Spread the love

Ditulis oleh Etik Sukmawati, S.Pd, MM
Koordinator Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) SMKN 1 Cikalongkulon

Sabtu sore ini cuaca agak cerah setelah beberapa hari hujan mengguyur Cianjur. Sambil menemani anakanak menonton film tentang dinosaurus kesukaan mereka lewat youtube,saya membuka story whatsapp di android saya. Dan lagi saya tertarik dengan postingan salah satu alumni SMKN 1 Cikalongkulon yang berisi testimony resellernya yang mampu meraup untung lumayan besar dengan menjadi reseller bisnis skincare yang dia jalani.

Hani Fitriani, Alumni SMKN 1 Cikalongkulon Angkatan 2012

Hani MSGLOW 137.24 adalah salah satu agen skincare MSGLOW Cianjur yang ada di kecamatan Cikalongkulon. Toko ini adalah milik Hani Fitriani, alumni jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Cikalongkulon Tahun 2012. Sejak dulu masih di bangku sekolah bakat berbisnis Hani sudah dikembangkan dengan menjual pulsa, kerudung dan berbagai macam kebutuhan anak muda karena saat itu sasaran marketnya adalah teman-teman sebayanya yang masih duduk di bangku SMA/SMK.

Bakat berbisnis ini ternyata menjadi hobi Hani dan semakin berkembang ketika Hani memasuki masa kuliah di Akademi Kebidanan Cianjur. Di masa kuliah inilah Hani memulai bisnis skincare yang menjadi gerbang menuju keberhasilan bisnisnya sekarang. Bisnis skincare online yang dijalaninya semasa kuliah sempat terhenti saat Hani lulus dan menjadi seorang bidang di salah satu Puskesmas di Kabupaten Cianjur.

Setelah menikah dan karena kesibukannya menjadi seorang ibu, Hani memutuskan untuk resign dari pekerjaannya sebagai seorang bidan dan mulai merintis kembali usaha skincarenya dengan nama Hani Beutycare. Dengan telaten Hani mulai memasarkan produk-produk yang dia jual secara online melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whats app. Melalui pemasaran online tersebut mulai berdatangan pelanggan-pelanggan yang tertarik dengan produk-produk skincare yang ditawarkan.

Toko Hani Beautycare

Mulai tahun 2019 Hani memutuskan untuk menjalankan bisnisnya tidak hanya secara online namun juga secara offline dengan membuka toko skincare di daerah Cikalongkulon. Hal ini dilakukannya dengan melihat peluang pasar pengguna skincare yang berasal dari ibu-ibu muda di sekitar kecamatan Cikalongkulon yang cukup tinggi. Selain itu dengan adanya toko diharapkan pelanggan bisa berkonsultasi secara langsung mengenai keluhan-keluhan dikulit wajah mereka sekaligus merekomendasikan produk apa yang cocok untuk jenis kulit pelanggan.

Jaringan yang dibangun oleh Hani melalui online juga semakin kuat, hal ini dibuktikan dengan mulai adanya pembeli yang berasal dari luar kota dan luar pulau seperti dari Sumatra dan Kalimantan. Saat ini bahkan Hani memiliki reseller yang berasal dari Singapura yang setia memesan produk dari Hani Bautycare. Kemudahan layanan jasa pengiriman saat ini membantu memudahkan Hani dalam mengirimkan pesanan-pesanan dari luar kota, luar pulai bahkan luar negeri dengan promo-promo yang menguntungkan.

Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan resellernya, Hani harus menyediakan produk skincare dengan kisaran belanja kurang lebih 100 juta setiap bulannya. Dan dari semua produk yang dia jual dalam satu bulan Hani mampu meraup untung diatas 20 juta. Hal ini tentunya menjadi salah satu pendulang rupiah bagi keuangan Hani.

Promo reseller Hani Beautycare

Kesuksesan Hani dalam membangun bisnis skincarenya tentunya tidak didapatkan dengan cuma-cuma. Semua melalui proses jatuh bangun yang membuatnya semakin memahami strategi dalam menjalankan bisinis skincare serta bagaimana mengahadapi kendala yang ada dalam menjalani bisnis ini. Dan semua kesuksesan ini juga tidak lepas dari dukungan pelanggan serta reseller yang selalu setia membantu Hani memasarkan produk-produknya ke berbagai tempat yang tak terjangkau oleh Hani.

Ada beberapa tips yang dibagikan oleh Hani bagi anda yang ingin mengikuti jejaknya berbisnis skincare. Beberapa tips itu yaitu :

  1. Rajin dan teratur mempromosikan produk-produk yang kita jual melalui media sosial supaya jaringan semakin kuat dan jangkauan penjualan kita semakin luas.
  2. Pasang konten yang menarik untuk calon reseller yang ingin bergabung.
  3. Menjaga silaturahmi dengan reseller dengan baik melalui event-event gathering bersama.
  4. Selalu melayani costumer dengan ramah dan sabar supaya bisa mereka repeat order dan menjadi pelanggan setia

Itulah sedikit kisah sukses Hani Fitriani, seorang bidan yang sukses dengan bisnis skincarenya. Setiap pekerjaan dan usaha yang kita lakukan dengan doa dan sepenuh hati pasti membuahkan hasil karena setiap hasil yang kita petik hari ini merupakan buah dari apa yang kita tanam dan rawat pada hari-hari sebelumnya. Semoga menginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here