BAMURTI
(BAKSO JAMUR TIRAM)

0
71
Spread the love

oleh:
Arie Kusuma Ningrum, S.Pd
SMK Negeri 1 Cugenang

Apa itu jamur tiram?

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu kelompok jamur yang sudah dikenal dengan baik karena bentuk dan ukuran tubuh buahnya sangat familiar di masyarakat. Jamur tiram merupakan jenis jamur yang dapat dimakan dan memiliki rasa yang khas. Jamur tiram merupakan jamur kayu yang banyak tumbuh pada pokok-pokok kayu yang sudah lapuk, syarat tumbuh jamur tiram tergantung dari sumber nutrien, suhu, kelembapan, air,
cahaya, udara dan keasaman.

Jamur tiram mempunyai rasa yang enak seperti daging ayam, bahkan jamur tiram ini disukai sebagian besar orang di dunia karena rasa khasnya dan manfaatnya bagi kesehatan. Jamur memiliki protein yang tinggi antara 17,5% hingga 27% dengan lemak yang rendah 1,68% dan kadar serat pangan yang tinggi baik 8-11,5% yang dapat digunakan sebagai bahan makanan sehat. Namun demikian karbohidrat merupakan sebagian besar senyawa penyusun jamur tiram. Protein merupakan suatu senyawa yang dibutuhkan dalam tubuh manusia sebagai zat pendukung pertumbuhan dan perkembangan. Dalam protein terdapat sumber energi dan zat pengatur tubuh.

Pengolahan Jamur tiram


Salah satu wujud pengolahan jamur tiram adalah bakso jamur (Bamurti). Bakso adalah makanan yang digemari masyarakat dan sering kita jumpai dalam sehari-hari baik di kota maupun di kampung. Bakso pada umumnya menggunakan daging, ayam, ikan sebagai bahan utamanya. Namun kali ini bahan utamanya adalah jamur tiram walapun dicampur dengan daging ayam 2:1.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Bamurti yaitu jamur tiram, daging ayam, telor ayam, tepung tapioka, garam, soda kue, penyedap rasa, merica, bawang putih, bawang goreng dan air es. Cara membuat Bamurti adalah bersihkan jamur tiram dari kotorannya lalu di rebus untuk menghilangkan aroma khas jamur lalu halus kasar jamur tiram dengan menggunakan food processor. Kemudian daging ayam dicuci lalu dihasluskan
dengan menggunakan food processor. Masukan bahan-bahan satu persatu ke dalam food processor yang berisi daging ayam. Lalu giling bahan tersebut hingga menyatu menjadi adonan bakso. Kemudian adonan bakso tersebut ditambahkan dengan jamur tiram yang sudah dihaluskan. Cetaklah adonan menjadi bola-bola bakso, kemudian direbus dalam air panas dengan suhu 80 derajat Celcius selama 15 menit hingga bola-bola bakso mengapung. Bola bakso diangkat dan ditiriskan setelah dingin dikemas dengan kantong plastik dan di beri label.

Proses Pembuatan Bamurti

Bamurti yang sudah jadi bisa disajikan dengan kuah kaldu ayam, sayuran dan mie. Bamurti bisa jual kepada masyarakat dengan mengunakan cara online atau offline untuk meningkatkan olahan makanan dari jamur. Bamurti pun sering dijadikan bazar ketika ada acara atau ada pertemuan dengan keluaga atau teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here