatan tersebut bersama-sama. Kemudian para guru-guru ATM menyediakan hadiah bagi anak-anak yang mampu menanam bibit pokcoy dengan baik dan tegak. Setelah mereka semua berhasil menanam bibit pokcoy ke media tanam, aktivitas yang mereka lakukan kemudian adalah memanen pokcoy yang sudah siap panen. Anak- anak kembali mengantri untuk naik keatas kursi dan melakukan panen pokcoy yang ditanam dengan menggunakan hidroponik. Terlihat wajah-wajah gembira dan semangat mereka menikmati pengalaman memanen dan menimbang hasil panen mereka kemudian memperlihatkannya kepada ibu-ibu mereka.

Dan akhirnya acara yang dinantikan oleh mereka tiba, berkunjung ke kandang rusa dan memberi makan. Anak anak berlarian dengan senang menuju kandang rusa. Mereka terlebih dahulu diberikan pengetahuan tentang rusa timor sebagai salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia. Kakak-kakak guide menjelaskan tentang asal rusa timor, makanannya jug acara membedakan rusa jantan dan betina. Terlihat wajah-wajah tak sabar anak-anak yang ingin memberikan wortel yang sudah disediakan oleh panitia dari Agribisnis Ternak (ATM) untuk diberikan kepada Rusa. Anak-anak diajak untuk masuk ke pojok pengolahan makanan di dalam kandang rusa supaya lebih aman ketika memberikan makan kepada rusa-rusa timor tersebut. Ada yang sangat excited, ada pula yang takut dan meminta gendong ibu mereka. Wajah bahagia juga tampak di muka para ibu guru yang bisa mendampingi anak-anak mereka berkunjung di tempat kerjanya.

Di akhir trip, anak-anak kembali ke ruang Happy School untuk istirahat dan berganti pakaian. Ada beberapa pembelajaran yang mereka dapatkan hari itu tentang cara membuat donut, menanam bibit, memanen pokcoy serta memberi makan rusa, belajar mengantri, belajar mencuci tangan yang baik dan yang paling penting dari kegiatan ini adalah mereka jadi tahu lingkungan kerja tempat ibu mereka bekerja dan anak-anak dari teman ibu mereka sehingga ikatan kekeluargaan bukan hanya dirasakan oleh ibu-ibu mereka namun dirasakan  juga oleh anak-anak mereka ketika melakukan Field Trip ini.

Mr. Chicalo Edufarm juga menerima kunjungan dari TK- SD- SMP yang ingin belajar tentang agribisnis. Kunjungan bisa dilaksanakan selama hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 12.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke SMKN 1 Cikalongkulon, Jalan Raya Cikalongkulon Desa Cinangsi Kecamatan Cikalongkulon yang posisinya tepat di sebelah kantor Polsek Cikalongkulon atau menghubungi lewat direct message ke Instagram SMKN 1 Cikalongkulon di @smkn1cikalongkulon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here