AYO SEKOLAH

0
154
Spread the love

Penulis Adi Firmansyah
Guru SMK PP Cianjur

Hari ini hari pertamaku. Hari Pertama ke Sekolah. Senangnya hatiku di antar ayah ibu. Pergi berangkat ke Sekolah. Senangnya hatiku bertemu teman baru. Guru baru tentulah ramah. Ayo ke Sekolah. Ayo ke Sekolah. (Hari Pertama Ke Sekolah https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/hype/read/2021/ 07/12/082732166/lirik-lagu-hari-pertama-masuk-sekolah).

Itu adalah lirik lagu yang sering kita dengar saat awal pelajaran baru di sekolah. Lagu tersebut menceritakan suasana baru di sekolah. Lingkungan, teman, serta gurunya. Pendidikan merupakan salah satu kunci kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan, kualitas sumber daya manusia akan meningkat. Pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dihasilkan.

Tugas utama seorang guru ialah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membuat peserta didik senang belajar di dalam kelas maupun lingkungan sekolah. Karena membahagiakan peserta didik merupakan membahagiakan diri sendiri maka keberkahan akan mengalir kepada kita. Karena guru adalah salah satu motor penggerak kehidupan bangsa. Banggalah bagi mereka yang bercita-cita menjadi seorang guru. Tidak ada mantan guru.

Kesadaran akan konsumsi makanan yang sehat harus juga didampingi dengan gaya hidup sehat lainnya seperti istirahat yang cukup, olahraga rutin, dan gaya hidup bersih serta sehat. Dengan melakukan hal-hal tersebut, tubuh akan selalu terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang. Apakah anda tahu arti dari 4 sehat 5 sempurna?. Kalimat tersebut merupakan kalimat ajakan hidup sehat. Pangan, sandang, dan papan seperti lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, susu dan produk olahannya merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Kebutuhan pokok tersebut banyak dihasilkan oleh petani.

Sekolah akan meningkatkan kompetensi tenaga pendidiknya agar tercipta tujuan yang selaras dengan visi dan misi sekolah tersebut. Termasuk SMKN PP Cianjur yang merupakan sekolah menengah kejuruan yang berbasis pertanian dan teman petani.

Zaman terus berganti, SMK dulu tidak sebanyak sekarang, sekarang SMK ada di mana-mana dengan berbagai jurusan keahlian yang salah satu tujuannya adalah menciptakan sumber daya manusia yang terampil dan siap kerja. Maka dari itu, agar peluang kesuksesan kita besar sekolah dengan sungguh-sungguh agar tidak ada penyesalan.

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) mengutamakan praktik vokasi, sehingga rata-rata lulusan sudah memiliki keahlian di suatu bidang (https://pintek.id/blog/perbedaan-sma-dan-smk/). Terdapat berbagai kompetensi yang dapat kita pilih berdasarkan minat atau bakat yang kita miliki. Salah satunya SMK bidang pertanian. Dengan program petani milenial, SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha), dan Sekolah Pusat Keunggulan (Sekolah PK), SMK bidang pertanian lebih potensial untuk berkarier. Alumninya di didik untuk dapat berwirausaha, bekerja di swasta ataupun menjadi Aparatur Sipil Negara, serta dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Banyak sekali peluang bagi alumni SMK pertanian.

Maka dari itu, mari gabung dengan SMKN PP Cianjur dengan kompetensi pertaniannya. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Agribisnis Perikanan Air Tawar, serta Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan merupakan kompetensi yang tersedia. SMKN PP Cianjur teman petani. de’PePe (Open Minds, Creating Futures) Yeesssss.

Motto Penulis              : Pohon sawit berbuah tomat, walau irit semoga

                                                 bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here